Membuat Server File Sharing/Mirror Sendiri 20 GB (Bisa Direct Link, SSH, FTP, dan Web Hosting)


Bismillahirrahmanirrahim.

Ingin memiliki Mediafire Anda sendiri yang bisa dikontrol sekehendak Anda? Gratis, ukuran penyimpanan besar, bandwidth besar, bisa direct link, bisa membuat folder, bisa me-mirror server lain, bisa mengunduh berkas dari server lain, bisa FTP, ada shell-nya (termasuk perintah wget), dan bisa juga difungsikan sebagai hosting web Anda?  Dan jika Anda bingung dengan paparan teknis di atas, maka gampangnya: maukah Anda memiliki sendiri fasilitas server untuk backup/sharing data Anda sendiri atau membantu orang lain dengan me-mirror berkas seperti ISO/ebook/program dari server lain? Jika iya, maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan sangat mudah. Mendaftarlah gratis di 2freehosting.com ((http://api.2freehosting.com/redir/787511) pranala ini adalah referral dari saya). Saya sudah mendaftar dan jadilah server mirror saya http://otodidak.freeserver.me.

Perkenalan Singkat

Sebelum beranjak ke teknis, saya tunjukkan dulu apa manfaat membuat server ini dari pengalaman saya dengan server otodidak.freeserver.me (OFE):

ofe-iso-mirror7

  1. saya bisa membantu orang lain agar mereka bisa mengunduh aplikasi portabel Linux dengan sekali klik atau dengan IDM, secara gratis lagi bebas. Server OFE didedikasikan untuk itu (awalnya) -> contohnya laman utama OFE;
  2. saya bisa membantu orang agar dia bisa mengunduh ISO dengan IDM dari server saya. Karena tidak sopan mengunduh dari server komunitas dengan IDM, maka saya buatkan saja server pribadi yang saya bebaskan pengunduhnya untuk memakai IDM -> contohnya http://otodidak.freeserver.me/iso/
  3. saya bisa membantu orang bersama tutorial yang saya tulis, dengan dukungan aplikasi/berkas lain yang tersebut dalam tutorial itu sehingga direct download untuk pembaca (tidak usah ada iklan/klik tambahan) -> contohnya http://otodidak.freeserver.me/tarball/;
  4. saya bisa membantu orang lain agar mereka bisa mengunduh buku-buku gratis dengan IDM dari server saya. Caranya ya saya suruh saja server OFE untuk mengunduh ke server lain yang ada bukunya ATAU saya sendiri yang mengunggah ke sana lewat FTP (pakai FIlezilla) -> contohnya http://otodidak.freeserver.me/teks/;
  5. untuk diri saya sendiri, saya bisa menyimpan software buatan saya di sana dan memberikannya kepada orang yang saya tanya soal software tersebut. Contohnya -> http://otodidak.freeserver.me/tarball/proyek_qt_creator/.

Harapan saya yang belum tercapai adalah menjadikan server ini sebagai mirror kecil dari http://ilmoe.com, sebuah server yang isinya penuh mp3 rekaman kajian Islam ilmiyyah ustadz dan masyayikh ahlus sunnah. (MUTAKHIR 23 Februari 2014: saya sementara meninggalkan ilmoe.com karena nasihat Syaikh Rabi’. Sebagai gantinya, Anda bisa me-mirror server ahlus sunnah yang baru http://radiorasyid.com.). Semoga apa yang saya tulis ini dapat Anda manfaatkan untuk kebaikan. Jangan gunakan cara ini untuk hal-hal maksiat.

Kecepatan Unduh Server Ini Gila!

server-tfh-cepat-300MBps

Lihat? Ini skrinsot saat saya me-mirror server PortableLinuxApps.org. Kecepatannya 268 MB/s. Bukan KB/s, tetapi MB/s.

Membuat Mirror Satu ISO dari Server Kambing

  1. Masuk CPanel -> Advanced -> SSH Client.
  2. cd public_html
  3. wget -c http://kambing.ui.ac.id/iso/fedora/17/Fedora/i386/iso/Fedora-17-i386-DVD.iso (tergantung ingin me-mirror berkas apa asal Anda tahu URL-nya).
  4. Tunggu sampai selesai. Cepat, kok.

