Cara Menggunakan apt-web


Bismillahirrahmanirrahim.

Alat dan Bahan

  1. Flash disk
  2. Satu folder kosong
  3. Warnet
  4. DownThemAll! (unduh di sini)

Cara Mengunduh

  1. Buka Mozilla Firefox.
  2. Instal DownThemAll! dengan cara dobel klik pada berkas .xpi yang Anda unduh di atas. Ini adalah installer bagi DownThemAll!. Jika ini tidak berhasil, klik kanan berkas downthemall-2.0.16-fx+sm.xpi pilih Open With … > Firefox. Kemudian Mozilla Firefox terbuka dan klik OK untuk menginstalnya. Jika diminta restart Firefox, maka OK juga. Kini Mozilla Firefox seharusnya sudah memiliki DownThemAll!.
  3. Buka http://apt-web.ntb.linux.or.id.
  4. Pilih versi Ubuntu. Saya contohkan Ubuntu 12.04 Precise Pangolin 32 bit. Ini harus benar.
  5. Pilih server Kambing. Kalau ada pilihan lain, silakan.
  6. Masukkan nama paket. Saya contohkan wine karena saya butuh Wine di Ubuntu. Ini juga harus benar.
  7. Submit.
  8. Muncul link unduh yang berakhiran .deb. Unduh itu semua dengan DownThemAll!. Caranya, sorot semua link yang berakhiran .deb sampai bawah lalu klik kanan > DownThemAll! > Download All Link. Arahkan ke folder kosong tadi dalam flash disk Anda.
  9. Biarkan DownThemAll! mengunduh semuanya sampai beres (biasanya tidak sampai 30 menit) lalu pulanglah. Pesan saya: hematlah biaya internet.

Cara Menginstal

  1. Kopi folder dari flash disk ke dalam /home/user Anda.
  2. Buka Terminal dan lakukan perintah sudo dpkg -i *.deb
  3. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Buka menu Anda dan program Wine sudah bisa digunakan.

Insya Allah tulisan ini akan saya perbarui nanti.

19 thoughts on “Cara Menggunakan apt-web

  1. Ping balik: Daftar Download Manager Pengganti IDM di Linux (Disertai Panduan) | Ade Malsasa Akbar

  2. Ping balik: Pengantar Pemrograman OpenGL GLUT C++ di Linux | Ade Malsasa Akbar

  3. Ping balik: Pentingnya Sebuah Tutorial Bagi Seorang Pemula | Ade Malsasa Akbar

  4. Ping balik: Perbandingan 2 APT-WEB | Pandalon

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Benar, memang seperti itu. Unduh installer, lalu instal di rumah, saya dapat aplikasi yang saya inginkan. Saya kemarin tidak punya internet di rumah. Jadi dengan cara inilah saya instal aplikasi untuk Ubuntu saya. Ya, lewat warnet.

      Balas
  5. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

Dilarang menggunakan emotikon