Otodidak Versi 1 Dirilis


Pemula-1Bismillahirrahmanirrahim,

Halaman ini dimutakhirkan pada 14 Agustus 2016

Dengan mengharap rahmat Allah, saya merilis aplikasi Otodidak versi 1 hari ini. Otodidak adalah aplikasi open source baru yang terinspirasi dari Electrodroid, dengan kegunaan utama sebagai aplikasi belajar Linux yang all-in-one untuk pemula. Otodidak mulai dibuat pada 6 November 2012 dan siap diunduh hari ini. Dengan antarmuka GUI berbahasa Indonesia, prinsip click and run, beserta dominasi gambar untuk menjelaskan, jadilah Otodidak aplikasi khusus untuk orang awam dan pemula dalam belajar Linux. Otodidak dirilis untuk Linux dan Windows (serta Mac OS X) dengan harapan bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Otodidak dirancang agar bisa dimanfaatkan oleh perorangan, sekolah dasar maupun menengah, perguruan tinggi, korporasi, warnet, dan siapa pun yang ingin migrasi ke sistem operasi Linux. Kini dengan Otodidak, diharapkan pembelajaran Linux dapat dikurangi kerumitannya karena cukup membuka satu aplikasi ini untuk:

1) Simulator Terminal (Anda bisa belajar Terminal tanpa Terminal).

2) Kumpulan tutorial instalasi modem di Ubuntu.

3) Kumpulan penjelasan mengenai Ubuntu semisal kelebihan/kekurangan.

4) Tabel perbandingan aplikasi Windows dan Ubuntu.

5) Semua kumpulan pengetahuan Linux bergambar.

6) Tutorial instalasi aplikasi di Ubuntu.

7) Tutorial instalasi kodek MP3 di Ubuntu.

8) Kumpulan penjelasan mengenai 5 desktop environment di Linux.

9) Kumpulan perintah Terminal yang sering digunakan.

10) Kumpulan trik cepat menggunakan Terminal.

11) Kumpulan pengetahuan dasar Linux, GNU, Free Software, Open Source, Repositori, dan cara belajar Linux dalam Bahasa Indonesia dan disertai ilustrasi (didesain dengan Inkscape).

Otodidak dirancang agar sederhana. Karenanya Otodidak dirilis dalam format DEB (bisa langsung diinstal di Ubuntu) dan EXE (Windows). Dan siapa pun yang menemukan kerumitan atau kesalahan di dalamnya hendaklah melaporkan ke pengembangnya.

Unduh Otodidak

Linux dan Windows: Otodidak_versi_1.jar (12 MB)

Ubuntu: Otodidak_versi_1.deb (12 MB)

Windows: Otodidak.exe (12 MB)

Kode Sumber:

*) Linux lainnya dan Mac OS X bisa menggunakan versi JAR saja (terima kasih untuk Pak Dedy yang telah mengetes Otodidak di Mac OS X dan melaporkan bahwa ia berjalan lancar di sana)

**) Otodidak dibuat dengan Java, sehingga Anda memerlukan Java Runtime Environment (JRE) di komputer Anda untuk bisa menjalankannya. Baca cara instalasi JRE untuk Linux Anda di sini.

Plus

Bagi yang ingin tahu, nantikan Otodidak Behind The Scene di web resmi Otodidak yang menjelaskan bagaimana tahapan desain dan pemrograman selama Otodidak dikembangkan.

Skrinsot

Simulator-Terminal

Pemula-2 Lanjutan-2 Lanjutan-1

276 thoughts on “Otodidak Versi 1 Dirilis

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, adapun saya, belum sampai tingkatan itu. Yang luar biasa justru mestinya hadir setelah ini. Bukan dari saya.

