PDF


Bismillahirrahmanirrahim.

Saya menyediakan buku-buku PDF yang membahas mengenai GNU/Linux beserta aplikasi-aplikasinya. Lisensinya gratis dan bebas disebarluaskan. Saya berharap ini semua bermanfaat dan menjadi amal jariyah yang diridhai oleh Allah.

1. Buku Karangan Orang Lain

Bismillah. Dengan mengharap ridha Allah, saya ingin berbagi 24 buku PDF yang saya simpan tentang GNU/Linux kepada Anda sekalian. Buku-buku gratis ini sebagian besar saya peroleh pada masa lalu saya dari pencarian Google (kata kuncinya semisal GNU/Linux filetype:pdf) tetapi ada juga yang saya dapat baru-baru ini dari orang lain. Sebagian buku ini adalah literatur belajar GNU/Linux yang saya ambil manfaatnya dalam belajar GNU/Linux selama ini. Saya membaginya di sini dengan memerhatikan perizinan/lisensi dari penulis asli dan memerhatikan manfaat untuk masyarakat. Jadi, yang saya bagikan di sini hanyalah buku-buku yang bebas disebarluaskan dan yang lisensinya tidak mengizinkan atau yang tidak berlisensi saya hindari untuk saya bagikan. Insya Allah Anda tak perlu khawatir melanggar lisensi jika mengunduh buku-buku ini. Oh iya, ada beberapa buku yang sangat baik isinya yang saya mengambil banyak faedah darinya ketika belajar GNU/Linux tidak saya masukkan di sini karena lisensinya tidak jelas. Maaf juga karena ada banyak buku yang juga menjadi literatur saya dalam belajar tetapi sedang tidak berada di hard disk saya sehingga tidak dapat saya bagikan. Namun Anda dapat memperolehnya langsung dari situs webnya atau carilah lewat Google. Silakan hubungi saya jika Anda tertarik dan akan saya beri tahu alamatnya, insya Allah. Mungkin kalau saya sudah mendapatkannya, saya tambahkan di sini.

Buku-buku ini membicarakan tentang GNU/Linux dan aplikasinya. Silakan Anda unduh langsung dan GRATIS. Anda yang memiliki buku-buku elektronik serupa tapi tak sama, silakan juga berbagi di sini. Namun alangkah bijak jika Anda turut memerhatikan perizinan pengarang buku tersebut. Kegiatan berbagi ini saya harapkan menjadi amal baik saya yang diridai Allah dan bermanfaat buat Anda sekalian. Nanti semoga dengan ini kita makin mantap mempelajari teknologi berbasis GNU/Linux. Ya, GNU/Linux itu literaturnya banyak dan berkualitas laugh

1
Judul: Pengantar Sistem Operasi Komputer
Tebal: 526 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Masyarakat Digital Gotong Royong (MDGR/100 lebih penulis)
Unduh: PDF | 6,5 MB | Server Google Docs
Komentar saya: Inilah buku teknis paling hebat (menurut saya) yang saya miliki di hard disk saya. Ketika 16 tahun saya membacanya dan ini sangat banyak menambah pengetahuan saya tentang salah satu bidang ilmu komputer yang paling besar: sistem operasi. Di dalamnya ada penjelasan-penjelasan yang sangat banyak dan lengkap tentang sistem operasi. Mungkin istilah yang tepat adalah membedah. Dan sistem operasi yang dijadikan contoh umum di buku ini adalah Linux. Buku ini sangat saya rekomendasikan buat Anda yang serius dalam mempelajari sistem operasi, entah Anda siswa SMP, SMA, kuliahan, atau bahkan sudah dosen. Buku semacam ini banyak tersedia di http://bebas.vlsm.org karena saya sendiri mengambil buku ini dari sana smile

2
Judul: Cepat Mahir Linux
Tebal: 50 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Romi Satria Wahono
Unduh: PDF | 1,1 MB
Komentar saya: Ini salah satu buku yang saya ambil banyak manfaatnya ketika belajar Linux pada masa awal. Karena saya otodidak, maka buku semacam ini sangat saya perlukan. Anda yang sekarang menempuh pembelajaran Linux secara otodidak akan sangat terbantu dengan membaca buku ini. Anda akan dibawa dengan penjelasan yang mudah ala Pak Romi yang harus diakui beliau seorang pejuang Linux Indonesia yang sangat gigih. Anda dapat memperoleh buku yang seperti ini dari http://ilmukomputer.com karena saya ambil buku ini dari sana smile

3
Judul: Administrasi Jaringan Linux
Tebal: 50 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, editornya I Made Wiryana
Unduh: PDF | 153 KB
Komentar saya: Ini termasuk buku yang paling jarang saya baca. Buku ini membahas jaringan internet dasar, topologi jaringan, server Samba, server FTP, server DNS, server web, mail sever, proxy server berbasis Squid, dasar-dasar keamanan jaringan, berbasiskan Linux. Anda akan dipandu menjadi seorang admin jaringan berbasis Linux. Kiranya Anda yang sedang mempelajari jaringan di Linux akan terbantu dengan buku ini.

