Apa Itu GNU


Bismillahirrahmanirrahim.

Copyright © 2016 Ade Malsasa Akbar <teknoloid@gmail.com>

Tulisan ini tersedia dalam PDF dan ODT.

Tulisan ini dibuat untuk menjelaskan pengertian sistem operasi GNU dengan singkat dan akurat. Tulisan ini dibuat karena ketidakpuasan terhadap tulisan-tulisan berbahasa Indonesia dalam topik yang sama di internet. Tulisan ini adalah bagian dari seri tulisan Bahaya Paten Software, Antara Penamaan “GNU/Linux” dan “Linux”, Memperkenalkan Free Software, Apa Itu GNU/Linux, Apa Itu Free Software, dan Apa Itu Proprietary Software. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Apa Definisi GNU?

GNU adalah sistem operasi Unix-like yang free yang dikembangkan oleh Proyek GNU. Situs resmi GNU adalah http://www.gnu.org.

Apa Arti Nama GNU?

GNU’s Not Unix. Gaya penamaannya seperti itu mengikuti tren pada masa 1970-an ketika program-program dinamakan dengan huruf besar dan dengan akronim rekursif. Program yang tercatat sejarah pertama kali memakai singkatan rekursif adalah TINT “TINT Is Not TECO”. Singkatan nama GNU mengandung nama Unix untuk memberikan penghargaan kepada Unix karena GNU adalah cloning Unix, tetapi juga mengandung negasi Not untuk mengisyaratkan GNU itu free tidak seperti Unix yang proprietary1.

Nama GNU juga sesuai dengan Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Inggris, gnu berarti hewan kambing wildebeest. Lihat kamus http://www.merriam-webster.com/dictionary/gnu. Oleh karena itu logo sistem operasi GNU adalah kambing (logo dibuat oleh Etienne Suvasa, digantikan oleh Aurelio Heckert).

GNU Bukan Apa?

GNU bukan program tambahan. GNU adalah nama sistem operasi2, sebagaimana UNIX adalah nama sistem operasi juga. GNU adalah nama untuk keseluruhan sistem terintegrasi yang terdiri dari software-software dan komponen yang saling bekerja sama. Integrasi tersebut disengaja dibuat dan diinisiasi oleh Proyek GNU dengan produknya sistem operasi GNU. GNU bukan kumpulan dari program-program, juga bukan program tambahan, GNU adalah sistem operasi.

GNU bukan proyek satuan. GNU adalah proyek pembuatan sistem operasi UNIX-like yang free secara keseluruhan. Tujuan didirikannya GNU adalah membuat ulang (cloning) sistem operasi UNIX secara totalitas bukan hanya satu software saja. GNU bukan proyek untuk mengerjakan hanya C library saja (walaupun mereka melakukannya), juga bukan proyek untuk mengerjakan hanya text editor saja (walaupun mereka juga melakukannya), tetapi GNU adalah proyek yang mengerjakan keseluruhan sistem operasi.

GNU tidak seperti proyek pada umumnya. Pada era GNU dibuat, banyak proyek free software dikerjakan fokus tertentu untuk satu fungsi tertentu. Artinya, ada proyek seperti TeX oleh Donald Knuth yang mengerjakan satu text formatter. Ada proyek seperti X.Org oleh Bob Scheifler yang fokus mengerjakan windowing system untuk UNIX. Ada proyek kernel Unix-like bernama Linux oleh Linus Torvalds berfokus pada pengembangan kernel. Tetapi Proyek GNU bukan proyek yang mengerjakan satu software spesifik. Proyek GNU mengerjakan keseluruhan sistem operasi Unix-like yang lengkap yang bernama GNU3.

Siapa Pembuat GNU?

Developer utama GNU adalah Richard Matthew Stallman selaku pendiri Proyek GNU dan pendiri Free Software Foundation. Free Software Foundation (http://www.fsf.org) adalah organisasi yang berdiri pada 1985 yang menyokong Proyek GNU secara finansial, sosial, dan lain-lain. Adapun daftar lengkap para developer GNU beserta karyanya (software, library, dll.) bisa diakses di http://www.gnu.org/people/people.en.html.

Kapan GNU Dibuat?

Proyek GNU diumumkan pertama kali pada 27 September 1983 oleh Richard Matthew Stallman. Pengumuman pertama GNU tersebut bisa dibaca di http://www.gnu.org/gnu/initial-announcement.en.html.

Mengapa GNU Dibuat?

Karena developer GNU ingin mengembalikan era keemasan software, era ketika belum ada proprietary software, untuk menghapus proprietary software. GNU diharapkan menjadi basis sistem operasi bagi seluruh free software yang akan datang. Selengkapnya baca pengumuman pertama GNU http://www.gnu.org/gnu/initial-announcement.en.html.

Apa Komponen GNU?