      Terima kasih atas dukungan akang selama ini :) Ini yang saya maksud aplikasi dalam sms kala itu.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, ndak kok, Pak. Ndak seperti yang bapak bayangkan. Malah saya ini ndak bsia mrogram. Aplikasi ini saya bikin dengan drag and drop di Netbeans (saya ingin mbikin seminar online cara membuatnya buat anak-anak SMP/SMA/SMK yang mau). Terima kasih…

      Diizinkan tentu saja :D

      Balas
  1. Rian

    Terima kasih gan yang buat software ini sangat bermanfaat bagi saya semoga bisa lebih dikembangkan lagi buat yang ingin belajar linux

    Balas
  2. ahmad raj

    assalamualaikum.
    terimakasih sangat bermanfaat bro.
    izin saya untuk menginstall aplikasi ini ke dalam distro streetOS dari grup street cyber team.
    streetOS adalah distro pentesting lokal yg dapat di unduh gratis.
    salam kenal semoga menjadi amal yg baik :)
    gabung di grup linux sharing di facebook @street cyber

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wa’alaikumussalam, yaa Akhii…

      Diizinkan, tentu. Jangan lupa kreativitas akang, jangan sampai kopipaste 100%. Saya ingin dengan Otodidak ini Indonesia jadi kreatif, bukan sekadar pasrah pada posting orang lain :)

      Balas
  3. Ping balik: Otodidak Versi 1 | Muhammad Hanif

  4. fajarsquadc5

    maaf baru di baca ada tread juga di kpuc(ubuntu-cilegon) … terima kasih sudah nge-share … semoga bermanfaat … ijin mungkin bisa di jadikan bahan buat kegiatan roadshow ke sekolah atau apapun namanya itu … semoga usaha kita yang terbaik mendapat balasan yang terbaik juga.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, selamat datang, Kang Fajar. Saya tak bisa melupakan kata-kata akang yang keren:

      “…udah nggak zaman remastering, mending bikin aplikasi…”

      Diizinkan, tentu saja. Amin. Semoga doa yang mulia ini kembali ke yang memanjatkannya. Terima kasih banyak akang telah kemari.

      Balas
  5. yanuar

    newbie gan.. saya tertarik mau coba bljr linux dengan otodidak ini.. saya sudah donlot versi windows.. terus diinstal jadinya file winrar.. sudah saya ekstrak tapi sy bingung gimana jalanin aplikasinya? biasanya kan di windows ada file aplikasinya (*.exe). mohon penjelasannya.. terima kasih.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Waduh, maaf ya Kang Yanuar? Saya 2 hari istirahat dulu kemarin. Apakah akang tidak salah mengunduh berkasnya? Akang unduh yang Windows atau yang Kode Sumber? Kalau akang unduh Kode Sumber, itu memang formatnya tar.gz, mirip RAR. Kalau akang ingin memakai versi Windows, unduh yang ada tulisannya Windows dan ekstensinya .exe. Yup, akang benar. Maaf support saya lama.

      Terima kasih kembali…

      Balas
      1. yanuar

        Saya sdh donlot otodidak.exe terus diinstal keluar otodidak_versi_1.jar. lha terus njalaninnya gimana? dalemnya ada folder otodidak, org, sama META-INF. soalnya langsung kebuka sama program winrar.. mohon bantuannya.

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, sungguh pernghargaan yang sangat besar bagi saya doa akang ini. Amin, semoga doa ini kembali kepada yang memanjatkannya.

      Alhamdulillah, jika kelak akang jadi ahli Linux, atau sekalian ahli jaringan, jangan lupa kalau akang pernah newbie.

      Balas
  6. Ping balik: Otodidak Versi 1 Dirilis | Ravie Kids

  7. Faghul Jane

    terimakasih banyak alhamdulillah semoga menjadi amal.
    izin saya untuk memasukkan aplikasi otodidak kedalam distro grup kami yakni streetOS dari grup street cyber team.
    distro streetOS adalah distro pentesting lokal dan bisa di unduh gratis.
    dengan penuh kehormatan kami berharap agan bersedia bergabung dan berbagi ilmu di grup linux sharing kami di facebook :)
    salam linuxer
    @streetcyber

    Balas
  8. Mahardika Maulana

    Saya sudah coba aplikasi ini dan bagus sekali! Sangat cocok buat teman-teman saya yang ingin mencoba Linux namun masih ragu-ragu.

