Apa Itu Free Software


Bismillahirrahmanirrahim.

Copyright © 2016 Ade Malsasa Akbar <teknoloid@gmail.com>

Tulisan ini tersedia dalam PDF dan ODT.

Tulisan ini adalah ringkasan penjelasan mengenai free software. Tulisan ini berusaha menjelaskan pengertian free software dengan akurat dan adil. Tulisan ini dibuat sebagai versi ringkas dari tulisan panjang Memperkenalkan Free Software. Tulisan ini sebenarnya diambil dari bagian awal tulisan tersebut ditambah sejumlah pendekatan bahasa untuk memudahkan pemahaman. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Apa Arti Kata Free?

Dari segi bahasa, istilah free berasal dari kata free dalam Bahasa Inggris yang berarti bebas. Free yang dimaksud di dalam istilah free ini adalah freedom yang berarti kebebasan atau kemerdekaan. Free yang berarti tanpa biaya atau gratis juga termasuk arti kata free di dalam Bahasa Inggris tetapi arti yang ini tidak digunakan. Free di dalam istilah ini maksudnya seperti orang yang kedua tangannya tidak diborgol, atau seperti orang yang keluar dari penjara. Orang seperti itu mengatakan “I am free” (saya bebas), tidak mengatakan “I am gratis” (saya gratis). Free yang dimaksud di dalam istilah ini adalah free yang bebas, bukan free yang gratis.

Apa Arti Kata Software?

Dari segi bahasa, istilah software berasal dari kata software yang merupakan gabungan kata soft dan ware. Soft artinya lunak, ware artinya perangkat. Istilah software (satu kata) diserap ke dalam Bahasa Indonesia sebagai frasa istilah perangkat lunak (dua kata). Istilah software merujuk kepada benda abstrak yang dijalankan oleh komputer sebagai instruksi-instruksi untuk melaksanakan suatu fungsi tertentu. Contoh software misalnya Mozilla Firefox atau GNU bash.

Apa Arti Frasa Free Software?

Free software diterjemahkan perangkat lunak bebas dalam Bahasa Indonesia. Terjemahan alternatifnya perangkat lunak merdeka, sesuai pengertian dari kata free dari Bahasa Inggris. Asosiasi makna free software selalu dengan kebebasan, bukan dengan gratis. Free software tidak diterjemahkan perangkat lunak gratis karena makna gratis dimiliki oleh freeware, sedangkan free software bukan freeware. Free software disingkat FS, perangkat lunak bebas disingkat PLB.

Apa Definisi Free Software?

Free software adalah software yang mencocoki empat butir Free Software Definition sekaligus dan menyeluruh. Software yang tidak mencocoki Free Software Definition otomatis bukan free software dan disebut proprietary. Free software adalah antonim dari proprietary, sebaliknya proprietary antonim dari free software.

Apa Itu Free Software Definition?

Free Software Definition (Definisi Free Software) adalah kriteria penilaian software yang menentukan suatu software tergolong free software atau tidak. Free Software Definition (FSD) disebut juga Four Essential Freedoms (Empat Kebebasan Dasar). Free Software Definition memiliki empat klausa sebagai berikut.

  • Kebebasan untuk menjalankan software untuk tujuan apa pun.
  • Kebebasan untuk mempelajari software, dan memodifikasinya (source code prasyarat untuk hal ini).
  • Kebebasan untuk mendistribusikan salinan software.
  • Kebebasan untuk mendistribusikan modifikasi dari software (source code prasyarat untuk hal ini).

Keempat klausa Free Software Definition bisa disarikan dalam empat kumpulan kata use, study, modify, share. Seluruh perilaku pengguna komputer terhadap software tidak akan keluar dari keempat kata ini. Kebebasan software adalah kebebasan di dalam empat kata ini.

Bagaimana Mempelajari Free Software Lebih Mendalam?

Mengenai sejarah, contoh-contoh free software, lisensi-lisensi, perbedaan free software dengan proprietary, perbedaan free software dengan open source, dan sebagainya, pembaca bisa merujuk ke artikel-artikel yang ditulis khusus untuk mengajarkan free software. Dalam Bahasa Indonesia, terdapat tulisan perluasan dari tulisan ringkas ini yang berjudul Memperkenalkan Free Software.

Adapun bagi pembaca yang ingin membaca sumber asli Free Software, situs Sistem Operasi GNU http://www.gnu.org adalah rujukan paling pertama. Paling diutamakan tulisan What is free software yang beralamat di http://www.gnu.org/philosophy/free-sw.en.html. Seluruh tulisan di dalam situs GNU ditulis oleh para pendiri Free Software Foundation dan Free Software Movement itu sendiri. Maka penjelasan-penjelasan free software di dunia ini semuanya merujuk kepada situs Sistem Operasi GNU ini. Pembaca direkomendasikan merujuk kepadanya.

Catatan Perubahan

6 April 2016: tulisan ini ditulis.

Lisensi Tulisan

Tulisan ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported (CC BY-SA 3.0) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/.

3 thoughts on “Apa Itu Free Software

  1. Ping balik: Apa Itu GNU | Ade Malsasa Akbar

  2. Ping balik: Bagaimana Komunitas Free Software Bekerja | Ade Malsasa Akbar

  3. Ping balik: Dimulainya Proyek Buku Kolaborasi Berbahasa Indonesia Melalui Telegram | Ade Malsasa Akbar

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s