4
Judul: Pengenalan Linux
Tebal: 36 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, editornya I Made Wiryana
Unduh: PDF | 107 KB
Komentar saya: Buku ini termasuk buku lawas saya. Buku ini sangat mendasar karena membahas seputar pemahaman awal tentang Linux, perbedaannya dari Windows, cara instalasi Linux, perintah dasar Linux, aplikasi dasar, dan sistem X Window. Ini kiranya sangat penting untuk pembelajar Linux di mana pun guna mendasari pemahaman tentang Linux yang jelas beda dari Windows.

5
Judul: Administrasi Sistem Linux
Tebal: 32 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, editornya I Made Wiryana
Unduh: PDF | 91 KB
Komentar saya: Buku ini termasuk lawas di hard disk saya. Buku ini menjelaskan bagaimana Anda dapat mengatur Linux yang Anda miliki sekehendak Anda. Ya judulnya saja administrasi smile Anda akan dipandu untuk memanajemen pengguna dan grup, mengontrol dan memonitor proses, mengatur booting dan proses init, memanajemen media penyimpanan dan media lainnya, lalu terakhir mengompilasi kernel. Mungkin tidak seluruh isi buku bisa dipahami oleh pemula namun ada bagian buku yang mungkin Anda butuhkan.

6
Judul: Antara Windows dan Linux
Tebal: 3 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Hendrik
Unduh: PDF | 110 KB
Komentar saya: Tidak usah kaget dengan tebalnya. Meski hanya 3 halaman, di dalamnya ada faedah yang bisa diambil yaitu perbandingan singkat Windows dan Linux. Di dalamnya ada tabel singkat perbandingan aplikasi Windows dan Linux. Ini mungkin justru memudahkan Anda yang masih bingung dengan Linux. Ya, karena singkat smile

7
Judul: Petunjuk Instalasi Linux SUSE
Tebal: 97 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: I Made Wiryana dan Tim PANDU
Unduh: PDF | 12 MB
Komentar saya: Ini juga buku yang jarang saya baca. Di dalamnya Anda akan menemukan petunjuk dasar instalasi SUSE dan pengenalan dasar terhadap komputer ala I Made Wiryana (beliau adalah salah satu pakar Linux Indonesia). Karena keumumannya, buku ini dapat dijadikan rujukan untuk instalasi dan mengenal distro Linux jenis lainnya (tidak harus SUSE). Buku ini kiranya tepat untuk Anda yang senang baca dan senang menambah wawasan teknis masalah Linux.

8
Judul: Pengenalan Linux
Tebal: 6 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Sri Rahayu
Unduh: PDF | 68 KB
Komentar saya: Sebuh perkenalan singkat dengan Linux dari Bu Sri Rahayu. Perkenalan singkat ini berisikan sejarah singkat Linux, perbandingan singkat, kelebihan Linux, bagian sistem operasi, dan bagian kernel Linux.

9
Judul: Sistem Berkas GNU/Linux
Tebal: 41
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Rahmat M. Samik Ibrahim
Unduh: PDF | 741 KB
Komentar saya: Ini sebenarnya presentasi yang dibuat dengan OpenOffice Impress dan diekspor ke PDF oleh Pak Rahmat. Buku ini berisi pengetahuan mengenai sistem berkas (file system) di Linux. Penjelasan dalam buku ini meliputi Konsep Umum Sistem Operasi , Konsep Sistem Operasi, GNU/Linux , Distro GNU/Linux , Beberapa Perintah GNU/Linux , Manajemen Sistem Berkas , dan
Filesystem Hierarchy Standard . Saya rekomendasikan membaca ini untuk Anda yang ingin tahu sistem berkas secara umum. Buku seperti ini dapat Anda peroleh di http://bebas.vlsm.org.

10
Judul: Memperkenalkan GNU/Linux
Tebal: 21 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Rahmat M. Samik Ibrahim
Unduh: PDF | 135 KB
Komentar saya: Inilah presentasi dalam wujud PDF yang bermanfaat untuk mengenal Linux secara mendasar. Debian menjadi contoh pembahasan dalam buku ini. Anda akan dipandu Pak Rahmat (salah satu ahli Linux Indonesia) memilih distro.

11
Judul: Training for Trainer Igos Nusantara
Tebal: 32
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Kurniadi Engkur
Unduh: PDF | 345 KB
Komentar saya: Ini juga presentasi era lama yang masih juga berlaku hingga sekarang. Buku ini sebetulnya dikhususkan untuk pelatih namun siapa pun kiranya dapat mengambil manfaat dari buku ini. Anda akan memperoleh pengetahuan seputar Pengenalan Linux, Instalasi Linux, Linux Command, Gnome dan aplikasi, Konfigurasi sistem, Konfigurasi Jaringan, File sharing, Instal & uninstal software, Dokumentasi, dan Komunitas Linux dari dalam buku ini. Saya berani memasukkan buku ini di sini karena saya dapatkan buku ini dari http://bebas.vlsm.org. Kiranya Anda yang baru memulai belajar Linux pun dapat mengambil manfaat dari buku ini.

