Pengantar Pemrograman AVR – Kate Sebagai Pengganti Codevision di Linux


Bismillahirrahmanirrahim.

Tulisan ini tersedia dalam PDF

pemrograman qtKita melakukan compilebuild, atau burn di Codevision AVR di Windows cukup dengan satu klik. Namun seringkali kita tidak mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi ketika klik itu dilakukan. Ternyata, hal itu dilakukan dengan konfigurasi antara tombol atau shortcut key dengan perintah. Tulisan ini menjelaskan cara untuk mengonfigurasi build options  dari Kate Text Editor supaya dapat melakukan pemrograman AVR di Linux. Dengan menerapkan tutorial ini, Anda dapat mengonfigurasi pula Gedit, Geany, Codeblocks, atau editor lain supaya menjadi “Codevision AVR” Anda di Linux. Semoga tulisan ini bermanfaat.

atmega-avrdude-ubuntu14

Selayang Pandang

Diharapkan Anda akan memperoleh yang seperti ini setelah mempraktikkan tutorial ini.

  1. Ctrl+B : kompilasi dan build program .c menjadi .hex.
  2. Pembakaran .hex ke Atmega dilakukan dari jendela Kate tanpa membuka Terminal terpisah.

Sama persis atau minimal mendekati workflow di Codevision AVR.

Langkah-Langkah Konfigurasi

  1. Aktifkan Build Plugin pada Settings > Configure Kate… > Plugins > Build Plugin.
  2. Akan muncul satu tombol Build Output di bagian bawah Kate. Klik.
  3. Isikan kode berikut ke dalam kotak isian Quick compile (penjelasan kode di bawah): avr-gcc -mmcu=atmega128 -Os “%n”.c -o “%n”.o && avr-objcopy -j .text -j .data -O ihex “%n”.o “%n”.hex  pengantar-avr-linux-ii
  4. Asosiasikan aksi Quick compile dengan Ctrl+B pada Settings > Configure Shortcuts > klik pada kolom setelah Quick Compile. Jika terdapat konflik dengan suatu shortcut lain, paksa saja dengan OK/reassign.
  5. Sekarang cobalah kompilasikan kode program AVR Atmega yang telah Anda buat menjadi .hex dengan menekan Ctrl+B setelah menyimpan ketikannya. Jika semua konfigurasi benar, maka Kate akan menampilkan pesan bahwa Build completed without problems. Jika belum punya kode sumber C, silakan unduh pada akhir tulisan ini. pengantar-avr-linux-ii1
  6. Sekarang, untuk membuat Kate bisa membakar .hex, asosiasikan fokus. Ini gunanya untuk memindahkan fokus kerja Anda sekarang dari teks ke Terminal bawaan Kate dan sebaliknya. Buka Settings > Configure Shortcuts > cari Focus Terminal dengan search > beri shortcut key F2.

Cara Bekerja

Sekarang Anda perlu tahu bagaimana langkah kerja dengan Kate untuk melakukan pemrograman C AVR (yakni compilebuild, dan burn). Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Tulis kode lalu simpan.
  2. Ctrl+B untuk membuat .hex.
  3. F2 untuk membuka Terminal.
  4. Panggil perintah avrdude yang sudah pernah diketik (harus sebagai root).
  5. Cek hardware Atmega Anda.
  6. F2 untuk kembali kepada kode.

Istimewanya Terminal di Linux, Anda bisa mencari perintah yang sudah pernah diketik dengan tombol panah atas. Jalankan perintah dengan Enter. Jadi, tidak perlu mengetik lagi perintah avrdude yang panjang itu setiap akan membakar .hex. Inilah workflow saya yang sudah saya lakukan sendiri untuk melakukan pemrograman + pembakaran kode AVR. Sangat ringkas dan hemat waktu. Jika Anda berhasil mengonfigurasikan Kate sehingga jadi seperti di atas, maka selamat! Anda telah mendapatkan Codevision AVR secara gratis hanya dengan Kate.

Penjelasan Kode

Di atas saya sebutkan Anda harus menuliskan kode. Sekarang saya harus bertanggung jawab menjelaskan maksudnya.

  1. Kode di atas adalah perintah untuk kompilasi dan untuk linking.
  2. Kode tersebut terdiri dari dua perintah terpisah yang dipersatukan dengan &&.
  3. Bisa Anda tebak, perintah pertama adalah avr-gcc -mmcu=atmega128 -Os “%n”.c -o “%n”.o dan perintah kedua adalah avr-objcopy -j .text -j .data -O ihex  “%n”.o  “%n”.hex.
  4. Yang perlu Anda perhatikan cuma tanda %n pada kedua perintah. Apa maksudnya? Maksudnya adalah mendeteksi nama file Anda sekarang. Jika tidak begini, Anda harus menulis ulang Build Option pada setiap file .c Anda dengan nama file-nya.
  5. Opsi -mmcu=atmega128 harus Anda ganti dengan chip Atmega yang sesuai. Kalau Anda menggunakan Atmega8, maka ganti namanya dengan atmega8. Ini harus diperhatikan untuk semua chip Atmega. Jika salah, maka saya tidak bertanggung jawab akan apa yang terjadi.

Unduh Kode Sumber dan HEX

Sebagai bukti bahwa Ubuntu memang dapat menggantikan Windows masalah ini, saya sertakan kode sumber C berikut kode heksadesimalnya. Saya menggunakan minimum system Atmega128 dengan aturan PORTD untuk LED dan PORTG untuk buzzer. Silakan dicoba sendiri di rumah.

Penutup

Dengan cara yang sama, Anda bisa membuat Codevision AVR Anda sendiri dengan text editor yang sudah ada di Linux. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Referensi

  1. http://www.tldp.org/HOWTO/Avr-Microcontrollers-in-Linux-Howto/x207.html
  2. http://pikirsa.wordpress.com/2011/08/28/geany-untuk-pemrograman-atmel-avr-di-gnu-linux-ubuntu/

3 thoughts on “Pengantar Pemrograman AVR – Kate Sebagai Pengganti Codevision di Linux

  1. tegariman

    Terima kasih tutorialnya mas malsasa. Apakah ada cara untuk membuat seperti codewizard-nya codevision? Saya masih baru belajar mikrokontroller hehe.

    Kalau boleh tau, mas malsasa sebenarnya ada di disiplin ilmu apa? Kok bisa pemrograman gui, linux dan elektronika. Apa semua otodidak?

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Untuk wizard itu, itu adalah fitur aslinya Codevision AVR sendiri. Itulah yang membuat Codevision mahal harganya. Jadi, sampai hari ini belum ada wizard seperti itu di Linux. Saya otodidak.

      Balas
  2. meongbego

    saya belum berhasil pak -_- tapi saya pake archlinux .. tapi artikel ini sangat membantu saya dalam mencari referensi :)

    Balas

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s