Memutar MP3 Audio Ta’lim dan Online Streaming di Linux


Bismillahirrahmanirrahim.

resized_resized_logo-musik-haramTulisan ini memperkenalkan Anda kepada pemutar audio yang bagus di Linux untuk memutar audio maupun online live streaming. Tulisan ini bertujuan meyakinkan Anda bahwa Linux mampu menggantikan Windows untuk sekadar memutar audio sebagaimana Winamp atau AIMP2, maupun online streaming untuk daurah masyayikh nasional dan daurah asatidzah dengan aplikasi Android Player atau lainnya. Tulisan ini juga ditujukan untuk menjadi daftar aplikasi pengganti Winamp di Linux. Jika dikatakan online streaming, maka itu artinya Anda bisa memutar PLS (berkas playlist milik Winamp) di player yang disebutkan dalam tulisan ini. Walaupun bukan Winamp, tetapi mereka mampu memutar berkas milik Winamp. Tulisan ini juga memperkenalkan beberapa fitur canggih yang tidak akan Anda dapatkan di player-player selain di Linux semisal audio bookmark yang akan membantu Anda belajar. Tulisan ini sama sekali tidak ditujukan supaya Anda memutar musik dengan Linux. Seluruh player yang disebut dalam tulisan ini mampu memutar audio berjenis MP3, OGG, dan WAV. Semoga tulisan ini menjadi sebab kami memperoleh pahala yang banyak dan sebagai wasilah Anda mampu mempelajari Islam dengan sistem operasi yang halal. Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Selayang Pandang

Sebelum saya bicara mengenai player, ada baiknya saya perkenalkan dulu sedikit sistem pemutaran online stream dan audio agar kita tidak terkungkung dengan 1 player saja (Winamp).

A. Mengenai Online Streaming

Seluruh layanan online streaming untuk ta’lim kita di Indonesia hanya terdiri dari dua macam sumber. Pertama, sumber alamat soket (URL diikuti nomor port) semacam http://alamat.com:8181. Kedua, sumber alamat dengan berkas playlist dari aplikasi pemutar audio. Yang paling sering kita temukan adalah berkas PLS milik Winamp semacam http://alamat.com/playlist.pls. Kedua sumber ini sebenarnya sama saja. Asalkan Anda memperolehnya, maka Anda bisa memutarnya di semua player yang mendukung streaming dan format Winamp. Oleh karena itu, Anda bisa memutar streaming di Linux insya Allah tanpa kesulitan. Berikut ini gambar skrinsot dari http://almuwahhidiin.com maupun http://ahlussunnahslipi.com/cara-dengar/.

streaming-almuwahhidiin   streaming-ahlussunnahslipi

Cari saja keterangan seperti gambar di atas pada situs ta’lim Anda. Di mana saja ada URL streaming atau PLS streaming, maka Anda bisa memutar streaming-nya dengan semua aplikasi yang dibahas di sini. Berhati-hatilah terhadap situs-situs hizbiyyunAlhamdulillahi rabbil ‘alamin.

B. Mengenai Pemutaran Audio

Sebagaimana umumnya, player di Linux juga mampu memutar audio. Mereka semua memiliki kemampuan mengelola playlist dan queue. Bahkan Audacious mampu mengorganisirnya dalam tab-tab yang diberi judul masing-masing. Impor audio bisa dilakukan dengan mudah, atau dengan sedikit usaha membiasakan diri. Sebagai bonus, Amarok dan Banshee punya fitur audio bookmark untuk membantu Anda belajar.

Aplikasi-Aplikasi Pemutar Audio

1. Banshee

Banshee adalah aplikasi pemutar multimedia bawaan Ubuntu. Banshee mampu memutar audio maupun online streaming. Banshee memiliki fitur playlist, queue, file manageraudio bookmark, track details (ID2 dan ID3) editor, shuffle dan repeat, equalizer, shortcut key, dan terintegrasi dengan panel Ubuntu (juga KDE lewat pengaturan). Anda juga bisa memakainya di desktop selain Unity.

resized_banshee1 

banshee5

1.1 Online Streaming

Untuk mendengarkan online streaming di Banshee, Anda bisa klik aitem Radio (kolom kiri) > Add Station > masukkan alamat streaming semisal http://almuwahhidiin.onlivestreaming.net:8181 ke dalam isian Stream URL > isikan keterangan lainnya juga > OK. Hasilnya, Banshee akan langsung melakukan streaming ke server yang dituju. Anda bisa menggunakan ini untuk ta’lim online maupun daurah masyayikh nasional. Lihat skrinsot berikut.

banshee3

banshee2

2. Rhythmbox

Rhythmbox, sebagaimana Banshee, juga aplikasi pemutar multimedia bawaan Ubuntu. Rhythmbox mampu memutar audio di komputer maupun online streaming. Rhythmbox punya kemampuan playlist, shuffle dan repeat, shortcut key di keyboard (Fn+XXX), track details (ID2 dan ID3) editor, dan ia terintegrasi dengan panel Ubuntu. Sayangnya, Rhytmbox belum memiliki fitur audio bookmark sampai hari ini. Anda bisa memakainya di desktop selain Unity. Dan Rhythmbox belum terintegrasi (secara tray icon) dengan KDE yang saya gunakan.