Ini mirror yang berhasil saya buat.

ofe-iso-mirror

Membuat Mirror MP3 Kajian dari Ilmoe.com (Kecil-Kecilan)

Saya ingin sebetulnya bisa sempurna menggunakan wget untuk mengunduh secara semau saya apa pun yang saya pilih dari server http://ilmoe.com maupun http://ilmoe.net. Ternyata hal ini tidak mudah walau saya sudah mengikuti tutorial terbaik di Indonesia ini: http://www.master.web.id/mwmag/issue/04/content/hack-wget/hack-wget.html. Demi mempersingkat waktu, saya akhirnya menyerah dengan membuat mirror kecil-kecilan dulu.

Caranya:

  1. Dapatkan dahulu URL yang ingin di-mirror dari server ilmoe (boleh server mana saja) misalnya ini: http://statics.ilmoe.com//kajian/fiqh/Tata_Cara_Shalat/Cara_Sholat_Rasulullah_AlUstadzLuqmanBaabduh_1.mp3.
  2. Sebaiknya buat sebuah folder baru khusus mp3 di folder public_html pada server kita. Misal kita beri nama mp3: mkdir mp3
  3. wget -c http://statics.ilmoe.com//kajian/fiqh/Tata_Cara_Shalat/Cara_Sholat_Rasulullah_AlUstadzLuqmanBaabduh_1.mp3
  4. Tunggu sebentar, maka satu buah mp3 dari ilmoe sudah ditransfer ke dalam server kita, pada folder mp3/. Alhamdulillah.
  5. Cara membagikannya ke orang lain adalah kopi alamat server kita yang ada nama foldernya. Karena tadi kita beri nama foldernya mp3, maka alamatnya http://otodidak.freeserver.me/mp3. Berikan alamat ini ke teman yang membutuhkan. Atau bisa langsung ke mp3-nya dengan klik kanan pada link pada halaman tersebut, lalu berikan. Nanti alamatnya akan jadi seperti ini: http://otodidak.freeserver.me/mp3/Cara_Sholat_Rasulullah_AlUstadzLuqmanBaabduh_1.mp3. Alhamdulillah, kita telah memiliki sendiri mirror ilmoe.com. Semoga kita mendapat pahala yang besar dari apa yang kita usahakan ini.

ofe-iso-mirror6

Menjadikan Server Ini Backup Data Kita

Terlepas dari reliable atau tidak, yang penting bisa dipakai. Gunakan FTP client semisal Filezilla untuk mengunggah data kita ke server. Pokoknya Anda harus tahu username dan password-nya. Ada kok, di halaman login 2freehosting. Ini saya contohkan mengunggah buku panduan Debian:

1. Pilih data lalu klik kanan > Upload.

ofe-iso-mirror4

2. Proses mengunggah. Pastikan diunggah ke folder yang tepat. Semenara saya punya 4 subfolder utama yakni teks, tarball, iso, dan mp3 saja. Yang saya pakai di sini folder teks karena ini PDF.
ofe-iso-mirror3

3. Hasil unggahan.

ofe-iso-mirror5

4. Kalau ingin memberikan tautan unduhnya, cukup klik kanan > Copy URL to clipboard. Maka jadinya nanti seperti ini ftp://u861838735@otodidak.freeserver.me/public_html/teks/debian/Bab%205%20Linux%20Shell.pdf. Ubah setiap URL yang dikopi dari Filezilla ini menjadi begini http://otodidak.freeserver.me/teks/debian/Bab%205%20Linux%20Shell.pdf yakni hilangkan public_html dan ubah ftp menjadi http. Kalau tidak diubah begini, orang tidak bisa mengunduhnya. Insya Allah gampang. Atau dengan cara kunjungi foldernya melalui browser lalu Copy Link dari klik kanan. Mudah sekali.

Rangkuman

Pokoknya, dengan memiliki server ini, kita bisa:

  1. Berbuat baik untuk diri sendiri lebih-lebih orang lain.
  2. Me-mirror server lain.
  3. Menggunakannya sebagai server unduhan (leecher) dari berkas yang berasal dari server yang tidak bisa diunduh pakai IDM/semisalnya, agar jadi bisa diunduh pakai IDM/semisalnya.
  4. Menggunakannya sebagai tempat backup.
  5. Menggunakannya untuk keperluan file sharing seperlu kita.
  6. Belajar bagaimana mengurus server sendiri melalui ssh.
  7. Belajar wget dan opsi-opsinya terutama kalau ingin praktikkan laman Masterweb di atas.

