BengkelUbuntu.Org Resmi Dirilis


Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan ini saya resmi merilis situs http://bengkelubuntu.org. Situs ini didedikasikan untuk pengguna offline. Anda bisa mengunduh paket alldeb dan menginstalnya secara 100% offline di komputer Ubuntu Anda. Tidak ada lagi masalah dependensi karena alldeb sudah berisi dependensi lengkap dan siap instal. Dengan teknologi alldeb, Anda menginstal aplikasi di Ubuntu semudah di Windows. Konsep alldeb adalah single offline installer, yakni satu berkas untuk satu aplikasi layaknya EXE di Windows, APK di Android, atau DMG di Mac OS X. BengkelUbuntu.org menyediakan paket-paket terpopuler semacam Wine, multimedia codec, wvdial, Inkscape, GIMP, dan lain-lain. BengkelUbuntu.org ditujukan sebagai Softpedia kecil untuk pengguna Ubuntu. Semoga situs ini bermanfaat selama-lamanya.

bengkelubuntu.org

1. Asal Mula

Saya adalah pengguna offline sejak sebelum menggunakan Linux. Saya adalah Windows-minded user, yang terbiasa mengunduh paket instaler di warnet dan menyimpannya di rumah untuk diinstal di 1) komputer sendiri 2) komputer orang lain. Saya cukup mengunduh 1 paket untuk 1 aplikasi tanpa pernah kena masalah dependensi. Kemudahan ini adalah nikmat yang tidak terbantahkan bagi pengguna pemula. Tidak tercatat sudah berapa ribu kali saya melakukannya sebagai pengguna. Tidak tercatat betapa banyak orang terbantu dengan kebiasaan macam ini karena ia sangat hemat bandwidth dan keuntungannya jangka panjang. Tidak tercatat berapa banyak situs di internet yang jadi bisa menuliskan kata Download karena sebab metode single offline installer ini. Bisa menyelesaikan masalah instalasi dengan mudah sekali pada komputer kolektif semisal di lab atau lainnya. Bisa di-backup dengan sangat mudah ke CD, flash disk, cloud, dan sebagainya. Sederhana, mudah, memudahkan, dan tepat sasaran. Dan kebiasaan ini adalah hak saya.

Saya terus membawa kebiasaan ini di OS mana pun. Bahkan di Linux, walau saya nyaman saja dengan sistem manajemen paketnya (apt, yum, dan lainnya), saya tetap membawa kebiasaan itu. Maka saya tumbuh menjadi pengguna Linux yang sangat tertarik dengan masalah offline package management system. Saya ingin setiap pemula yang seperti saya mendapatkan kemudahan add/remove program layaknya Windows di Linux. Bahkan jika bisa lebih mudah dari Windows yakni secara Mac OS X DMG, saya juga sangat tertarik. Ini juga hak saya dan akan terus saya geluti sampai kapan pun.

Saat inilah saya bisa mewujudkan hak-hak tersebut untuk para pemula dengan BengkelUbuntu.org. Saya sangat mengharapkan setiap pengguna offline di Indonesia dapat menikmati BengkelUbuntu.org saya ini. Tugas saya adalah mendidik pengguna pemula agar mampu menggunakan sistem manajemen paket dan menyediakan semua fasilitasnya (paket-paket alldeb, server unduhan, dan sebagainya). Semoga Allah menerima amalan saya ini.

2. Isi BengkelUbuntu.org

Klasifikasi saya tentukan sendiri.

bengkelubuntu.org1

bengkelubuntu.org3

 

bengkelubuntu.org4

bengkelubuntu.org5

 

bengkelubuntu.org6

bengkelubuntu.org7

Paket dan klasifikasi bisa jadi saya tambah nantinya.

