Tutorial Menulis Dokumen dengan LaTeX di Linux (Disertai Contoh)


Bismillahirrahmanirrahim.

LaTeX itu sangat bagus untuk menulis dokumen apa pun. Bahkan bisa jadi lebih bagus dari Microsoft Word. Percayalah, hasilnya sangat bagus. Walau judul tulisan ini tutorial, sebetulnya saya cuma ingin menuliskan catatan-catatan saya dalam menulis dokumen dengan LaTeX. Semoga ini bermanfaat.

Pendahuluan

Jika Anda menemukan tulisan ini dalam keadaan belum mengenal LaTeX dan di mana harus menuliskan kode-kode LaTeX, maka merujuklah kepada tulisan perkenalan LaTeX berbahasa Indonesia ini. Gunakan GUI seperti Gummi karena Anda dapat melihat preview-nya langsung ketika menulis kode. Canggih!

resized_gummi-unity-i

Antarmuka Gummi di Ubuntu

Wajib Ada

Berikut ini 3 buah kode yang wajib ada di setiap dokumen LaTeX. Jika hilang satu, maka dokumen pasti gagal dikompilasikan.

  • \documentclass{article} : penentu templat dokumen. LaTeX menyediakan article, book, dan report (untuk paper, skripsi, tesis). Yang sering saya pakai yakni article. Kode ini juga bisa diberi penentu jenis kertas sekaligus ukuran font dalam dokumen.
  • \begin{document} : kode penanda awal dokumen, diletakkan setelah \documentclass.
  • \end{document} : kode penanda akhir dokumen. Segala isi (abstrak, poin-poin, bab, paragraf, dsb.) diletakkan antara begin dan end ini.

Contoh Kode LaTeX

\documentclass{article}
\begin{document}
Ini adalah isi dokumen.
\end{document}

Hasil

tutorial-latex-wordpress

Catatan Kaidah Penting

LaTeX banyak menggunakan tag \begin \end untuk segala macam pemformatan. Nanti teks dimasukkan di antara kedua tag tersebut dan jadilah terformat sesuai kode dalam kurungnya. Inilah ciri-ciri LaTeX.

Formatting

  • Bold: \textbf{} : letakkan teks di dalam kurungnya ({ }) maka akan jadi tebal (text bold font).
  • Italic: \emph{} : letakkan teks di dalam kurungnya ({ }) maka akan jadi miring (emphasized).
  • Rata Kiri: \begin{raggedright} \end{raggedright}: letakkan teks di antara begin dan end maka akan rata kiri. Ragged = compang-camping.
  • Rata Kanan: \begin{raggedleft} \end{raggedleft} : letakkan teks di antara begin dan end maka akan rata kanan.

Contoh Kode LaTeX (bold italic)

\documentclass{article}
\begin{document}
\emph{Ini miring.} \textbf{Ini tebal}
\end{document}

Hasil

\emph{Ini miring.} \textbf{Ini tebal.}

Contoh Kode LaTeX (\raggedleft)

\begin{raggedleft}
Ini adalah footnote\footnote{Aku adalah footnote}. \\Lihat bagian bawah halaman. Ini juga footnote\footnote{Aku juga footnote.}. \\Aku bukan siapa-siapa. \\Aku juga bukan siapa-siapa.\\
\end{raggedleft}

Hasil

tutorial-latex-wordpress5

Membuat Bullets and Numbering

Butir dan penomoran bisa diberikan dengan kode-kode sederhana. Saya sangat sering menggunakannya (bagian ini ditambahkan pada 12 November 2013).

Contoh Kode LaTeX (bullets)

\begin{itemize}
\item Ini butir pertama
\item Ini butir kedua
\item Ini butir ketiga
\end{itemize}

Hasil

tutorial-latex-wordpress14

Contoh Kode LaTeX (numbering)

\begin{enumerate}
\item Ini nomor satu
\item Ini nomor dua
\item Ini nomor tiga
\end{enumerate}

Hasil

tutorial-latex-wordpress15

Membuat Daftar Isi

\tableofcontents

Jika Anda pernah membuat daftar isi di Word/Writer, Anda cukup memakai heading lalu panggil fungsi Table of Contents. Bisa dibilang, Word/Writer meniru LaTeX. Tulis subbab-subbab Anda dengan tag \section{}, \subsection{}, dan \subsubsection, lalu cukup panggil fungsi \tableofcontents. Jadilah daftar isi.