resized_rhythmbox 

2.1 Online Streaming

Untuk melakukan online streaming di Rhythmbox, Anda cukup buka menu Music > New Internet Radio Station > masukkan alamat streaming semisal http://almuwahhidiin.onlivestreaming.net:8181 > OK. Klik dua kali entrinya jika tidak otomatis diputar. Anda bisa melakukan ini untuk ta’lim online atau daurah masyayikh nasional.

resized_rhythmbox3

3. Amarok

Amarok adalah pemutar audio asli KDE (K Desktop Environment). KDE sendiri bisa diinstal kemudian pada Ubuntu atau bisa diperoleh secara bawaan pada distro Kubuntu, openSUSE, Mageia, dan lain-lain. Amarok mampu memutar audio di komputer maupun online streaming. Amarok memiliki fitur playlistsorting, shuffle dan repeat, file manager, audio bookmark, search tool, equalizer, track details (ID2 dan ID3) editortray icon (KDE maupun Unity), serta OSD lengkap ketika audio berganti.

amarok

3.1 Audio Bookmark

Beginilah audio bookmark ala Amarok. Anda bisa mencatat hal penting apa yang terjadi pada menit sekian detik sekian. Cara menambahkan audio bookmark adalah klik pada tombol bendera hijau di bagian tengah Amarok. Setiap menambahkan bookmark, Anda akan memperoleh tanda biru pada progress bar audio yang bersangkutan tepat pada posisi detik Anda membuatnya. Jika Anda hover kursor di atasnya, Anda bisa menuliskan catatan. Bookmark ini tidak akan hilang kecuali Anda hapus berkas audionya. Anda bisa membuat audio bookmark tanpa batas jumlah untuk suatu audio. Ini akan membantu belajar. Lihat gambar berikut.

resized_amarok4

3.2 Online Streaming

Anda bisa memasukkan alamat streaming semisal http://live.bismillah.us:8333 (radio online milik Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Surabaya) ke dalam Amarok untuk diputar. Caranya dengan mengambil menu Playlist > Add Stream > paste ke dalam kotaknya > OK. Sesaat kemudian Amarok akan memutarkan stream tersebut. Tentu server kajian harus aktif dan Amarok terhubung ke internet. Cara yang sama juga berlaku untuk daurah masyayikh nasional. Anda cukup mencari stream URL saja.

amarok1

Berikut ini skrinsot Amarok sedang memutar stream Al Ustadz Agus Sua’idy dari http://bismillah.us. Baris berwarna biru pada sebelah kanan itu adalah penanda track yang sedang diputar.

amarok3

4. Audacious

Audacious adalah pemutar audio legendaris di Linux. Audacious mampu memutar audio maupun online streaming. Audacious memiliki fitur playlistmultiple tabequalizer, Winamp skin (lihat gambar di bawah), shortcut keyshuffle dan repeat, track (ID2 dan ID3) details editor, tray icon (bekerja baik di Unity maupun KDE), dan search tool. Sayangnya, Audacious belum memiliki audio bookmark. Namun Audacious mungkin adalah yang paling cocok untuk Anda karena ia memiliki Winamp skin. Tampilannya bisa diatur sama persis dengan Winamp.

resized_audacious

audacious2

4.1 Online Streaming

Anda bisa melakukan online streaming dengan menu File > Add URL > masukkan URL streaming > OK. Klik 2 kali pada entrinya lalu Audacious akan segera memutarnya. Anda bisa melakukan ini untuk ta’lim online ataupun daurah masyayikh nasional.

resized_audacious5

audacious3

Akhirul Kalam

Walau mungkin tulisan ini adalah yang pertama dalam masalah pemutaran audio kajian di Linux, tetapi tulisan ini tidak sempurna. Bahkan XMMS yang lebih legendaris dari Audacious belum dibahas. Dan lagi, asal muasal semua audio player diciptakan untuk musik. Sehingga dimaklumi kalau terdapat banyak fitur yang tidak ada hubungannya dengan ta’lim. Saya berharap saudara-saudara dapat melanjutkan menulis tulisan yang global seperti ini atau spesifik pada salah satu player untuk ta’lim. Pesan saya, jangan sia-siakan waktu Anda dengan mengumpul dan mendengarkan musik. Apalagi jika Anda juga anak muda. Sayangi waktu Anda. Timbalah ilmu agama. Setidaknya dengan audio-audio kajian yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Semoga tulisan ini bermanfaat. Barakallahu fiykum.

9 thoughts on “Memutar MP3 Audio Ta’lim dan Online Streaming di Linux

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Kang Ainando, akang bisa menggunakan Recorder bawaan Ubuntu untuk melakukannya. Saya belum pernah memfungsikan satu pun player untuk melakukannya. Hanya saja, Banshee dan Rhythmbox (melalui plugin) bisa merekan stream dari online radio.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Masya Allah. Chrunchbang asalnya dari keluarga Debian, masih bisa direkomendasikan asalkan 1) sesuai 100% dengan hardware antum 2) antum bisa instal aplikasi yang antum perlu semuanya.

      Kaidah dasar pilih sistem operasi itu 1) hardware harus cocok seutuhnya 2) software harus lengkap. Diutamakan yang nomor 1. Karena percuma saja antum pilih OS tampilan bagus tapi driver hancur semua. Kagak bakalan kerja.

      Antum kalau butuh respon cepat, silakan pakai IRC #ubuntu-indonesia @ freenode atau chat via G+ Ade Malsasa Akbar atau SMS boleh juga ke 0878 5273 8641. Silakan pakai kanal mana saja.

      Balas

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s