Pertanyaan? Keluhan?

Silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga ini bermanfaat.

60 thoughts on “Membuat Server File Sharing/Mirror Sendiri 20 GB (Bisa Direct Link, SSH, FTP, dan Web Hosting)

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Tidak mengapa, Kang. Saya sendiri tidak banyak butuh. Maksud posting ini adalah meski kita tidak memerlukannya, kita bisa membuatnya untuk orang lain yang butuh. Nah, silakan juga memanfaatkan xtgem akang.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Waiyyakum, yaa Akhii. Ana tunggu keberhasilan antum. Oya, harap antum ingat, antum perlu menunggu satu hari untuk server antum up. Cuma satu hari maksimal. Setelah itu, wah antum bebas mau apa saja.

      Gunakan semaksimal mungkin untuk Islam dan kaum muslimin, yaa Akhii.

      Balas
      1. Abu Abdillah Yunus

        bismillah, kedepannya ini freeserver.me bagaimana kira-kira yaa akhi? menurut ana 20GB itu lumayan. ana punya file mp3 dan file-file yang lainnya yg ingin ana backup tapi yang ana takutkan bagaimana kalau nasibnya seperti megaupload dan situs2 share yg lainya.
        file udah udh diupload tapi akhirnya hosting atau situs tsb akhirnya ditutup juga.
        nah.. hal yang seperti itu yang ana khawatirkan.

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Bagus, Akh. Pemikiran jangka panjang begini penting.

        Buat ana, kalau memang antum punya bandwidth besar, maka antum sebaiknya memakai Adrive (lima puluh GB) atau Mediafire (sama) sebagai backup server. Server seperti twofreehosting belum terjamin reabilitasnya (seperti yang ana bilang di atas).

        Kalau ana pribadi sih, tidak melakukan backup ke server karena memang sudah tercukupi secara luring. Yang di server biarlah data mirror saja. Dan ana pribadi tidak mempermasalahkan reabilitas server ini karena ya seandainya kolaps kan ana masih bisa cari yang lain? Barakallahu fiikum.

        Bagaimana, apakah ini jawaban yang antum inginkan?

      3. Abu Abdillah Yunus

        na’am akhi wafiika baarakallahu, sangat jelas penjelasan antum. ana selama ini untuk backup data scr online pakai google drive dan dropbox dan itu sanat bagus menurut ana tapi kapasitas yg diberikan menurut masih sedikit. ana akan coba adrive yg antum maksud.
        jazakallahu khairon yaa akhi atas bantuanya.

      4. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Waiyyakum. Apa pun yang antum butuhkan soal Linux dan teknologi informasi, selama ana bisa, insya Allah ana bantu.

        Lho, Google Drive bukannya kasih ruang tanpa batas ya, Akh?

      5. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Oh begitu rupanya? Na’am. Ana lebih percaya sama antum daripada sama Google.

        Ana tahu kemarin ada http://copy.com yang sekali antum daftar dapat 15 GB gratis. Terus, kalau mau jadi referral, antum bakalan dapat tambahan 5 GB (menurut webnya). Nah, Copy.com ini menariknya ada aplikasi klien sebagaimana Dropbox begitu di Linux. Barangkali berguna untuk antum.

        Jazakumullahu khairan.

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Ada, seratus lima puluh GB per bulan. Namun kalau yang kang lihat itu, itu pesan kelebihan beban CPU server. Itu bukan masalah bandwidth-nya.

      Terima kasih, Kang. Sampai diskrinsot segala.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Kang Ending, jangan pernah khawatir. Meski baru mengenal komputer, akang tetap bisa melakukannya.

      Coba kunjungi dulu web http://2freehosting.com. Coba akang sign up. Coba-cobalah saja. Akan memakan waktu, tetapi ini sangat menyenangkan. Jika ingin serius dalam hal ini, mintalah bantuan teman akang yang lebih kenal komputer di sana, untuk menemani.

      Ingat, jangan pernah menyerah.