    Saya ingin memberi donasi, tapi belum mampu. Saya doakan saja semoga mas Ade ini masuk surga, haha :D

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, ya Allah. Masya Allah, sungguh penghargaan yang sangat besar buat saya. Saya sangat terharu. Saya sudah berulang kali masuk forum dan web developer luar, tidak pernah saya temukan developer sampai didoakan seperti ini. Semoga doa ini juga kembali kepada yang memanjatkannya.

      Iya, memang itu yang saya targetkan saat membuat Otodidak. Biar yang masih ragu, menjadi pasti dan mantap hatinya. Karena “hati” itu sangat penting, lebih penting daripada teknik pemrograman.

      Jika akhii Maulana ingin menyumbang finansial untuk Otodidak, silakan akhii sumbangkan saja untuk anak-anak yang putus sekolah. Itu sudah sumbangan yang teramat besar bagi Otodidak. Barakallahu fiikum wa jazakumullahu khairan…

      Balas
  9. Ping balik: Otodidak Versi 1 Aplikasi Untuk Belajar Linux | Noveri Blog

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, sebuah kesempatan emas. Terima kasih untuk dukungan akang.

      Silakan, tentu diizinkan. Tulis dengan kreatif ya, Kang? Jangan sampai kopi-paste semata, ya? Itu lebih mendekati semangat para otodidak.

      :D

      Balas
      1. lin00bs

        Sudah pasti atuh akang saya pake bahasa sendiri dan screenshot sendiri :D Btw kalo link softwarenya saya mirror ke account dropbox bisa ga kang? Saya minta izin dulu lah sama sia akang :D

  10. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

    Wow, itu yang sangat saya harapkan, Kang! Terima kasih, Anda telah menyebarkan semangat para otodidak.

    Wah, boleh tentu saja. Malah saya nanti yang akan terbantu banget. Sungguh sebuah kehormatan. Akang udah bantu unggah aplikasi ini. Terima kasih.

    Balas
  11. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

    Wa’alaikumussalam. Akang, itu artinya “Hanya instal jika Anda percaya sumbernya”. Cukup tekan Install maka Otodidak akan terinstal. Tentu akang butuh JRE untuk menjalankan Otodidak :)

    Terima kasih banyak atas kunjungan dan antusiasme akang :D

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Diizinkan, tentu saja, Kang. Senang sekali kalau ini membantu. Saya pribadi berterima kasih akang mau membantu menyebarluaskan.

      Sungguh terkejut di Bontang ada .com besar khusus Linux.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah…

      Argh, saya sama sekali tak menyangka. Bahkan saya pesimistis Otodidak bisa masuk Mac. Ini saya kira karena pastilah pengguna Mac sudah tidak menggunakan Linux lagi. Sungguh sebuah kehormatan. Saya merasa tidak ada kemungkinan Otodidak digunakan oleh pengguna Mac. Tapi ini, aaargh. Terharu, saya. Terima kasih, Pak Dedy. Terima kasih banyak.

      Saya berubah pikiran. Akan saya sunting posting ini :)

      Balas
      1. kptikman1garut

        BTW kalau bisa dependencynya di upload juga gan.. kasihan yang tidak bisa online terus.. saat install paket deb nya di butuhkan 2 dependency. Walaupun kita sudah install JDK atau JRE di ubuntu tetapi dependency ini tetap dibutuhkan untuk jalannya prog… dependencynya yaitu : 1. fastjar dan 2. jarwrapper

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        @Maret 6, 2013 pada 4:47 am

        Sungguh indah. Maafkanlah saya, Kang. Saya sendiri inginnya bisa begitu, tetapi ada sedikit kendala.

        Masalah dependensi itu, sebetulnya itu sudah aturan resmi dari Debian Packaging Guide dan lintian akan mengatakan error jika saya tidak menyatakan jarwrapper sebagai dependensi (yang otomatis fastjar juga terinstal).

        Hal ini adalah masukan yang emas, saya senang sekali. Terima kasih banyak. Sementara mungkin saya tak bisa melakukannya mengingat demikian majemuknya versi distro kita. Saya hanya bisa pasrahkan kerja pada apt, Kang. Jika akang ada keberatan, silakan akang utarakan kembali. Saya ingin membantu akang.

