Qt Creator – Mengasosiasikan Shortcut Key dengan Menu


Bismillahirrahmanirrahim.

qt-creator-logoSalah satu hal paling sering saya lakukan dengan Qt Creator adalah membuka gitk. Saya perlu belajar VCS (dalam hal ini, Git) dan karena itu gitk sangat penting. Dengannya, saya bisa melihat secara visual garis pengembangan program yang saya buat. Namun cukup repot untuk membuka gitk terus menerus, karena saya harus membuka menu Tools > Launch gitk setiap kali perlu. Tentu lebih mudah kalau saya asosiasikan saja menu tersebut dengan shortcut key. Berikut ini langkah-langkahnya dimulai dari menu Tools > Options. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Pengaturan

Menu_034 Options_032

Langkah-Langkah

Perhatikan gambar di atas, terutama nomor-nomor urutnya yang berwarna merah.

1. Buka entri pertama yaitu Environment.
2. Buka tab Keyboard.
3. Cari nama menu yang ingin diasosiasikan, dalam contoh ini gitk.
4. Tekan shortcut key yang diinginkan, dalam contoh ini Alt+G Alt+I.
5. Pastikan kolom Shortcut di atas berisi shortcut yang sudah diasosiasikan. Tekan OK.

Tentang Tulisan Ini

Tulisan ini adalah bagian dari seri tulisan Qt Creator sebagai IDE. Tulisan ini tidak ditutup kemungkinannya untuk direvisi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Dilarang menggunakan emotikon

