Qt Creator – Tip dan Trik Efisien Memrogram C++ dalam IDE


Bismillahirrahmanirrahim.

ngite-kedua15

Qt Creator di kampung halamannya, KDE

Tulisan ini hanyalah catatan penggunaan Qt Creator, sebuah IDE untuk C++. Isinya hanya tip dan trik cepat memrogram berikut bagaimana menggunakan fitur Qt Creator untuk menunjang efisiensi pemrograman kita. Tulisan ini hanya dikhususkan kepada para pemula bukan untuk ahli pemrograman. Oh iya, tulisan ini pun lepas dari tutorial saya sebelumnya soal memrogram Qt baik secara drag and drop maupun hard coding. Ini hanya catatan kecil.

SATU :: Tooltip Pembantu Passing Parameter

Ini sangat-sangat berguna untuk saya mempelajari bagaimana memasukkan suatu passing parameter yang benar untuk suatu kelas. Mengapa? Karena tiap kelas memiliki passing parameter yang beda, dan tiap kelas bisa punya lebih dari satu bentuk umum passing parameter. Nah, Qt Creator di sini otomatis memberikan panduan lengkap bentuk umum dalam suatu kelas Qt yang dinomori. Saya sangat diuntungkan dengan adanya fitur ini karena dengannya saya bisa belajar pemrograman Qt (baca: mengisikan passing parameter dengan benar) dengan cepat sekali tanpa pengajar. Cukup ikuti saja pola saran yang tertulis di tooltip warna hitam ini dan semua beres. Kalau misalnya error, cukup buka dokumentasinya.

ngite-kedua17

ngite-kedua19

Dua skrinsot di atas menunjukkan tooltip untuk method setMinimumSize. Ada dua jenis passing parameter, satunya bentuk angka x angka, satunya bentuk objek. Anda bisa gunakan tombol panah atas/bawah untuk melihat bentuk umum lainnya dari tooltip ini, atau klik saja tombol panah yang ada. Di mana kursor Anda berada, di situ juga parameter akan ditebalkan warna putih kalau seandainya dalam satu passing parameter ada sekian parameter yang bisa dimasukkan seperti gambar pertama. Sangat berguna.

DUA :: Error Messages

Error messages bagaimanapun, membingungkan. Namun jika kita tahu kunci-kunci error messages, maka itu justru jadi senjata kita untuk membenahi program. Kita jadi tahu di mana letak kesalahan program. Qt Creator memberikan error messages yang mudah dipahami setiap ada kesalahan.

TIGA :: Class Highlighting

Jika Anda memblok suatu nama kelas, maka seluruh nama kelas dalam satu berkas akan ikut disorot. Ini berguna sekali untuk melihat di mana saja saya memakai kelas QPushButton, di mana saja saya memakai kelas QFrame, dan seterusnya. Ini memangkas waktu kita untuk mencari. Bagusnya, tidak hanya untuk kelas. Objek dan method pun juga diperlakukan demikian. Jadi semakin mudah membaca kode kita.

ngite-kedua20

EMPAT :: Kursor dan Dokumentasi Otomatis

Letakkan kursor pada satu nama kelas Qt dalam kode Anda, tunggu 1 detik, lalu tekan F1. Langsung terbuka di samping kode, subjendela dokumentasi Qt langsung pada halaman kelas yang kita tunjuk. Ajaib, bukan? Ini sangat membantu saya dalam mengerjakan program kemarin dalam keadaan saya tidak tahu sama sekali bagaimana cara memakai sebuah kelas (baca: saya tidak tahu passing parameter-nya apa saja). Dan ini sangat menghemat bandwidth saya karena tidak usah googling lagi. Klik saja tombol Go to Help Mode untuk membuka dokumentasi selayar penuh.

ngite-kedua21

LIMA :: Tanda Baca Otomatis

Ketik nama sebuah method yang disandarkan pada sebuah objek, otomatis Qt Creator akan membentuk () (tanda kurung) untuk kita. Ini berguna sekali karena tombol kurung tutup saya rusak sehingga saya tidak perlu membeli kibor baru. Juga, kalau Anda sudah menulis satu fungsi besar, dengan satu kurung kurawal, lalu enter, maka otomatis Qt Creator akan membuatkan kurung kurawal tutupnya dan memberi indentasi kursor kita ke dalam secara otomatis. Memang fitur ini ada di semua IDE modern tetapi kalau Qt Creator juga memilikinya, saya pun diuntungkan.

ENAM :: Nama Kelas dan Nama Method Otomatis

Mungkin inilah fitur yang paling banyak saya pakai di QtCreator. Cukup ketik beberapa huruf dari nama kelas yang ingin dipakai, Qt Creator sudah memberikan saran pas di bawah kursor yang bisa kita pilih dengan tombol panah. Juga berlaku untuk method. Nah, yang method ini sangat membantu saya karena (kata orang: buset) banyak sekali method di Qt walau untuk satu kelas saja. Sehingga waktu saya jadi hemat kala saya cukup ketik add lalu muncul pilihan dan cukup Enter untuk mendapatkan addWidget dari ratusan pilihan method yang ada. Saya jadi tidak perlu menghafal satu per satu method dalam Qt. Sudah hemat waktu, hemat daya otak pula. Dan ini sangat memudahkan belajar saya. Sebelumnya saya belajar C dan Java, tidak sampai semudah ini.

ngite-kedua22

Penutup

Sedikit dari yang paling sedikit. Mungkin kalau ada trik-trik baru, saya akan perbarui posting ini. Semoga ini bermanfaat buat kaum muslimin semuanya. Selamat menempuh Ramadhan penuh berkah.

5 thoughts on “Qt Creator – Tip dan Trik Efisien Memrogram C++ dalam IDE

Dilarang menggunakan emotikon

