Bug Berbahaya Instaler Ubuntu


Bismillahirrahmanirrahim

https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/ubiquity/+bug/1265192

bug-ubiquity-ubuntu-launchpad

It removed all the partitions. Bahaya.

bug-ubiquity-ubuntu-berbahaya

Itu bug! Pilihlah selalu Something Else!

Hati-hati, jangan pilih “Erase and Reinstall” ketika mau instal ulang Ubuntu 14.04 (atau versi lain). Pilih Something Else, bikin partisi sendiri. Hati-hati, backup semua data. Sekali lagi, backup semua data. Malam ini ada seorang teman (Kang Arfani Hidayat) yang sudah mengalami kehilangan semua data di semua OS di HDD 500 GB karena bug ini.

 

36 thoughts on “Bug Berbahaya Instaler Ubuntu

  1. suciptoblog

    Sepertinya ini bug lama sekali, sejak ubuntu versi versi lama sudah membuat banyak user terutama pengguna baru. Banyak yang datanya terhapus satu hardisk full karena kesalahan memilih pada step tersebut (erase all, dsb)

    Balas
  2. Priagusta Agrinegara

    Alhamdulillah, sejak di bangku kuliah selalu ditekankan untuk membuat partisi dulu sebelum instal sistem operasi baik windows maupun linux.

    Balas
  3. Baginda Bonar Siregar

    saya berandai-andai, mungkin ini yang membuat linux dan variannya kurang diminati oleh user lain, yaitu bug yang dibiarkan selama bertahun-tahun, seperti pada Libreoffice yang untungnya sudah diperbaiki di versi 4.3 terbaru.

    Balas
  4. netarsl

    sebenarnya saya sedikit bingung, karena setau saya pilihan “Erase” tentu saja akan menghapus semua data maupun software yang ada di harddisk kita (bukan bug).
    tapi kemudian saya merasa bahwa mungkin yang dimaksud sebagai ‘bug’ di sini adalah tersedianya pilihan tersebut di daftar pilihan, yang dengan mudah dapat menyebabkan user (terutama yang masih baru) salah pilih.
    benar begitu?

    Balas
      1. netarsl

        sepertinya di link itu pun ada beberapa yang bingung apakah ini memang bug atau bukan, misalnya comment #30 :)
        tapi setelah saya baca lagi, ya, saya setuju bahwa memang ada masalah di penjelasannya. sangat perlu diperjelas dari awal apakah opsi ini aslinya ditujukan untuk menghapus hanya 1 OS, atau keseluruhan harddisk. itu perbedaan yang fatal.

  5. Arry Ramadhan Prakarsa Prima

    Eum… Saya sepertinya setuju Ama Akang Netarsl… Sepertinya itu bukan Bug dech.. Karena sudah jelas Keterangannya “Erase”. Mungkin bisa bantu saya kenapa itu disebut Bug…

    Balas
  6. Ping balik: Anda Tidak Akan Bisa Menggunakan Linux | RESTAVA

  7. Muhammad Muhajir

    Mau nanya.. saya pakai laptop “hp 1000 notebook PC” Osnya Windows 7. Trus Saya mau coba Ubuntu 13.10. Tapi kok di partisinya free space semua ya?

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wah, itu mungkin karena si Windows menutupi partisi sehingga Ubuntu tidak bisa membacanya. Bisa juga itu karena UEFI di laptop. Bisa juga itu karena masalah lain.

      Saran saya, akang bikin 1 partisi kosong dulu dari Windows. Ntar ketika CD Ubuntu dijalankan, dia bisa lihat partisi baru tersebut.

      Yang paling penting, backup semua data. Saya ulangi, backup.

      Balas
  8. Ping balik: Kembalikan Data dari Hardisk yang Sudah Diformat Menggunakan Testdisk | LombokFOSS

  9. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

Dilarang menggunakan emotikon