Di antara sebagian komponen sistem operasi GNU adalah:

  • GNU C Library: pustaka dasar sistem operasi.
  • GNU Hurd: kernel sistem operasi GNU yang dibangun di atas microkernel GNU Mach.
  • GNU Assembler (gas): program assembler.
  • GNU Compiler Collection (gcc): kumpulan kompiler-kompiler untuk segala macam bahasa pemrograman. Termasuk di dalamnya kompiler C dan C++4.
  • GNU debugger (gdb): program debugger.
  • GNU bash: Bourne-Again Shell, program command interpreter di sistem operasi GNU.
  • GNU Emacs: program text editor.
  • GNU Image Manipulation Program (GIMP): image editor, fungsionalitasnya seperti program proprietari Adobe Photoshop5.
  • GNU Network Object Model Environment (GNOME): desktop environment, antarmuka pengguna yang dibuat oleh Proyek GNU bersama komunitas6.

Alasan dibuatnya komponen-komponen seperti di atas adalah kenyataan sejarah pada tahun 1970-an bahwa setiap sistem operasi pada saat itu mengandung command interpreter, assembler, compiler, interpreter, debugger, text editor, mail program, dan sebagainya. Sistem operasi pendahulu GNU seperti ITS, Multics, VMS, dan Unix, memiliki komponen-komponen tersebut. Artinya komponen-komponen tersebut adalah standar sebuah sistem operasi. GNU diniatkan dibuat untuk menggantikan UNIX, sehingga GNU memiliki pula komponen-komponen tersebut7. Daftar lengkap seluruh software GNU bisa diakses di http://directory.fsf.org/wiki/GNU.

Di Mana GNU Dikembangkan?

Salah satu pusat pengembangan GNU terletak di http://savannah.gnu.org. Situs Savannah sama halnya dengan layanan hosting proyek Canonical Launchpad atau GitHub atau Sourceforge, hanya saja Savannah dikhususkan hanya untuk free software. Sekitar 400 lebih program resmi sistem operasi GNU dikembangkan terpusat di Savannah. Contoh program GNU di Savannah adalah GNU Emacs http://savannah.gnu.org/projects/emacs.

Bagaimana Mengatasi Kesulitan Memahami GNU?

Terdapat banyak hambatan bagi masyarakat untuk mengenal atau memahami GNU. Namun masalah paling umum yang jarang diketahui adalah permasalahan sejarah GNU itu sendiri. Contoh masalahnya di masyarakat adalah kebingungan membedakan antara GNU, GNU/Linux, dan Linux. Adapun secara teknis, kurang lebih GNU sama dengan UNIX, karena itu memahami teknis GNU juga kurang lebih sama dengan UNIX. Jalan paling mudah untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan kembali merujuk ke Proyek GNU seperti situs http://www.gnu.org dan situs FSF http://www.fsf.org.

Pertanyaan & Jawaban

Saya bingung dengan hakikat GNU. Seperti apa GNU?

  • Kurang lebih, GNU sama dengan ReactOS (https://www.reactos.org). Hanya saja, Proyek GNU meng-clone UNIX sedangkan Proyek ReactOS meng-clone Windows. Hasil jadinya adalah GNU yang menggantikan sistem operasi UNIX, sedangkan ReactOS (diharapkan) menggantikan sistem operasi Windows. Program-program yang bisa berjalan di UNIX bisa berjalan di GNU dan sebaliknya. Program-program yang bisa berjalan di Windows (diharapkan) bisa berjalan di ReactOS dan sebaliknya. Masing-masing GNU dan ReactOS adalah sistem operasi sendiri-sendiri.

Saya tidak mengenal ReactOS dan masih bingung. Bagaimana memahaminya?

  • Bayangkan Microsoft Windows. Bayangkan Anda membuat sistem operasi baru yang bisa menjalankan seluruh driver, software, library, dan komponen Windows dengan sempurna. Maka Anda tidak perlu lagi memiliki Windows untuk menjalankan semua itu. Itulah sistem operasi clone (cloning). Bayangkan jika sistem operasi tersebut free (free software), Anda bebas menggunakan atau mendistribusikannya. ReactOS adalah cloning Windows, sedangkan GNU adalah cloning UNIX. Keduanya adalah free software89.

Saya tidak bisa membedakan GNU dengan Linux. Apa bedanya?

  • GNU sistem operasinya, Linux kernelnya. Komposisi dari GNU dan Linux adalah GNU/Linux.

Apa contoh GNU/Linux?

Apa hubungan GNU dengan free software?

  • Sistem operasi GNU adalah implementasi teknis dari konsep free software sekaligus contoh sistem operasi yang dibangun 100% sebagai free software.

Di antara lima besar sistem operasi, GNU paling mirip yang mana?

  • Di antara deret yang lima (UNIX, BSD, GNU, Windows, Mac) GNU paling mirip UNIX. Karena GNU adalah cloning UNIX.

Di antara lima besar proyek sistem operasi, Proyek GNU paling mirip yang mana?