12
Judul: Sistem Operasi – Proses pada Linux
Tebal: 26 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Mohammad Fajar
Unduh: PDF | 112 KB
Komentar saya: Ini buku yang jarang saya baca. Buku ini berusaha mengupas tentang konsep dasar proses pada sistem operasi khususnya sistem operasi Linux seperti identifikasi proses, pembuatan proses, dan komunikasi proses menggunakan signal. Buku ini kiranya cocok untuk Anda yang ingin mengetahui konsep proses di Linux, bagaimana mematikannya, dan bagaimana mengelolanya.

13
Judul: Belajar Linux Mandiri
Tebal: 4 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Romi Satria Wahono dan M. Choirul Amri
Unduh: PDF | 212 KB
Komentar saya: Ini merupakan buku dasar yang bisa diambil manfaatnya oleh pemula. Buku ini membawakan bagaimana memilih distro Linux, mendapatkan CD Linux, instalasi Linux secara singkat, bekerja dengan Linux dan administrasinya, dan beberapa pranala rujukan belajar.

14
Judul: Pemula PLOS Mencoba Linux
Tebal: 25 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Dani Iswara
Unduh: PDF | 2,3 MB
Komentar saya: Ini presentasi dalam bentuk buku yang dulu saya baca dan saya ambil banyak manfaat darinya. Saya dapatkan pengetahuan tentang distro Linux, tentang bagaimana PLOS (perangkat lunak open source) itu, tentang adanya perang distro, saya melihat skrinsot GNOME yang sangat mengesankan buat saya waktu itu, saya tahu beberapa komunitas Linux Indonesia, dan beberapa lainnya. Saya bahkan masih ingat sampai sekarang kalimat ini: “Batasnya adalah kemampuan pengguna!” Sebuah nasihat teknis yang baik buat saya. Saya sangat menyarankan untuk pengetahuan teknis para pemula, bacalah buku ini.

15
Judul: Membangun Paket Debian yang Bersih dengan pbuilder
Tebal: 82 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Iwan Setiawan alias stwn
Unduh: PDF | 517 KB
Komentar saya: Ini termasuk buku yang baru buat saya tetapi saya kagum ketika membacanya. Saya mengagumi tata bahasa dan keengganan penulisnya untuk menggunakan istilah Inggris. Penulis menggunakan bahasa Indonesia untuk menjelaskan kata-kata Inggris semisal file, server, online, dsb. Keren dan sangat percaya diri, menurut saya. Sungguh jarang saya temukan penulis yang demikian. Buku ini kiranya sesuai untuk pengguna Linux level mengengah ke atas, dan mungkin kurang sesuai untuk level pemula. Tapi tidak mustahil cocok untuk mereka yang ingin tahu bagaimana sih yang namanya pemaketan aplikasi di Linux itu. Anda akan ditunjukkan bagaimana suatu kode sumber diubah menjadi deb yang Anda gunakan untuk menginstal program setiap hari itu oleh pemaket. Anda akan memperoleh penjelasan yang gamblang di sini, langsung dari ahlinya. Ya, Pak Iwan itu smile

16
Judul: NASM — The Netwide Assembler
Tebal: 221 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: The NASM Development Team
Unduh: PDF | 711 KB
Komentar saya: Memang buku ini baru 2 bulan ada di hard disk saya. Namun ini buku yang hebat! Sebuah buku panduan dari tim NASM untuk menjelaskan program mereka: NASM. NASM adalah sebuah assembler di Linux yang sangat tangguh. Ia bisa membuat program untuk Linux maupun Windows. Memang ia punya sintaks yang berbeda dari Turbo Assembler (TASM) tetapi ia memiliki buku ini dan konsep yang bagus. Anda yang bersikeras belajar assembly di Linux dan menghindari menggunakan TASM, akan membutuhkan buku ini. Buku ini juga berisi pengetahuan-pengetahuan yang kaya sekali mengenai assembly di Linux. Saya malah berkeinginan NASM menggantikan TASM secara total di dalam pelajaran-pelajaran sekolah kita demi memegang penghargaan terhadap hak jual orang lain. Saya tak dapat menjelaskan banyak tentang buku ini maka unduhlah dan baca sendiri smile

17
Judul: PCLinuxOS Installation Guide
Tebal: 27 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Texstar dan Tim PCLinuxOS
Unduh: PDF | 521 KB
Komentar saya: Ini sebuah buku panduan instalasi ramah tamah untuk pengguna PCLinuxOS.

