Bangkitnya Chatroom Kita!


Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, sesuatu yang lama kami nantikan, kanal IRC #ubuntu-indonesia kembali ramai seperti dulu. Alhamdulillah, dengan promosi seperti demikian di satu grup fesbuk, tadi malam (26 September 2013) hadir 34 orang mengikuti kuliah online oleh akang engkur:

KULIAH ONLINE LIVE MALAM INI

Pemateri: Akang Engkur (Kurniadi dari Nurulfikri)
Materi: Perkenalan Linux dan Jaringannya
Tempat: kanal resmi Ubuntu Indonesia
Cara join: masukkan data sebagai berikut:

Alamat: http://webchat.freenode.net/
Nama: namaanda
Channel: #Ubuntu-indonesia

Insya Allah beliau satu pekan ke depan mau kasih kuliah Linux terus sampai beliau mengajar kembali di STMIK.

#ubuntu-indonesia

Inilah Kebangkitan Itu

resized_#ubuntu-indonesia3

Sudah bertahun-tahun kanal ini dihuni maksimal hanya 7-8 orang setiap hari dan selalu itu-itu saja orangnya. Namun alhamdulillah, dengan strategi pemasaran webchat di atas, berhasil ditarik sekian banyak warga untuk memanfaatkan IRC. Bahkan banyak di antara mereka yang bilang itulah pertama kalinya mereka mengenal IRC. Menakjubkan!

Komentar Saya

  1. Setiap hari, kanal resmi Ubuntu Indonesia siap menerima tanya jawab Linux bahkan ada kuliah online oleh akang-akang di sana.
  2. Saya ingin pembaca terutama semua pengguna baru, untuk ikut kuliah atau ikut meramaikan kanal kita tercinta.
  3. Kita gunakan IRC untuk belajar Linux.
  4. Semoga masyarakat menyadari power IRC dan segera merapat ke kanal untuk menjadi bangsa yang hemat bandwidth.
  5. Strategi promosi IRC ini intinya adalah WEBCHAT (http://webchat.freenode.net) yakni sebuah fasilitas IRC client yang berbasis web. Mengapa? Karena demi mengajak banyak orang, harus distandardisasi dulu mereka aksesnya pakai apa. Saya pilih webchat karena semua orang pasti bisa mengaksesnya (pakai browser) beda dengan client tersendiri macam Quassel atau Pidgin. Dan nyatanya (alhamdulillah) berhasil. Tidak perlu kita muluk-muluk menghadapi orang awam sehingga mereka malah bingung. Yang paling penting mereka mau dulu. Urusan gabung ke kanal lain, atau hal teknikal lainnya, itu setelah mereka kenal dulu dengan IRC. Dahulukan yang terpenting kemudian yang sangat penting kemudian yang penting.
  6. Satu hal yang sangat penting, yang sangat menunjang promosi ini, adalah skrinsot. Saya menyertakan gambar kecil berisi skrinsot webchat kala saya isi dengan identitas saya pada posting promosi itu. Ini tujuannya membuat nyata di sisi psikis pembaca akan sesuatu yang mesti mereka lakukan. Nyatanya sangat mendukung dan bahkan sampai ada orang masuk pakai nama Malsasa (nick saya yang ada di dalam gambar). Ya, orang meniru tutorial singkat saya dengan apa adanya betul-betul. Ternyata tingkat pemahaman orang beda-beda, oleh karena itu harus dicarikan solusi perkenalan paling mudah dan paling multiplatform yaitu webchat.
  7. Saya mengharap komunitas lain semacam IGN, Linux Mint Indonesia, Manjaro Indonesia, Arch Indonesia, Gentoo Indonesia, openSUSE Indonesia, untuk segera membuat kanal IRC-nya masing-masing dan diramaikan. Juga untuk Fedora Indonesia, saya ingin segera kembali ramai seperti dulunya. Ini akan mendongkrak SDM Linux kita serta juga mendongkrak SDM teknologi Indonesia secara umum.
  8. Jujur saya mimpi pengguna Windows dan guru SMA/SMK masuk ke kanal untuk belajar Linux.

Cara Bergabung

Terlampir dalam kutipan di atas.

Log Kuliah Semalam

Karena yang hadir adalah warga Ubuntu dari komunitas fesbuk, bisa jadi pembaca belum menikmati kuliah kemarin. Tenang, ada rekamannya. Insya Allah rekaman kuliah akan senantiasa saya posting di http://forum.pos-id.org/ atau Fesbuk Ubuntu Indonesia. Semoga semua ini bermanfaat.

http://pastebin.com/jAw6v5Gv

________

Tulisan ini juga dimuat di Forum Ubuntu Indonesia pada laman http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/141443/Bangkitnya_Chatroom_Kita#Post141443

4 thoughts on “Bangkitnya Chatroom Kita!

  1. Ping balik: Panduan Praktis Troubleshooting di Linux untuk Pemula | Ade Malsasa Akbar

  2. Ping balik: Membiasakan Diri Menggunakan Software Legal (Freeware Maupun Open Source) | Ade Malsasa Akbar

  3. Ping balik: Dua Skrinsot WM Linux yang Sering Saya Bagikan | RESTAVA

  4. Ping balik: Dimulainya Proyek Buku Kolaborasi Berbahasa Indonesia Melalui Telegram | Ade Malsasa Akbar

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s