Contoh Kode LaTeX

\documentclass{article}
\begin{document}

\tableofcontents

\newpage

\section{Ini bagian}
\subsection{Ini subbagian}
\subsubsection{Ini subsubbagian}

\newpage

\section{Ini bagian}
\subsection{Ini subbagian}
\subsubsection{Ini subsubbagian}

\newpage

\section{Ini bagian}
\subsection{Ini subbagian}
\subsubsection{Ini subsubbagian}
\end{document}

Hasil

tutorial-latex-wordpress6

Contoh Kode LaTeX

Yang berikut ini daftar isi dengan kelas dokumen report, bukan article. Report lebih luas fiturnya daripada article.

\documentclass{report}
\begin{document}

\tableofcontents

\newpage
\chapter{Ini bab}
\section{Ini bagian}
\subsection{Ini subbagian}
\subsubsection{Ini subsubbagian}

\newpage
\chapter{Ini bab}
\section{Ini bagian}
\subsection{Ini subbagian}
\subsubsection{Ini subsubbagian}

\newpage
\chapter{Ini bab}
\section{Ini bagian}
\subsection{Ini subbagian}
\subsubsection{Ini subsubbagian}
\end{document}

Hasil

tutorial-latex-wordpress7

Membuat Daftar Gambar

\listoffigures

Sebab saya merekomendasikan Gummi adalah Anda jadi bisa menambahkan gambar dengan mudah dengannya. Di dalam dokumen LaTeX, masukkanlah beberapa gambar. Di dalam setiap kode gambar, isilah \caption{} dengan judul gambar. Lalu panggil kode \listoffigures di depan. Hasilnya? Sama persis dengan kemudahan \tableofcontents. Tentu untuk menjalankan kode di bawah ini Anda harus sesuaikan nama berkas gambarnya. Penambahan gambar ke dalam dokumen LaTeX harus diawali dengan menambahkan kode \usepackage{graphicx} tepat di bawah \documentclass{}.

Contoh Kode LaTeX

\documentclass{article}
\usepackage{graphicx}
\begin{document}

\listoffigures

\begin{figure}[htp]
\centering
\includegraphics[scale=1.00]{1.png}
\caption{Lazarus IDE}
\label{}
\end{figure}

\begin{figure}[htp]
\centering
\includegraphics[scale=1.00]{2.png}
\caption{Gambas IDE}
\label{}
\end{figure}

\begin{figure}[htp]
\centering
\includegraphics[scale=1.00]{3.png}
\caption{Glade IDE}
\label{}
\end{figure}

\begin{figure}[htp]
\centering
\includegraphics[scale=1.00]{4.png}
\caption{Peazip}
\label{}
\end{figure}

\begin{figure}[htp]
\centering
\includegraphics[scale=1.00]{xmonad.jpg}
\caption{Xmonad}
\label{}
\end{figure}

\end{document}

Hasil

tutorial-latex-wordpress8

Membuat Daftar Tabel

\listoftables

Setelah daftar isi dan daftar gambar, lalu apa lagi? Tentu saja daftar tabel. Anda akan membutuhkannya untuk skripsi, makalah, atau tipe tulisan ilmiah lainnya. Bahkan orang seperti saya saja senang membuatnya.

