Beberapa Perkakas Menarik dari Google Webmaster Tools


Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Tulisan ini lanjutan dari tulisan Google Sandbox sebelumnya. Karena mencoba-coba, akhirnya saya mengaktifkan kembali akun Webmaster saya yang lama mati. Sangat mudah digunakan seperti biasa. Langsung saja berikut yang saya temukan di dalamnya.

URL Removal Request

Alamat: https://www.google.com/webmasters/tools/removals
Kegunaan: menghapus URL yang memang sudah tidak ada lagi. Sebagian web agak curang, memasang nilai 200 (hidup) untuk seluruh laman walaupun si laman sudah 404 (mati). Jadi, secara manual, kita bisa menyuruh Google untuk menghapusnya dari indeks dengan ini.

google-sandbox49

Sitemap

Alamat: cari sendiri
Kegunaan: seperti sudo apt-get update, mengumpulkan daftar isi situs kita kepada Google. Tentu saja suatu mesin pencari lebih mudah memasukkan suatu isi situs ke dalam database-nya kalau sudah tersedia daftar isi, daripada harus secara manual mengunjungi satu per satu situs yang ada. Ini fitur paling penting di Google Webmaster Tools.

google-sandbox0

Index Status

Alamat: cari sendiri
Kegunaan: menunjukkan sudah berapa banyak laman Anda yang terindeks oleh Google. Butuh beberapa waktu sampai datanya bisa ditayangkan sejak pertama Anda login. Saya butuh sekitar 3 hari.

resized_google-sandbox27

Links To Your Site

Alamat: cari sendiri
Kegunaan: tentunya karena Google sendiri yang mengindeks, maka Google paling tahu berapa link yang mengarah ke suatu halaman. Ini berlaku untuk seluruh halaman situs Anda. Dan ini salah satu perkakas paling berguna dan paling mahal harganya di sini.

google-sandbox33

google-sandbox30

Lebih rinci dalam links to your site

Search Queries

Alamat: cari saja
Kegunaan: tentu saja berisi kata kunci-kata kunci yang diketikkan para pengunjung di Google untuk menemukan situs Anda. Ini juga termasuk perkakas yang termahal di sini.

google-sandbox50

Content Keywords

Alamat: cari sendiri
Kegunaan: menunjukkan keyword Anda sendiri. Artinya, menunjukkan kata yang paling sering berulang di situs Anda. Sesungguhnya fitur ini belum berguna untuk saya.

google-sandbox28

Internal Links

Alamat: cari sendiri
Kegunaan: tentu saja menayangkan onpage links di dalam situs Anda.

google-sandbox32

Dashboard

Alamat:
Kegunaan: tentu saja dashboard berisi selayang pandang keadaan situs yang dimaksud. Di tempat saya ini, ada 3 kolom. Crawl Status, Search Queries, dan Sitemaps.

google-sandbox1b

Penutup

Semoga tulisan ini membawa manfaat.

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s