        Sekali lagi saya mohon maaf.

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Terima kasih, tentu saya izinkan. Saya bahagia kalau ini bermanfaat di sekolah akang.

      Kasih motivasi untuk bikin aplikasi juga, yang lebih dan lebih lagi bermanfaat untuk umat.

      Balas
  12. thom

    Blognya mas Ade Malsasa lebih jozz :3 Lebih uptodate. Blog saya teh ndak ada apa-apanya :D Tapi memang kayaknya segmennya beda sih hehehe..

    btw, keren nih Mas Ade, softwarenya. Biar simple, bermanfaat. Komennya rame tuh. saya kayaknya musti belajar dulu biar bisa bikin seperti itu. Salut :)

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, kalau akang merasa seperti itu, sesungguhnya tidak. Tidak ada yang dibanggakan dari sini. Tentulah setiap tulisan yang bermanfaat itu berharga, apalagi membantu kawan yang kesulitan dalam penggunaan teknologi :)

      Software ini masih bayi, dan yang keren itu nanti software lain yang lebih bermanfaat dari ini, Kang. Saya yakin habis ini Indonesia akan melihatnya. Kita nantikan saja.

      Ini ramai baru pas Otodidak saja, alhamdulillah. Kalau akang ingin ramai juga, buatlah sebuah aplikasi dan lepaslah ke seluruh Indonesia. Namun tujuan terbaik bukan itu, melainkan mengharap ridha Allah. Ayo, akang kan CakePHP developer? Silakan terus berjuang!

      Terima kasih atas kehadiran akang :D

      Balas
  13. Afrizal

    wah kang keren nih aplikasinya, baru saja saya rekomendaikan kepada guru saya waktu SMK yang mengenalkan saya pada Linux semoga nanti softwarenya bisa dibuat bahan ajaran di SMK MJPS 1 Tasikmalaya :)

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, akang bisa membaca alasan Otodidak dibuat :) Silakan, saya sangat senang masuk .com akang. Keren sekali web akang.

      Syarat: akang harus menulis ulang dengan kreativitas akang sendiri ulasan Otodidak, tidak boleh disalin begitu saja. Ini semangat hacking juga. Saya yakin akang paham ;)

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Sungguh adab yang baik! Baru ini saya melihat ada orang bilang “apabila ada yg kurang berkenan tolong beritahukan”. Mohon hal ini dipertahankan, Kang. Akan sangat bermanfaat untuk akang di dunia profesional dan kemasyarakatan kelak.

      Saya merasa terhormat. Terima kasih, siapa saja yang ingin, silakan masuk ke tautan akang drew ini. Senang lho kang, masuk .com. Apalagi yang menulis warga IBT, pengguna Naga pula.

      Terima kasih banyak atas inisiatif dan antusiasme akang. Ah iya, Otodidak hanyalah aplikasi yang dibuat dengan drag and drop, Kang. Jadi, tidak se-luar biasa yang akang sebut.

      Balas
  14. elektronikabersama

    Assalamualaikum wr wb
    Salam kenal, saya pengguna OS Linux Mint Isadora (turunan Ubuntu), biasanya pasang aplikasi yang berakhiran .deb. Setelah saya unduh dan pasang aplikasi Otodidak, ko tidak bisa jalan ya kang? ada solusi?
    Wassalamualaikum wr wb

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Saya telah melihat blog antum. Salam kenal kembali. Saya senang sekali ada pengguna Mint main ke sini. Ini masalah akang mungkin berkisar antara:

      1) JRE
      2) konfigurasi sistem

      Otodidak membutuhkan JRE agar bisa berjalan. Di Precise, saya menginstal default-jre untuk bisa menjalankan Otodidak. Mungkin di Isadora namanya lain. Dan JRE saya OpenJDK Runtime Environment (IcedTea6 1.11.1) (6b24-1.11.1-4ubuntu3) yang artinya JRE 6. Mungkin akang pakai JRE lama, sehingga Otodidak yang dibangun dengan JRE baru tidak bisa berjalan di sana.