Contoh Kode LaTeX

\documentclass{article}
\usepackage{graphicx}
\begin{document}

\listoftables

\newpage
Membuat tabel.\\\newline

\begin{table}
\begin{center}
\begin{tabular}{|c|l|r|}
\hline
Kolom A & Kolom B & Kolom C\\
\hline
Isi & Isi & Isi \\
\hline
Isi Lagi & Isi Lagi & Isi Lagi\\
\hline
\end{tabular}
\caption{Ini Tabel Pertama}
\end{center}
\end{table}

\newpage
Membuat tabel.
\begin{table}
\begin{center}
\begin{tabular}{|c|l|r|}
\hline
Kolom A & Kolom B & Kolom C\\
\hline
Isi & Isi & Isi \\
\hline
Isi Lagi & Isi Lagi & Isi Lagi\\
\hline
\end{tabular}
\caption{Ini Tabel Kedua}
\end{center}
\end{table}

\newpage
Membuat tabel juga.
\begin{table}
\begin{center}
\begin{tabular}{|c|l|r|}
\hline
Kolom A & Kolom B & Kolom C\\
\hline
Isi & Isi & Isi \\
\hline
Isi Lagi & Isi Lagi & Isi Lagi\\
\hline
\end{tabular}
\caption{Ini Tabel Ketiga}
\end{center}
\end{table}

\newpage
Membuat tabel juga.
\begin{table}
\begin{center}
\begin{tabular}{|c|l|r|}
\hline
Kolom A & Kolom B & Kolom C\\
\hline
Isi & Isi & Isi \\
\hline
Isi Lagi & Isi Lagi & Isi Lagi\\
\hline
\end{tabular}
\caption{Ini Tabel Keempat}
\end{center}
\end{table}

\newpage
membuat tabel juga.
\begin{table}
\begin{center}
\begin{tabular}{|c|l|r|}
\hline
Kolom A & Kolom B & Kolom C\\
\hline
Isi & Isi & Isi \\
\hline
Isi Lagi & Isi Lagi & Isi Lagi\\
\hline
\end{tabular}
\caption{Ini Tabel Kelima}
\end{center}
\end{table}

\newpage
Membuat tabel juga.
\begin{table}
\begin{center}
\begin{tabular}{|c|l|r|}
\hline
Kolom A & Kolom B & Kolom C\\
\hline
Isi & Isi & Isi \\
\hline
Isi Lagi & Isi Lagi & Isi Lagi\\
\hline
\end{tabular}
\caption{Ini Tabel Keenam}
\end{center}
\end{table}
\end{document}

Hasil

tutorial-latex-wordpress9

Daftar Tabel

tutorial-latex-wordpress10

Tabelnya

Footnote

Ini salah satu keistimewaan LaTeX yakni bisa membuat footnote dengan sangat mudah dan otomatis. Jujur saja, saya jadi rajin memberi footnote setelah kenal LaTeX. Footnote milik LaTeX sungguh indah.

Contoh Kode LaTeX

Ini adalah footnote\footnote{Aku adalah footnote}. Lihat bagian bawah halaman.\\ Ini juga footnote\footnote{Aku juga footnote.}.

Hasil

tutorial-latex-wordpress3

Semoga bisa disambung.

21 thoughts on “Tutorial Menulis Dokumen dengan LaTeX di Linux (Disertai Contoh)

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, itu yang saya harap. Saya senang mendengarnya. Yup, saya sebetulnya ingin membuat edisi kedua untuk posting ini berisi apa yang akang tambahkan. Terima kasih telah datang, Kang.

      Balas
  1. arhsa

    Saya bahkan sudah agak lama menginstal Latex. Tapi karena tidak faham dan tanpa Gummi, makanya hanya terinstal saja di Linux Mint.

    Tulisan yang menyenangkan. Jadi terkenang saat dulu menggunakan Word Star (WS). Mudah-mudahan bisa mengikuti jejak menggunakan Latex, karena sering mumet dengan Word Processor (apapun namanya) yang selama ini dipakai, ada saja yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

    Menggunakan Latex sepertinya cukup menantang, jadi penasaran.