      Balas
  1. Ping balik: Membuat Server File Sharing/Mirror Sendiri 20 GB (Bisa Direct Link, SSH, FTP, dan Web Hosting) | Balikpapan Linux

  2. rizal

    mas klw skemany antar web host gmana mas, contohnya dari ubuntu langsung ke site tersebut, jdi tnpa melalui komputer kita file tersebut.

    Balas
      1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Yang dilakukan dengan apa yang saya tulis ini, adalah persis yang Anda inginkan.

        Server Ubuntu -> Server Akang

        Sama sekali tidak diunduh dulu ke komputer Anda. Kalau begitu, ya buat apa saya menulis ini? Semua orang juga bisa kalau unduh dulu lalu unggah sendiri ke Mediafire. Jeleknya, cara itu sudah lamban, mahal pula. Nah, yang saya tulis ini adalah bagaimana Anda menggunakan server lewat SSH Console di server tersebut, untuk mengunduh data dari server lain langsung ke dalam server tersebut.

        Nah, rangkumannya:

        kita menyuruh server kita untuk mengunduh data dari server lain ke dalam dirinya sendiri.

        Bagaimana, apakah ini jawaban yang Anda inginkan? Saya harap ini mudah dimengerti. Kalau masih bingung, saya persilakan bertanya kembali.

  3. Zain

    Sedikit berbagi… kalau butuh bandwitch ama diskspace yg gedhe… bsa mendaftar di freehost4all.net. untuk yang ini aku belum tahu kedepannya kayak gimana. tapi disini bisa mendapat layanan serba unlimited. soal domain bisa disinkronkan juga ama domain yang dimiliki. dengan cara ubah ip nameservernya. contoh yang udah aku buat untuk keperluan backup adalah data.alphiend.com. semoga bermanfaat

    Balas
    1. Zain

      klo di freehost4all.net gak ada layanan wat ssh console. namanya juga gratisan. tapi klo punya akun berbayar seperti cpanel, ato di idhostinger yang berbayar, nanti ssh-nya bisa aktif. tinggal pake putty ato bitvise aja wat login. tambahan lagi.. ternyata di hosting gratisan seperti freehost4all.net membatasi penggunaan bandwitch nggak lebih 3GB/s. ketika diatas itu. langsung ada peringatan dari admin kalo server terkena serangan DDoS.

      Balas
      1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Terima kasih, Kang. Ingat, saya tidak mendukung sedikit pun SSH Tunneling yang bertipe phreaking untuk mengakali kuota, karena ini adalah tindakan merugikan orang lain. Mohon koreksi jika saya salah.

      2. Zain

        Yup..itu bener… saya setuju. dan juga Semoga saja indonesia makin maju. makin banyak kompetitor dalam hal ISP. biar internet makin murah dan terjangkau rakyat kecil sehingga nggak ada lagi tindakan curang seperti itu. mudah-mudahan proyek palapa ring bisa mengawali ini semua.amin

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Setting apa, Kang? Kalau upload, gampang sekali.

      Buka Dolphin (atau file manager kesukaan akang) lalu pada location bar dia, ketik ftp://alamat.server.akang. Nanti Dolphin akan minta username dan password FTP akang. Nah, masukkan lalu silakan kopi paste berkas layaknya di komputer sendiri ke dalam server akang.

      Mudah sekali, bukan?

      Balas
  4. Ahmad Fajar

    Terima kasih atas ilmu yang bermanfaatnya. Semoga diganjar pahala yg banyak.

    blog ini memang kelebihannya, yaitu membahas secara detail apa yg sdg dibahas, tidak tanggung-tanggung, apalagi copas..great !

    Balas
  5. nurhasan257

    Terimakasih kang ade malmasa, atas motivasi nya.. saya sudah buat seperti itu, tapi untuk kalangan teman-teman sekelas saja , seperti ini nih punya saya http://san1.freeserver.me

    oh iya, diatas web mirror akang itu kan ada tulisan server repositori blablla……. itu buatnya gimana kang biar ada tulisan kaya begitu? mohon bantuannya…..

    Balas
  6. Moch Choyrul Anam

    Kang Ade saya sudah membuatnya.
    Tapi bagaimana ya cara mengisinya seperti kang Ade apakah harus konek ke Xampp dulu ya ?
    Terima kasih.

    Balas
  7. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

Dilarang menggunakan emotikon