      Apakah Otodidak sudah muncul di menu tetapi ketika diklik ia tidak berjalan, Kang? Kalau begini, akang coba perintah otodidak di Terminal. Seharusnya dia bisa jalan dan kalau ada pesan error, kita bisa tahu.

      Saya berterima kasih banyak atas antusiasme akang. Terima kasih. Semoga barakah blog akang.

      Balas
      1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Isi dari berkas /usr/bin/otodidak tidak lain hanyalah perintah Terminal biasa:

        #/bin/sh
        java -jar /usr/lib/otodidak/otodidak.jar

        Kalau Mint mengatakan java: command not found, berarti perintah Java ini belum ada di Mint akang. Kalau perintah Java belum ada, ini tandanya akang belum memiliki JRE. Silakan akang menginstal JRE dahulu. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima kasih banyak akang sudah bersusah payah untuk tanya.

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Terima kasih banyak atas kesediaan Kang Faiq untuk menggunakan Otodidak.

      Pertama, apakah Kang Faiq mengunduh versi JAR? Atau mengunduh versi DEB?
      Kedua, untuk menjalankan Otodidak, akang membutuhkan JRE. Akang bisa menginstal paket bernama default-jre dari Software Center.
      Ketiga, setelah JRE ada, maka Java ada di Edubuntu akang, sehingga Otodidak bisa dijalankan.

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga berhasil :)

      Balas
  15. elektronikabersama

    Alhamdulillah kang Ade, aplikasi Otodidak akhirnya bisa berjalan di Linux Mint 9 (Isadora, turunan Ubuntu 10.04 Lucid Lynk). Lihat skrinsutnya di

    Usaha yang saya lakukan, seperti kata akang pengembang aplikasi ini, instal OpenJDK Java 6, link downloadnya di
    https://help.ubuntu.com/community/Java
    Saya makin semangat menggunakan OS Linux dan aplikasi Open Source, hehe
    Masih ada pertanyaan nih kang, Kenapa Otodidak tetap tidak jalan saat diklik di Menu? maunya di Terminal aja
    Dan kalau boleh menambahkan (untuk versi berikutnya), ukuran tampilan Otodidak mohon diresize biar cocok dengan pemakai netbook.
    Terakhir, saya doakan kang Ade dan pengunjung di sini, dimudahkan rezekinya oleh Alloh SWT, amin.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Alhamdulillah, saya ikut bahagia. Apalagi akang jadi semangat pakai FOSS. Wah, sebuah kegembiraan yang agung. Amin, semoga doa yang mulia ini kembali kepada yang memanjatkannya.

      Mengapa tidak jalan dari menu? Pertama, akang perlu tahu sistem kerja menu kita. Si menu, sebenarnya hanyalah shortcut menuju shell script Otodidak di jeroan Linux. Nah, inilah isi berkas shell script otodidak:

      #/bin/sh
      java -jar /usr/lib/otodidak/otodidak.jar

      Apa yang menjadi masalah? Seandainya akang pakai yang formatnya JAR, maka ia hanya bisa dijalankan dari folder (klik 2 kali) atau dari Terminal. Kalau yang DEB, semestinya langsung bisa dari menu. Kalau tidak bisa jalan, ini masalah baru. Saya butuh informasi error dari Terminal akang. Mohon maaf, ini keterbatasan ilmu saya. Saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini.

      Apa perintah akang untuk menjalankannya?

      Balas
  16. elektronikabersama

    Saya menjalankannya cukup dengan mengetik perintah otodidak pada Terminal
    bapa-dian-laptop zaldi # otodidak
    Nambah pertanyaan boleh ya? Aplikasi Al Quran El Forkane, seperti yang ada di menu Otodidak-Lanjutan-Open Source-Pengembangan-Dan Lain-Lain, dimana ya downloadnya kang? Saya nyari-nyari belum ketemu

    Balas
  17. rotyyu

    Dulu udah baca review yg di blognya Mas Dedy Hariyadi tapi belum sempat install. Sekarang mau nyoba dulu, nanti sekalian nulis review juga di blog.