18
Judul: PCLinuxOS Live CD Guide
Tebal: 30 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Texstar dan Tim PCLinuxOS
Unduh: PDF | 721 KB
Komentar saya: Ini sebuah buku panduan penggunaan modus Live CD untuk pengguna PCLinuxOS. Seumur hidup, saya baru kali ini nemu panduan untuk modus Live CD. Biasanya yang ada cuma User Guide dan Installation Guide. Baguslah, ini bisa memperkaya wawasan kita yang ingin mengetahui secara umum Linux dan PCLinuxOS secara khusus.

19
Judul: PCLinuxOS User Guide
Tebal: 79 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Texstar dan Tim PCLinuxOS
Unduh: PDF | 2,8 MB
Komentar saya: Ini sebuah buku manual ramah-tamah lengkap untuk pengguna PCLinuxOS. Ini semacam ebook FUI tapi diperuntukkan PCLinuxOS. Namanya saja user guide, isinya pasti perkenalan, bagaimana melakukan jelajah web, bagaimana main surel, bagaimana mengatur audio, bagaimana menggunakan aplikasi perkantoran/office, bagaimana instal program, dsb. Saya belum bisa banyak berkomentar karena saya belum membaca ini. Yah, sampai sekarang saya belum coba PCLinuxOS

20
Judul: QuantumGIS User Guide
Tebal: 76 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Gary E. Sherman , Tim Sutton , Radim Blazek (GRASS) , dan Lars Luthman (GPS Plugin)
Unduh: PDF | 2 MB
Komentar saya: Inilah buku yang sebenarnya ingin saya bagikan pertama kali di sini. Setelah beberapa hari, saya baru sadar “Kok nggak yang lain sekalian?” hingga saya putuskan membagi yang lain juga di sini. Buku ini sebetulnya panduan penggunaan QuantumGIS, sebuah aplikasi open source untuk Geographic Information System. Namun dari buku ini, Anda dapat mengambil pengetahuan tentang GIS yang cukup banyak. Di antaranya Anda akan tahu kalau program GIS pada umumnya berbayar dan mahal. Nah, QuantumGIS ini gratis dan open source. Anda dapat mengamati dunia dengannya, mengambil sampel satu kota, mengamati keadaan geografis suatu daerah, main-main dengan GPS, membuat jalur perjalanan dari titik a ke b dunia, dan sebagainya. Ketertarikan saya terhadap GIS-lah yang mendorong saya untuk mengenal QuantumGIS. Kini ia adalah salah satu aplikasi GIS terkemuka di Linux dan bersaing dengan ArcGIS di Windows. Kiranya buku ini cocok untuk Anda yang tertarik dengan kegiatan pengindraan jauh dan ke-geografi-an digital. Yah, rasanya saya senang sekali pas pertama kali memperoleh buku ini smile

21
Judul: Quantum GIS – 5 Minute Tour
Tebal: 15 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Tim Sutton
Unduh: PDF | 1 MB
Komentar saya: Ini sebuah buku kecil berisi penjelasan singkat nan mendasar tentang QuantumGIS dari sang pengembangnya langsung. Anda akan diperlihatkan tentang “begini lho GIS itu…”. Tidak usah banyak kata. Langsung baca saja smile

22
Judul: Linux Shell Scripting Tutorial v1.05r3 – A Beginner’s handbook
Tebal: 272 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Vivek G. Gite (dari India)
Unduh: PDF | 1,1 MB
Komentar: Ini adalah buku panduan lengkap belajar shell script di Linux. Buku yang tebal ini saya ambil manfaatnya bersama buku Advanced Bash-Scripting Guide untuk belajar shell scripting. Di dalamnya terdapat penjelasan dan contoh yang gamblang lagi gampang diaplikasikan. Ketika mempelajarinya, saya sering “oooh begitu” sendiri karena terkejut smile Begitu rupanya kecanggihan shell laugh Saya rekomendasikan buku ini dengan sangat kepada Anda yang ingin menekuni shell scripting. Buku ini akan cocok dipelajari baik pemula maupun mahir.

23
Judul: Advanced Bash-Scripting Guide
Tebal: 891 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Mendel Cooper
Unduh: PDF | 2,7 MB
Komentar: Inilah buku teknis paling tebal yang saya miliki saat ini. Buku ini adalah panduan teknis pemrograman shell atau istilahnya shell scripting. Buku ini menjelaskan pemrogramannya dengan contoh-contoh yang sangat kaya disertai komentar. Buku ini menuntun pembacanya agar menjadi ahli shell scripting. Kiranya ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mendalami shell scripting dan melakukan otomasi di Linux. Barangkali suatu saat Anda bisa membuat Linux menjadi lebih otomatis daripada Windows dengan keahlian shell scripting Anda smile Sungguh menyenangkan teknologi berbasis open source itu. Buku yang semestinya berharga mahal (> 800 halaman, bayangkan!) malah dilepas gratis untuk memintarkan pembacanya. Saya rekomendasikan ini untuk Anda yang mempelajari shell scripting.

