Rilis BengkelUbuntu.org – Alldeb Ubuntu 16.04 32 Bit dan 64 Bit


Bismillahirrahmanirrahim.

Pada hari ini Minggu 23 Oktober 2016 saya merilis distribusi paket-paket .alldeb (free software) untuk Ubuntu 16.04 Xenial Xerus LTS 32 bit dan 64 bit di Proyek Bengkel Ubuntu. Anda sudah bisa mengunduh dan menggunakannya dengan alamat resmi:

screenshot-from-2016-10-23-22-40-16

Di antara perubahan besar yang saya lakukan di dalam rilis terbaru distribusi software Proyek Bengkel Ubuntu ini secara ringkasnya sebagai berikut:

  • Saya menambah nama-nama software baru yang saya paketkan dimulai di xenial ini yang di rilis-rilis sebelumnya tidak pernah saya paketkan dengan detail: Kelompok Utilitas (Unity Tweak Tool, CompizConfig Settings Manager, Synapse); Kelompok Pendidikan (KAlgebra, Kig, Kturtle, KAlzium, KBruch, Kiten, KLettres, KAnagram, KStars Marble, GNU GCompris, GNU PSPP, GNU R, TuxType, TuxMath); Kelompok Produktivitas (MyPaint, Krita, Calibre); Kelompok Pemrograman (GNU Emacs, Eric, Netbeans, Eclipse, Glade); Kelompok Multimedia (Amarok, Audacious, VLC, SMPlayer, KMPlayer, Clementine, Handbrake, Banshee).
  • Saya mengurangi nama-nama software dengan tidak memaketkannya lagi di xenial ini oleh sebab mereka adalah proprietary software dengan detail: Eagle.
  • Saya menambahkan halaman baru: Lisensi, Changelog, Ikut Kontribusi.
  • Saya menambahkan kebijakan baru yakni hanya memaketkan free software, tidak memaketkan proprietary software. Saya akan menghapus paket apabila saya temukan ia adalah proprietary software.
  • Saya membubuhkan keterangan-keterangan baru terutama mengenai Source Code dan Lisensi di setiap halaman di situs Proyek Bengkel Ubuntu.
  • Saya berhenti menggunakan Mediafire sebagai repositori dimulai pada xenial amd64, saya gantikan dia dengan GitLab.
  • Selengkapnya saya tera di halaman Changelog http://bengkelubuntu.org/tentang/changelog.

Kontribusi

Kontribusi yang paling dibutuhkan oleh Proyek Bengkel Ubuntu adalah testing setiap paket .alldeb di versi sistem Ubuntu yang bersesuaian. Kontribusi jenis lain masih banyak dan saya telah jelaskan di halaman istimewa Ikut Kontribusi. Tanpa kontribusi Anda, Proyek Bengkel Ubuntu akan lambat atau berhenti berkembang. Mohon pertimbangkan untuk membantu Proyek Bengkel Ubuntu karena proyek ini ditujukan untuk menolong setiap pengguna offline di Indonesia. Anda bisa menghubungi saya melalui email teknoloid@gmail.com.

Kontak Proyek

Saya selaku satu-satunya anggota Proyek Bengkel Ubuntu bisa Anda hubungi melalui email teknoloid@gmail.com. Pertanyaan, saran, kritik, laporan, error, kontribusi, request, donasi, dan segalanya bisa Anda sampaikan.

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih kepada setiap orang yang menolong proyek ini. Terima kasih kepada Nifa Dwi Kurniawan (http://alldeb.net) selaku pencipta Teknologi Alldeb. Terima kasih kepada Adiperdana Hosting (http://adiperdana.com) atas pemberian hosting dan domain BengkelUbuntu.org. Terima kasih untuk setiap orang yang membantu, mendukung, dan menjamin kelangsungan Proyek Bengkel Ubuntu. Semoga semua Anda memperoleh ganjaran pahala yang besar terus menerus hingga hari kiamat. Saya berharap semoga seluruh usaha saya di Proyek Bengkel Ubuntu bermanfaat sebesar mungkin bagi Anda seluruhnya di Indonesia. Semoga Proyek Bengkel Ubuntu bisa terus melayani Anda semuanya sampai kapan pun.

Tentang Proyek Bengkel Ubuntu

Proyek Bengkel Ubuntu adalah proyek pemaketan software untuk menolong pengguna Ubuntu yang offline di Indonesia. Proyek ini mendistribusikan paket-paket software populer untuk Ubuntu seperti Wine, multimedia codec, wvdial, Inkscape, GIMP, bahkan KDE dan GNOME, dan lain-lain; yang tiap-tiap software berbentuk paket tunggal yang bisa diinstal secara offline. Proyek ini memaketkan setiap software dari sumber repositori resmi Ubuntu ke dalam paket berformat .alldeb dengan memanfaatkan Teknologi Alldeb yang ditemukan oleh Nifa Dwi Kurniawan. Proyek Bengkel Ubuntu didirikan oleh Ade Malsasa Akbar dengan bantuan dari Adiperdana Hosting sejak 2014.

Rilis Sebelumnya

Rilis distribusi paket-paket .alldeb 2016 ini adalah lanjutan dari rilis distribusi sebelumnya yaitu:

2 thoughts on “Rilis BengkelUbuntu.org – Alldeb Ubuntu 16.04 32 Bit dan 64 Bit

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s