    Balas
  18. arhsa

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Menyambung silaturrahim.
    Mumtaaazzzz…
    Afwan, ana baru meninggalkan jejak disini, padahal sudah lama otodidak ana download.
    sangat membantu. Yang paling menarik buat saya adalah kok bisa ya bikin aplikasi keren? Jadi, saya mau menunggu behind sceen-nya untuk referensi.
    Saya ingin membuat aplikasi belajar Bahasa Arab, mirip seperti Autiodidak, klik dan klik. klik أسد muncul gambar Singa, klik gambar Singa, terdengar auman, wow indah sekali ya.

    Saya mau download/unduh ebook di blog bukanpenggunawindows kok tidak bisa ya, loadingnya lama pisan.

    Barakallohu fikum ya akhi.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, Akhii.

      Senangnya antum main ke sini. Alhamdulillah, jika bayi saya itu berguna bagi antum, ana sudah bahagia. Jika antum merasa bayi ini keren, maka antum bisa membuat yang berlipat-lipat lebih keren dari ini. Ana akan segera selesaikan Behind The Scene edisi 1, insya Allah. Antum bisa membuatnya sendiri, sungguh. Karena sangat mudah (lha wong ana cukup drag and drop untuk membuatnya).

      Bisa jadi karena server Blogspot yang lamban, Akh. Katakan pada ana, mana PDF yang gagal diunduh. Nanti ana kirim via surel langsung. Wa fiika barakallah.

      Balas
      1. arhsa

        Jazakallaohu khoiron ya akhi.
        Sudah berhasil ana download, Alhamdulillah.

        Ana download Otodidak kebetulan setelah ana instal Netbeans yang di arahkan ke Bahasa Arab (postingan dari blog salah seorang pengembang netbeans), dalam rangka membuat aplikasi belajar Bahasa Arab. tapi saya belum bisa memasang gambar yang bisa di klik, menampilkan jendela baru, kemudian membuat versi .exe. Ketika melihat Otodidak saya menjadi semangat kembali, ada yang bisa dijadikan guru. Al-hamdulillah.

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Antum inginnya buat tombol yang bisa membuka JFrame lain, toh? Ini caranya:

        1) Tombol > klik kanan > Event > pokoknya event yang bernama click
        2) Pasti antum masuk ke editor kode > ketik di situ pas kode tombol pada event tadi:

        this.dispose();
        new jframeantum.setVisible(true);

        dengan catatan, antum sudah buat 1 JFrame baru dengan nama jframeantum di dalam 1 package yang sama. Bebas antum kasih nama lain. Kode inilah yang memanggil JFrame itu.

        Coba run, Akh. Semoga antum berhasil, Akh.

  19. arhsa

    Hatur nuhun ya akhi, Netbeans-nya istirahat dulu sejak beberapa bulan. Sekarang sedang fokus membuat perkakas di ‘dalam rumah’ via Sketch up.
    Barakallahu fiik.

    Balas
      1. arhsa

        Tapi saya pasti kembali, soalnya belum berhasil membuat aplikasi jadi. Sebelumnya saya justru tertarik dengan QT karena menikmati indahnya KDE, cuma sayang referensi dalam negri sangat minim, malah mendapat qt (kita). Di Situs QT (nokia/digia/trolltech) ada lengkap dengan contoh, tapi sangat pusing memulai dari mana, banyak pisan. Kemudian menengok GTK+ , ternyata sama saja belajar programing butuh perjuangan ekstra.

        Tapi, ketika mencari referensi Java dengan Netbeans atau Eclipse, subhanalloh bertebaran, yang ada di blog antum sebagian sudah saya download via google, tapi ya itu tadi, perlu perjuangan sementara ekstra, saya sekarang kerja dan sudah berkeluarga untuk mendalami hal seperti ini perlu pembagian waktu yang bijak.

        ‘Ala kulli hal ada yang saya tunggu di sini, al-hamdulillah. Saya tidak mencari perfect, hanya ingin mendobrak yang susah menjadi mudah. Itu saja.

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Itu yang dituntut dari seorang muslim, bukan? Memudahkan urusan orang lain.