24
Judul: Sun xVM VirtualBox
Tebal: 221 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Sun Microsystems, Inc.
Unduh: PDF | 3,9 MB
Komentar saya: Buku ini adalah pegangan saya ketika menjajal Linux di VirtualBox kala SMP. Ketika itu saya menggunakan tuan rumah Windows XP dan tamu Linux saya Puppy. Buku ini saya jadikan rujukan satu-satunya untuka memahami Virtualbox dan konsep virtualisasinya. Dari buku ini saya peroleh banyak sekali manfaat dan tumbuh ketertarikan saya di bidang virtualisasi meski sedikit. Buku ini meskipun subjektif untuk VirtualBox, tetapi dapat dipelajari untuk memahami konsep mesin virtual secara umum. Saya rekomendasikan buku ini untuk pengguna VirtualBox maupun untuk yang sedang belajar virtualisasi.

Saya bisa salah bisa benar. Jika Anda tahu ada lisensi yang saya langgar, tolong ingatkan dan insya Allah akan langsung saya turunkan. Terima kasih.

2. Buku Karangan Saya

Dengan mengharap rahmat Allah, saya ingin membagikan buku-buku PDF literatur Linux yang saya miliki. Buku-buku ini saya tulis sendiri dalam proyek TeknoPLASMA yang sekarang sudah tiada. Saya telah menyuntingnya sedikit dan saya pilihkan buku yang tiada keburukan masa lalu saya di dalamnya, insya Allah bersih. Saya ingin buku-buku ini dimanfaatkan oleh saudara-saudaraku yang hendak belajar sistem operasi Linux. Namun mohon maaf, cakupan isi buku saya masih sangat sempit yang berputar hanya mengulas atau menginstal program. Itu pun masih sangat sederhana. Nah, saya di sini hanya menuliskan judul dan tautannya saja tetapi tidak saya ulas karena kemampuan yang terbatas. Silakan Anda ambil dengan Simpan Tautan Sebagai… karena insya Allah saya sediakan tautan langsung (direct link) dari server saya. Saya harap ini akan memudahkan saudaraku sekalian. Oke, silakan mengunduh dan semoga ini bermanfaat.

2.1 Teknoplasma

1. Shutter – Aplikasi Pengambil Skrinsot (Tangkapan layar) di Linux | 1 MB
2. Menjelajah Alam Semesta dan Galaksi dalam 3D di Linux | 300 KB
3. Aplikasi Pembelajaran Kimia Serbalengkap Kalzium | 700 KB
4. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Mobile Media Converter | 300 KB
5. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Inkscape | 400 KB
6. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: GIMP | 400 KB
7. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Chromium Browser | 300 KB
8. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Stardict | 400 KB
9. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Shutter | 700 KB
10. dihapus
11. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: gstreamer-ffmpeg | 400 KB
12. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Driver Printer iP1980 | 200 KB
13. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: DownThemAll! | 300 KB
14. Instalasi Fonta TrueType di Ubuntu | 190 KB
15. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Seamonkey | 500 KB
16. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Midori | 500 KB
17. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Dillo Internet Suite | 400 KB
18. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Wine | 500 KB
19. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: Poedit | 400 KB
20. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: CD Catalog | 400 KB
21. Tutorial Instalasi WordPress dengan XAMPP di Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat | 600 KB
22. Kiat Internetan Murah – Menjelajah Web | 100 KB
23. Belajar Shell Linux: Perkenalan | 100 KB (belum)
24. Tutorial Instalasi Program di Ubuntu Maverick: build­essential | 300 KB
25. Belajar Shell Linux: Konsep-konsep Dasar | 200 KB
26. Belajar Shell Linux 3: Yang Patut Diketahui | 200 KB
27. Belajar Shell Linux: ls dan cd | 200 KB
28. Belajar Shell Linux: eject | 100 KB
29. Belajar Shell Linux: Mematikan Komputer dengan halt, shutdown, dan reboot | 200 KB
30. Belajar Shell Linux: mkdir | 200 KB
31. Belajar Shell Linux: rm | 200 KB
32. Menulis Aksara Yunani di Ubuntu Maverick (Gnome) | 100 KB
33. GIMP: Animasi Teks GIF | 190 KB
34. Tutorial Membuat Desain Kaos Teknoloid dengan Inkscape | 200 KB
35. Mengubah Bahasa Tampilan Posting Twenty Ten | 200 KB
36. WordPress: Mengubah Tampilan Formulir Komentar | 200 KB
37. Membuat Logo Gradasi Elegan Sederhana Ala Web 2.0 dengan GIMP | 100 KB
38. Tutorial Membuat Latar Belakang Kubisme dengan GIMP | 400 KB
39. Split dan Merge PDF Dengan PDFSAM di Linux | 400 KB
40. Tutorial Mendesain Halaman Majalah Sederhana dengan Scribus 1 | 100 KB
41. Mendesain Halaman Majalah Sederhana dengan Scribus 2 | 200 KB
42. Inkscape – Tutorial Mendesain Logo Bulat Metalik |300 KB
43. Menulis Aksara Jepang di Ubuntu | 200 KB
44. Mudah Menyimpan Gambar dari Writer | 60 KB
45. Repositori Linux | 80 KB
46. Distro Linux | 1 MB

2.2 KDE

Seiring perkembangan saya sendiri, akhirnya saya mampu menulis serial KDE dalam format PDF. Karena sudah cukup banyak, sekarang saatnya saya meletakkannya di laman ini.