  • Di antara deret yang lima, Proyek GNU sebagai proyek sangat mirip Proyek BSD. Bedanya, sistem BSD pernah satu tubuh dengan UNIX (mengandung source code UNIX)10 sedangkan sistem GNU 100% tidak pernah mengandung source code UNIX. Proyek BSD mengembangkan keseluruhan sistem operasi secara totalitas (tidak hanya satu bagian spesifik), sebagaimana Proyek GNU juga demikian.

Mengapa Proyek GNU tidak meng-cloning Windows saja?

  • Karena UNIX lebih superior secara teknis. UNIX sudah ada sejak 196911. Pada masa itu UNIX sudah merupakan sistem operasi yang hebat (portabel, multitasking, multiuser, powerful, dan sebagainya). Pada tahun 1983 saat Proyek GNU diumumkan, sistem operasi Microsoft Windows belum ada. Microsoft Windows 1.0 muncul 198512. Lebih jauh, dari deret yang lima (UNIX, BSD, GNU, Windows, Mac) semua sistem operasi adalah keluarga UNIX kecuali Windows.

Jika GNU adalah cloning UNIX, dengan sistem operasi apa GNU dibuat pada awalnya?

  • GNU dikerjakan awalnya juga di atas UNIX13. Kendati UNIX adalah proprietary, hal ini adalah salah satu pengecualian bagi komunitas free software, karena dengan hal ini telah dicapai tujuan menggantikan UNIX secara keseluruhan14. Hal ini bisa dilakukan karena yang membuat GNU adalah para pakar komputer (biasa disebut hacker).

Referensi

Catatan Perubahan

  • 7 April 2016: tulisan ini dibuat.
  • 8 April 2016: tulisan dilanjutkan. Penambahan citations (sitasi) dilakukan.
  • 8 April 2016: bagian Lisensi Tulisan ditambahkan.

Lisensi Tulisan

Tulisan ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported (CC BY-SA 3.0) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/.

________

1 http://www.gnu.org/gnu/gnu-linux-faq.html#unix “… No code in GNU comes from Unix, but GNU is a Unix-compatible system; therefore, many of the ideas and specifications of GNU do come from Unix. The name “GNU”, which stands for “GNU’s Not Unix”, is a humorous way of giving credit to Unix for this, following a hacker tradition of recursive acronyms that started in the 70s …” diakses pada 7 April 2016.

2 http://www.gnu.org/software/software.html “… GNU is an operating system which is 100% free software …” diakses pada 7 April 2016.

3 http://www.gnu.org/gnu/linux-and-gnu.en.html “… The GNU Project was not, is not, a project to develop specific software packages. It was not a project to develop a C compiler, although we did that. It was not a project to develop a text editor, although we developed one. The GNU Project set out to develop a complete free Unix-like system: GNU…” diakses pada 5 Februari 2016.

4 http://www.gnu.org/software/gcc/ “GCC, the GNU Compiler Collection” diakses pada 7 April 2016.

5 http://www.gnu.org/education/edu-software-gimp.en.html “GIMP” diakses pada 7 April 2016.

6 http://www.gnu.org/press/gnome-1.0.html “GNOME 1.0” diakses pada 7 April 2016.

7 http://www.gnu.org/gnu/thegnuproject.en.html “… In the 1970s, every operating system worthy of the name included command processors, assemblers, compilers, interpreters, debuggers, text editors, mailers, and much more. ITS had them, Multics had them, VMS had them, and Unix had them. The GNU operating system would include them too …” diakses pada 9 Februari 2016.

8 https://en.wikipedia.org/wiki/ReactOS “ReactOS” diakses pada 8 April 2016.

9 https://www.reactos.org/wiki/ReactOS “… ReactOS is free and open source software, the source code of the whole system is available for free. Most parts are licensed under GNU General Public License, some modules have other licenses like BSD …“ diakses pada 8 April 2016.

11 https://en.wikipedia.org/wiki/Unix “Unix” diakses pada 9 Februari 2016.

12 https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Microsoft_Windows “… Microsoft Windows, version 1.0, released on November 20, 1985 …” diakses pada 9 Februari 2016.

13 http://www.gnu.org/gnu/thegnuproject.en.html “… These were very useful, because the easiest way to develop components of GNU was to do it on a Unix system, and replace the components of that system one by one …” diakses pada 9 Februari 2016.

14 http://www.gnu.org/gnu/thegnuproject.en.html “… Today we no longer have any copies of Unix, because we have replaced them with free operating systems …” diakses pada 9 Februari 2016.

3 thoughts on “Apa Itu GNU

  1. Ping balik: Bagaimana Komunitas Free Software Bekerja | Ade Malsasa Akbar

  2. Ping balik: Mengenal GNU Lebih Dekat | RESTAVA

  3. Ping balik: Dimulainya Proyek Buku Kolaborasi Berbahasa Indonesia Melalui Telegram | Ade Malsasa Akbar

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s