        Semoga keluarga antum senantiasa dirahmati oleh Allah. Ana menanti kesempatan untuk berjumpa.

  20. fin

    Hatur Thank you, Kang….!!
    achirnja ada djoega jang bisa kasih pentjerahan. semoga diberi kemoedahan toek ide dan project berikoetnya… (amiinnn!!)
    “actually, everything that we do shall not go for nothing”

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Sami-sami, Kang. Alhamdulillah jika ini berguna. Amin, terima kasih. Semoga akang pun demikian. Masih sangat banyak proyek aplikasi yang belum ada di Linux. Contohnya seperti PCWizard 2008. Akang punya kesempatan untuk berkarya!

      Balas
  21. Ping balik: Linux Mint 14 Nadia, Resmi di Instal | Goresan Pena

  22. Ping balik: Otodidak Versi 1 Dirilis | Balikpapan Linux

  23. Ping balik: Desain Sederhana Menggunakan Fotografi dan Eksplorasi Tipografi | Tutorial Desain Inkscape

  24. Ping balik: Pemasaran Sistem Operasi Linux | Ade Malsasa Akbar

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Bapak suka Qt, ya? Saya pun ingin Otodidak dibuat ulang dengan Qt tetapi masalahnya saya belum bisa GUI layering. Padahal itulah inti GUI Otodidak sesungguhnya.

      Alhamdulillah. Semua ini karena pertolongan Allah.

      Balas
  25. idris kautsar

    diberkahi nih yang buat aplikasi aamiin…
    sangat bermanfaat banget, menjauhi diri dari pembajakan saat nya beralih ke open source

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Amin. Tidak selalu beralih lho, Kang. Jangan salah. Asalkan halal, pakai saja produk Microsoft atau Apple. Lepaskan semua ashabiyyah hizbiyyah. Ini hanya urusan dunia, sikapi sebagaimana diajarkan Islam. Cukup.

      Barakallahu fiikum wa jazakumullahu khairan.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Tidak ada satu dalil pun dalam Islam, serta belum ada satu fatwa ulama pun yang menyatakan kewajiban menyebar aplikasi ini, Kang. Jadi, kita sikapi sewajarnya sajalah.

      Barakallahu fiik.

      Balas
      1. Sendy Aditya

        bukan fardhu kok.. hehe..
        ya setidaknya harus digunakan buat yang mau dan ingin belajar.. pengalaman saya, mempelajari OS itu cukup beresiko tanpa adanya simulator, kalau seandainya belajar linux dengan install langsung di PC, resiko cukup besar, dengan virtual machine malah gak nyaman..
        kalau ada kesempatan saya akan coba dan mempromosikan kepada teman dan guru saya jika memang fitur-fiturnya sudah cukup untuk dijadikan alat belajar.

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Iya, setahu saya yang membedakan fardhu dengan wajib itu madzhab Hanafi. Apakah demikian, Kang? Yoo, sebaiknya kita santai saja masalah duniawi semacam ini. Ini hanya software kecil, kok.

        Yap, semoga aplikasi ini bermanfaat dan berbarakah untuk teman dan guru akang semuanya. Saya senang kalau ini bermanfaat. Barakallahu fiik.

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Terima kasih, Kang. Di atas sudah saya tuliskan, silakan akang menginstal JRE terlebih dahulu sebelum menginstal Otodidak. Mengapa? Karena Otodidak dibuat dengan Java, sehingga menjalankannya pun butuh Java. Nah Java untuk menjalankannya itulah JRE. Link sudah tercantum di atas, Kang. Maaf merepotkan, Kang.

      Terima kasih banyak, Kang.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Tidak apa-apa. Itulah namanya belajar. Kalau untuk akang, cobalah buka laman http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jre7-downloads-1880261.html. Lalu, coba lihat pilihan nama sistem operasi. Akang pilih yang Windows, lalu yang ukuran bitnya bersesuaian dengan komputer akang. Sudah tahu, bukan?

      Pilih yang ada namanya offline meski agak besar ukurannya. Silakan dicoba, Kang. Terima kasih atas kepercayaan akang.