  1. Belajar Menggunakan KDE Edisi 1
  2. Belajar Menggunakan KDE Edisi 2
  3. Belajar Menggunakan KDE Edisi 3
  4. Belajar Menggunakan KDE Edisi 4

2.3 Pemrograman Qt

Sudah mulai banyak serial pemrograman Qt yang saya tulis dan PDF-kan. Ini sesuatu yang terjadi di luar kehendak saya sama sekali. Awalnya saya hanya mengira akan menulis 1 tulisan saja. Namun ternyata setelah dicoba, hard coding di Qt sungguh dimudahkan dan menyenangkan. Berkebalikan dengan pandangan awal saya bahwa pemrograman itu mustahil dicoba apalagi dijadikan tutorial berseri.

Pengantar Pemrograman Visual https://malsasa.files.wordpress.com/2013/10/pengantar-pemrograman-gui-di-linux.pdf

1. Perkenalan Hard Coding https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-1-e28093-membuat-dialog-groupbox-layout-dan-tombol-dengan-menulis-kode-bukan-designer.pdf

2. Mengenal Layout Sederhana https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-2-e28093-mendayagunakan-qgroupbox-dan-qhboxlayout-untuk-membentuk-kolom-dalam-qdialog.pdf

3. QFrame dan QVBoxLayout https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-3-e28093-mendayagunakan-qframe-dan-qvboxlayout-untuk-membentuk-kolom-lebih-banyak-dalam-qdialog.pdf

4. Window Layering (Impian Lama) https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-4-e28093-qstackedlayout-dan-qcombobox-untuk-window-layering.pdf

5. Window Layering II (Impian Lama) https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-5-e28093-qstackedlayout-dan-qpushbutton-untuk-layering-setcurrentindex.pdf

6. Menggunakan Kelas-Kelas Qt https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-6-e28093-membuat-program-gui-sederhana-menggunakan-sebanyak-mungkin-kelas-qstackedlayout-qpushbutton-qlabel-qcombobox-dan-lainnya.pdf

7. Membuat GUI Front-End I (Impian Juga) https://malsasa.files.wordpress.com/2013/09/pemrograman-qt-7-menjalankan-perintah-linux-dari-gui-c-dengan-mudah-menggunakan-system.pdf

8. Mengenal Layout Lanjutan https://malsasa.files.wordpress.com/2013/12/pemrograman-qt-8-qvboxlayout-qhboxlayout-qgridlayout-dan-sifat-sifatnya.pdf

9. Membuat GUI Front-End II (Impian Juga) https://malsasa.files.wordpress.com/2013/12/pemrograman-qt-9-qprocess-dan-menjalankan-perintah-linux.pdf

10. Membuat GUI Front-End III (Impian Juga) https://malsasa.files.wordpress.com/2013/12/pemrograman-qt-10-qtextedit-qfile-qtextstream-qlabel-membaca-standard-output-shell-membaca-berkas-dan-membuat-berkas-txt.pdf

11. Memainkan Audio https://malsasa.files.wordpress.com/2013/10/pemrograman-qt-11-phonon-framework-untuk-memutar-audio-ogg-ketika-qpushbutton-diklik.pdf

12. Kalkulatorhttps://malsasa.files.wordpress.com/2014/03/pemrograman-qt-12-e28093-kalkulator-sederhana-dengan-qlineedit-dan-casting-qstring-to-int.pdf

13. Logo Programhttps://malsasa.files.wordpress.com/2014/03/pemrograman-qt-13-e28093-logo-program-dengan-setwindowicon.pdf

14. Animasi GUI Sederhanahttps://malsasa.files.wordpress.com/2014/03/pemrograman-qt-14-e28093-qpropertyanimation-untuk-animasi-gui.pdf

15. QToolButton, QFont, setStyleSheet()https://malsasa.files.wordpress.com/2014/03/pemrograman-qt-15-e28093-qtoolbutton-qfont-dan-setstylesheet.pdf

2.4 Qt Creator

Agar tidak rancu, saya tegaskan bahwa saya membedakan artikel untuk tutorial pemrograman Qt (Framework) dan artikel mengenai Qt Creator (IDE). Sejujurnya artikel mengenai Qt Creator adalah yang paling awal saya tulis sebelum saya berani menulis tutorial Qt berseri. Semoga tutorial ini bisa terus berlangsung. Mohon maaf versi PDF belum dibuat.