3. Teknologi Alldeb

Bagaimana mungkin alldeb membuat orang bisa menginstal aplikasi Ubuntu secara Windows? Bisa, dengan menggabungkan kemampuan apt dan dpkg yang terpencar-pencar jadi satu. Inti teknologi alldeb adalah berkas dpkg status (yang masih asli per versi Ubuntu). Berkas dpkg status adalah satu database yang berisi kondisi asli Ubuntu yang masih bersih / belum diinstal apa-apa. Dependensi yang dimiliki oleh satu program, dibandingkan dengan berkas status ini, maka didapatkan selisih. Selisih itulah dependensi asli dari satu program, dan alldeb mengunduhnya kemudian memaketkannya jadi satu berkas .alldeb. Nantinya, pengguna cukup memakai program alldeb_user di komputernya dan membuka .alldeb. Instalasi pun berlangsung tanpa internet sedikit pun dan berhasil tanpa ada campur tangan pengguna masalah dependensinya. Kecanggihan alldeb masih banyak, salah satunya dia akan membatalkan instalasi sebelum dilakukan jika diketahui olehnya ada masalah. Jadi sistem Anda akan lebih selamat dari error walaupun Anda tidak menggunakan cara resmi Ubuntu (apt-get). Orang yang menemukan teknologi ini bernama Nifa Dwi Kurniawan dari Forum Ubuntu Indonesia.

4. Yang Saya Lakukan

Yang saya lakukan dengan BengkelUbuntu.org sederhana saja.

  1. Menyediakan laman-laman unduhan per versi Ubuntu. Saya melakukan klasifikasi berdasarkan standardisasi saya sendiri.
  2. Menaruh di depan, panduan ringkas bagaimana langkah-langkah menggunakan situs BengkelUbuntu.org.
  3. Menyediakan panduan penggunaan alldeb sejelas mungkin.
  4. Menyediakan pranala menuju Nurlahosting (saya yakin bakalan bermanfaat di masa depan) dan meletakkan banner dukungan kepada Libreoffice ODF.
  5. Menyetel situs supaya nyaman dikelola dan diketahui pasti statistik pengunjungnya.
  6. Pada 23 Desember 2014 ketika tulisan ini dibuat, saya baru bisa menyediakan Trusty 32 64 dan Precise 32. Precise 64 belum saya kerjakan.

Rencana saya di masa mendatang adalah menyediakan alldeb juga untuk Blankon. Tentu ini saya rencanakan sebagai POC sekaligus sebagai “provokasi” untuk developer basis RPM supaya turut membuat teknologi alldeb versi RPM. Semoga rencana bisa dieksekusi. Maaf seandainya kelak tidak terealisasi.

5. Ucapan Terima Kasih

Tentu setelah Allah Subhanahu wa ta’ala, saya berterima kasih kepada

  1. Kang Nifa Dwi Kurniawan selaku pembuat alldeb.
  2. Kang Breng Ngose yang sudah meminjamkan laptop yang kompatibel Ubuntu 32 dan 64.
  3. Nurlahosting.net yang sudah memberikan hosting + domain BengkelUbuntu.org secara gratis.
  4. Semua peserta Tim Alldeb yakni Kang Slamet Badwi, Faqih Jakha Juantomo, RawOne, dan lain-lain langsung ataupun tidak.
  5. Semua orang yang punya kepedulian terhadap newbie dan pengguna offline di Indonesia.
  6. #ubuntu-indonesia @ freenode yang warganya selalu mendukung saya melakukan hal macam ini.
  7. Forum Ubuntu Indonesia dan semua komunitas Linux selainnya yang mendukung berdirinya BengkelUbuntu.org.
  8. Ayah dan ibu saya yang memfasilitasi saya dengan laptop dan internet super.
  9. Telkom dengan Speedy Instan@wifi.id yang saya pakai untuk mengunggah data.
  10. Semua orang yang telah memberi saya dukungan dalam wujud apa pun yang tak dapat saya sebut namanya di sini.

6. Penutup

Sebenarnya saya resmi merilis BengkelUbuntu.org sejak Jumat 19 Desember 2014 lalu. Hanya saja saya baru bisa mengumumkan di blog utama hari ini. Adapun BengkelUbuntu.org, yang namanya karya tidak akan luput dari kesalahan. Saya mohon maaf untuk segala macam kesalahan. Saya buka pintu kritik melalui kolom komentar di bawah. Selamat menggunakan Ubuntu.

6 thoughts on “BengkelUbuntu.Org Resmi Dirilis

  1. Ping balik: Rilis BengkelUbuntu.org – Alldeb Ubuntu 16.04 32 Bit dan 64 Bit | Ade Malsasa Akbar

Dilarang menggunakan emotikon