    Balas
      1. arhsa

        Siip.
        Kalo Antum tidak keberatan saya mohon izin memberi usul, alangkah indah jika semua posting Antum menggunakan “read more”, sangat memberi kemudahan kepada pengunjung untuk memilih judul-judul yang ada, dan posting lama Antum juga bisa lebih banyak diakses. Cukup posting terakhir saja yang tidak menggunakan “read more”.
        Barakalloh fiik wa Jazakalloh khoiron

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Oh begitu? Sebenarnya memang ana ini sengaja tidak memberi read more karena pertimbangan pengunjung yang datang ke sini hanyalah datang dari undangan saya atau gugling sendiri (bukan tetap). Ana akan pertimbangkan.

        Waiiyakum.

  2. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, lama sekali tidak berjumpa sama akang. Ini artikel lawas saya semoga bermanfaat sebesar-besarnya bagi akang dan semua orang. Karena lawas, jadi pasti ada kesalahan, saya mohon maaf juga sebesar-besarnya.

      Balas
      1. Trueno_AE_86

        punya perintah/code latex yg lengkap?
        karna saya mau belajar, pernah masukin code yg dari googling ada yg ga jalan
        atau mungkin saya yg salah hehehe

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Saya sendiri tidak hafal kode-kodenya, Kang. Saya terbantu menulis dokumen LaTeX karena pakai TexMaker. Segala kodenya sudah disiapkan prainstal jadi saya sendiri tinggal klik. Adapun untuk beberapa kode yang harus ditangani manual, saya biasanya cari di StackExchange. Saya sudah membagikan kode-kode LaTeX saya juga di server zaman dulu namun mohon maaf server saya sudah lama mati, Kang. Semoga sukses dan saya senang sekali baca komentar Anda tentang LaTeX!

      3. Trueno_AE_86

        ok
        coba saya cari dulu TexMaker di slackbuilds, maklum cocoknya pake slackware meski agak ribet install ini itunya.
        ini pake gummi sederhana sekali, tapi kemarin coba buat sebuah artikel hasilnya rapi dan bagus, meski artikelnya isinya cuma omong kosong… hehe.
        terimaksih infonya.

      4. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Saya malah mengagumi para pengguna Slackware sejak dulu, Kang. Hormat saya untuk Anda yang pakai Slackbuilds untuk instal TexMaker dan sebagainya. Andai saja Anda berkenan membagikan rekaman-rekaman Slackware Anda lewat video atau kursus di Internet. Saya sekarang setelah membagikan video, saya mengajar di kursus online lewat Telegram, Kang. Ubuntu.

      5. Trueno_AE_86

        wah saya hanya pengguna biasa kang.
        belum mahir, cuma di slackware linux saja saya merasa nyaman pakainya, setelah beberapa kali coba versi linux yg lain seperti ubuntu, arch, fedora, opensuse, ujung-ujungnya balik ke slackware. meskipun yg saya gunakan hanya tools sederhana seperti libreoffice untuk olah data kerjaan, firefox/chromium sekedar cari data di internet dan nonton youtube. belum mahir seperti user slackware yg lain. hanya di blog saya yg saya share itupun setelah saya ketemu eror dan dapat menyelesaikannya dengan bantuan milis/hasil googling.

      6. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Saya mengerti. Adapun dengan mengajar itulah kita kenal potensi diri kita ternyata lebih daripada yang kita bayangkan. Yang paling penting ilmu tentang GNU/Linux dan Free software umumnya, serta Slackware secara khususnya, bisa sampai kepada masyarakat Indonesia lewat akang. Tetaplah menulis tentang Slackware ya Kang!

      7. Trueno_AE_86

        iya kang, masih belajar khususnya LO dan baru mencoba LaTex. Dan blog saya pun sebenarnya hanya pengingat untuk diri saya sendiri jika lupa sesuatu tentang linux dan slackware.

      8. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        I love that. Semangat terus belajr dan menulis, Kang. Tolong hubungi saya di blog ini, atau di email teknoloid [at] gmail atau di Telegram dengan nama saya kapan pun akang mau. Saya sangat berterima kasih. Bicara sama senior-senior pengguna Slackware itu selalu bermanfaat seperti ini buat saya. Semoga sukses!

Dilarang menggunakan emotikon