1. Tutorial Qt sekaligus Qt Creator Pertama Saya https://malsasa.wordpress.com/2013/06/05/qt-creator-pemrograman-aplikasi-gui-di-linux/

2. Tip Trik #1 https://malsasa.wordpress.com/2013/07/09/qt-creator-tip-dan-trik-efisien-memrogram-c-dalam-ide/

3. Tip Trik #2 https://malsasa.wordpress.com/2013/08/26/qt-creator-tip-trik-efisien-memrogram-c-dalam-ide-edisi-2/

4. Qwt Library https://malsasa.wordpress.com/2013/08/28/qt-creator-qwt-pustaka-pengganti-teechart-untuk-simulasi-realtime-signal-plotting-di-linux-contoh-program-osiloskop/

5. Git #1 https://malsasa.wordpress.com/2013/10/05/qt-creator-dan-git/

Mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam buku-buku ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian, Saudara-saudaraku muslimin.

107 thoughts on “PDF

  1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

    Alhamdulillah, waiyyakum, Akhii…

    Saya sangat senang kalau ini bermanfaat. Senang sekali saya baca komentar akang hari ini. Sukses juga buat akang :D Alhamdulillah, saya bersyukur bahwa Allah tidak menjadikan pendapat saya ditolak oleh semua manusia. Tapi opini saya yang manakah, Kang?

    Balas
  2. arhsa

    aslmkm.
    nah, halaman seperti ini yang saya inginkan
    nice post, tolong ditambah terus, kalo boleh request PDF tentang programing menggunakan GTK+ dengan GLADE atau QT. saya ingin buat aplikasi visualisasi pelajaran bahasa arab (seperti maktabah elkirtasse, kayaknya sudah ga diupdate, padahal saya belum sempat download source code-nya) dan keislaman lainya untuk anak-anak di pesantren. saya ga ngerti sama sekali sama programing, tapi setelah pake linux (Sabily Badr 11.04, Ubuntu, Linux mint -pokoknya turunan ubuntu lah- distro lain masih pusing) rasa penasaran untuk ngoprek sangat besar.
    terima kasih sebelumnya

    Balas
  3. arhsa

    nah, halaman seperti ini yang saya inginkan
    nice post, tolong ditambah terus, kalo boleh request PDF tentang programing menggunakan GTK+ dengan GLADE atau QT. saya ingin buat aplikasi visualisasi pelajaran bahasa arab (seperti maktabah elkirtasse, kayaknya sudah ga diupdate, padahal saya belum sempat download source code-nya) dan keislaman lainya untuk anak-anak di pesantren. saya ga ngerti sama sekali sama programing, tapi setelah pake linux (Sabily Badr 11.04, Ubuntu, Linux mint -pokoknya turunan ubuntu lah- distro lain masih pusing) rasa penasaran untuk ngoprek sangat besar.
    terima kasih sebelumnya

    Balas
  4. Rudy Handoko

    Semoga Allah jadikan ilmu ini sebagai amal yang tidak akan pernah terputus pahalanya. Semoga Allah angkat derajat para penulis di dunia dan akhirat. Semoga Allah bukakan pintu ilmu yang lain bagi para penulis. Semoga pengguna ilmu ini dapat mengikuti jejak para penulis. Semoga Allah mencabut laknat-Nya dari bumi nusantara karena keikhlasan para penulis buku ini. Amin.

    Balas
  5. lukman

    alhamdulillah bisa tau dg blog yg sngat bermanfaat bagi saya..
    untuk kedepannya coba di upload juga tutorial ttg programing nya akh,,misal java..
    jazakallah khairan katsira..

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, ana bahagia kalau blog ana berguna buat akhii dan kaum muslimin lainnya, serta seluruh pengguna komputer umumnya. Sebuah kehormatan ana bisa terima komentar antum, Akhii. Ana udah mulai unggah tutorial berbentuk PDF, tetapi bukan pada laman ini, Akhii. Ada di posting lain dan blog ana satunya. Berikut tautannya:

      https://malsasa.wordpress.com/2013/02/10/pdf-buku-buku-literatur-linux-3/ <<< campur-campur mulai Git, Qt, sampai PyGTK
      http://bukanpenggunawindows.blogspot.com/2012/10/download-ebook-belajar-java-berbahasa.html <<< Java, seperti yang antum sebut

      Semoga dua tautan ini bermanfaat buat antum. Waiyyakum wa barakallahu fiikum.

      Balas
  6. Wira Wardhana

    Assalamualaikum mas Ade :D saya masih bingung untuk belajar ubuntu mas,
    saya mulai nya dari mana ya untuk memperdalam ubuntu dan biar jago kaya mas ade? , saya belajar ubuntu cuma tau cara mengcompilasi kan java aja lewat terminal dan mnulis sintaks doank lwt sublime text hhehee selebih nya gak tau maaf newbie saya ingin meninggalkan windows tapi susah mas soal nya saya masih belum paham ubuntu lebih dalam :(

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wa’alaikumussalam.