      Balas
      1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Kalau Windows akang asli, maslahat yang akan ditinggal saya perkirakan terlalu besar kalau harus dihapus. Jangan. Sebaiknya pertahankan Windows akang. Kalau butuh Linux memang, ya instal saja di samping Windows akang. Jangan dibuang maslahatnya sementara maslahat di Linux belum tentu akang bisa peroleh sempurna semuanya dan belum diketahui juga hambatan yang akan muncul nanti apa.

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Hm, coba diinstal dulu sampai selesai itu JRE lalu coba jalankan Otodidak. Kalau masih tidak jalan, cobalah akang cek berkas JRE akang. Apakah sesuai ukuran bitnya dengan bit komputer akang? Kalau tidak sesuai, maka wajar saja tidak bisa jalan. Namun jika cocok, tetapi masih juga tidak jalan, berarti ada yang tidak beres pada instalasi JRE akang. Coba dicek ulang ukuran berkasnya. Barangkali ada yang korup.

      Balas
  26. Ping balik: Otodidak (Simulasi Linux Untuk Pemula) « Linux « Malang Cyber Crew

  27. Rendy

    kang, saya coba install di windows 7, instalasi sukses. Tapi ketika aplikasinya di open ndak mau jalan ya?

    ada keterangan “Could not find the main.class. Program will exit!”

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Berdasarkan laman http://stackoverflow.com/questions/7617807/could-not-find-the-main-class-program-will-exit, saya memperkirakan versi Java akang lebih lawas daripada Java milik Otodidak. Versi berapa java akang? Begini cara cek versi Java di Windows 7:

      Windows 7 and Vista:

      Click Start
      Select Control Panel
      Select Programs
      Click Programs and Features
      The installed Java version(s) are listed.

      Sumber: http://www.java.com/en/download/help/version_manual.xml

      Saran saya, kalau benar Java akang versi lawas, silakan upgrade Java akang. Saya minta maaf atas kekurangan ini.

      Balas
  28. Ping balik: [ZorinOS] GDebi, Mudahkan install aplikasi .deb | Catatan Harian Arief Mardianto

  29. Saudara Muslim

    Aneh om, ko saya cek di halaman lain iklannya ga ada ! itu iklan dari wordpress atau om yg pasang ya ! Maaf om udah gangu !

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Masya Allah, astaghfirullah. Saya tidak bisa memasang iklan di blog WordPress.com demikian pula ribuan blogger lainnya. Kalaupun ada iklan, itu asalnya dari pihak WordPress.com sendiri. Dan alhamdulillah saya browsing begini dengan mematikan seluruh gambar. Jazakallahu khairan atas peringatan dari Anda.

      Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Masya Allah, sudah diinstal? Cepat sekali.

      Kalau tidak ada reaksi, hanya ada satu kemungkinan: antara ketikan akang dan petunjuk Otodidak, ada perbedaan. Itu tidak bisa. Harus sama antara keduanya.

      Balas
  30. Ping balik: Pemrograman Qt 21 – Multiple Window | Ade Malsasa Akbar

  31. Ping balik: Panduan Dasar Terminal Ubuntu untuk Pemula | Ade Malsasa Akbar

  32. summon agus

    Waah ini sangat bermanfaat sekali buat kami yang masih awam dalam hal pengoperasian ubuntu.. saya tidak tahu harus berkata apa, hanya ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas ilmu yang telah diberikan oleh pengunjung seperti kami..
    izin download ya mas.. :)

    Balas
  33. Ping balik: Resep Buat Praktisi Remaster Linux Indonesia | RESTAVA

  34. Ping balik: Otodidak | Borneo Media Online

  35. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

  36. Ping balik: Mulai Belajar Linux | RESTAVA

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Tidak. Saya memaketkan .jar menjadi .exe dengan program bantu. Saya lupa apakah Nullsoft atau yang lain. Seingat saya programnya juga free software (free as in freedom). Saya jalankan program itu di atas Wine di GNU/Linux.

      Balas
  37. Ping balik: Memperkuat Sumber Daya Manusia di Bidang GNU/Linux Desktop | RESTAVA

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s