Pengantar Pemrograman Aplikasi GUI di Linux (Pustaka, Framework, dan IDE)


Bismillahirrahmanirrahim.

Artikel ini tersedia pula dalam PDF.

Apakah Anda ingin membuat aplikasi Linux? Anda ingin membuat aplikasi yang memiliki GUI sebagaimana program yang dibuat dengan Microsoft Visual Basic? Lakukan sekarang juga dengan memilih satu dari beberapa peralatan berikut. Choose one, master it!

Pustaka

1. GTK+

Pustaka ini adalah standar GUI untuk Ubuntu dan distro keluarga Debian lainnya. Pustaka inilah yang digunakan untuk membangun GNOME, Mate, Cinnamon, Nautilus, dan banyak program terkenal di Linux. GTK+ bisa dipakai di semua sistem operasi. Untuk menggunakan GTK, Anda bisa memakai bahasa C/C++ atau Python. Karena sangat banyak aplikasi Linux dibuat dengan GTK+, maka mudah sekali menemukan contoh aplikasi GTK+ yakni dengan membuka kode sumber aplikasi yang dibuat memakai GTK+.

2. Java SWING
Pustaka ini adalah salah satu standar GUI dalam Java. Aplikasi semacam Otodidak dibuat dengannya. Kelebihan Java SWING adalah kelengkapan tutorial resminya yang sempurna beserta besarnya jumlah komunitas programernya. Tutorial SWING berbahasa Indonesia paling banyak jika dibandingkan dengan peralatan lain yang disebutkan dalam posting ini. Jika Anda baru memulai pemrograman GUI, saya sendiri menyarankan untuk memulai dari SWING.

3. Qt Framework

qt-creator-logoQt sebetulnya bukan hanya pustaka, melainkan sudah merupakan framework untuk GUI. Qt itu sangat lengkap dan ia adalah framework yang membangun KDE, Unity, Texmaker, dan lain-lain. Qt memiliki dokumentasi resmi yang sangat lengkap (setara Java) dan komunitas yang sangat besar. Sedikit jumlah tutorial Qt berbahasa Indonesia tetapi jika Bahasa Inggris bukan halangan untuk Anda, maka dokumentasi asli Qt sudah mencukupi bahkan untuk pemula sekalipun. Kelebihan dokumentasi resmi Qt yang lain adalah lebih mudah dipahami dibanding yang lain sehingga pemula pun bisa mengerti dengan cepat. Untuk menggunakan Qt, Anda bisa menggunakan bahasa C++ atau Python.

IDE

1. Gambas

Nama Gambas merujuk kepada IDE sekaligus bahasa pemrogramannya. Gambas disebut sebagai Visual Basic-nya Linux. Jika Anda familiar dengan Microsoft Visual Basic, maka Anda akan mudah menggunakan Gambas.

2. Lazarus

Lazarus biasa disebut Delphi-nya Linux. Ia adalah IDE untuk Pascal. Anda bisa membuat GUI dengan GUI builder di dalamnya.

3. MonoDevelop

MonoDevelop ini IDE untuk membangun aplikasi GUI dengan C# dan .NET Framework. Ia memiliki GUI builder.

Gambar Contoh Aplikasi

Aplikasi GTK+

nautilus

Nautilus

Aplikasi Java SWING

Pemula-1

Otodidak

Aplikasi Qt

dolphin

Dolphin

Aplikasi dengan Gambas

myunity

MyUnity

Aplikasi dengan Lazarus

PeaZip (pengganti WinRAR dan WinZIP)

Aplikasi dengan MonoDevelop

banshee

Banshee Media Player

Gambar IDE

Glade

Netbeans

resized-netbeans

Qt Creator

qtcreator

Gambas

Lazarus

MonoDevelop

Penutup

Tulisan ini hanyalah pengantar. Gambar-gambar di atas sebagian diambil dari Wikipedia atau dari situs aslinya. Semoga benar-benar menjadi pengantar Anda untuk membuat aplikasi Linux. Semoga bermanfaat untuk Anda.

5 thoughts on “Pengantar Pemrograman Aplikasi GUI di Linux (Pustaka, Framework, dan IDE)

  1. Slamet Badwi

    Python sepertinya belum disebut. Di Ubuntu ada program Quickly yang bisa digunakan untuk developing dengan python. Jono Bacon sudah membuat tutorial di youtube dengan judul Creating Your First Ubuntu App.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Jazakallahu khairan, Kang. Tulisan ini memang sengaja dibuat, salah satunya untuk menyemangati para programer senior agar menulis pengantar yang lebih baik dan lebih komplet. Jujur saya sendiri lupa dengan Quickly.

      Balas
  2. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s