      Iya, kang Wira. Jangan pernah takut.

      Untuk memulai Ubuntu, maka sebaiknya akang pelajari dulu bash (kita biasa menyebutnya Terminal). Bisa mulai dari artikel ini: https://malsasa.wordpress.com/2013/01/20/tutorial-shell-dasar-5-menit/.

      Saran saya, tidak usah meninggalkan Windows kalau ia original. Sekalipun tidak, sebaiknya tidak buru-buru supaya kerusakan yang timbul tidak lebih besar.

      Pada akhirnya, saya hanyalah seorang otodidak.

      Balas
  7. tommy okta

    wah recomanded site utk pemula pemula spt saya nih..
    maklum baru sadar akan penting nya free open source software hahahaha
    makasih gan share nya
    mantapppppp
    kalau bisa di tambah lagi ebook ciptaan akang sendiri ya ^^

    Balas
  8. tommy okta

    oh..iya kalau bisa tutor yang di web dijadiin pdf semua saja kang lumayan utk yg ga ada koneksi internet dirumah bisa ke warnet download ,terus bisa di pelajari langsung dirumah

    Balas
  9. Ping balik: How To Become A Newbie | Ade Malsasa Akbar

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Belum boleh, Kang. Atau, kalau boleh, standar saya sangat ketat karena pertanggungjawaban di sini bukan semata-mata untuk masyarakat tetapi untuk Allah. Saya sarankan sangat akang membuat blog sendiri. Saya minta maaf atas sikap saya ini.

      Balas
  10. Ping balik: How To Become A Newbie | OI rickynda

  11. ibnu faiz

    terimakasih akhi.. blognya sangat bergunaa.. lanjutkan .. semoga akhi diberikan kesehatan dan sukses selalu.. aminn

    Balas
  12. Ping balik: Panduan Dasar Terminal Ubuntu untuk Pemula | Ade Malsasa Akbar

  13. eka

    bermanfaat sekali mas (Y) buku nya sangant membantu memahami linux dan cara kerjanya bagi saya yng masih awam dan terlebih lagi GRATIS :D pokonya toop dahh.. keep share something free gan

    Balas
  14. donisutarso

    min…kok banyak link download yang error? tolong di reupload dong…
    dulu sempat simpan sih keren-keren, tapi sekarang udah kehapus mau koleksi lagi :3

    Balas
  15. rikyriyanto

    Alhamdulillah, terimakasih kang Ade Malsasa, ini merupakan salah satu harta karun yang saya temukan, berharap seterusnya bisa melihat kelanjutan dari pemrograman Qt.

    Balas
  16. yudi

    Assalamualaikum,
    Request pedoman maupun artiket kongkrit untuk yang ingin ngoding php/web aplikasi gan, khususnya yang berkutat di apache, mysql, dan kawan2 nya. Terlebih mengenai directory dan idenya seperti sublime dll.
    Wassalam.

    Balas
  17. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

  18. erwin

    terimakasih senpai saya pengguna sekaligus pecinta software opensource tentunya linux referensi buku nya sangat-sangat berguna telat comment ya maaf baru didunia linux tapi saya ingin mendalami lebih dalam lagi…..ijin donlot tutornya

    Balas
  19. Agung Nugroho

    mau coba Qt creator ini, tapi saya tidak mempunya basic C++ / C sama sekali bang hehe, mohon doanya dan dukungannya.

    Balas
  20. Adib Fauza

    Alhamdulillah,,, Akhirnya Saya menemukan Tempat untuk Belajar Otodidak Saya tentang Linux. Dicoba Kang Modul nya. Semoga bermanfaat bagi Saya dan Semoga Saya paham dan dapat menguasai semua ilmu yang ada di dalam Modul yang Akang bagikan.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, saya senang sekali kita bisa jumpa ramadhan lagi dan berpuasa plus tarawih kembali sekarang. Alhamdulillah kabar saya baik. Bagaimana dengan akang? Maaf, saya tidak ingat dengan akang.

      Balas
      1. reza

        assalamualaikum maaf mas apakah sudah pindah website atau gimana ya saya pemula yg baru ingin belajar ubuntu tapi link download rata-rata error , web bengkelubuntu.org juga tidak bisa diakses , trimakasih mas

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

        Saya senang sekali mendengar komentar Kang Reza. Tidak, saya tidak pindah website, hanya saya aktif mengajar di https://kursusteknoplasma.wordpress.com, saya mengajar privat GNU/Linux tingkat pemula secara online.

        Untuk link yang tidak bisa diakses, saya minta maaf, saya tidak memiliki waktu untuk memperbaikinya. Setidaknya untuk saat ini. Jadi datanglah ke Teknoplasma.

Dilarang menggunakan emotikon