FreeOffice – Pengganti Baru Microsoft Office di Linux (Kabar Gembira!)


Alhamdulillah, malam ini saya membuka web Forum Ubuntu Indonesia, (dengan sengaja) melirik sidebar kiri bawah (UbuntuGeek). Ternyata ada berita baru. Dan sangat menakjubkan sebagaimana yang saya tunggu-tunggu selama ini! Wow, ada aplikasi office suite baru di Linux! Namanya Softmaker FreeOffice. Ia dirilis untuk Windows dan Linux. Tersedia paket instalasi RPM, DEB, dan TAR. Saya sangat gembira, apalagi setelah melihat langsung webnya. Silakan Anda kunjungi http://www.freeoffice.com/. Berikut ini sedikit skrinsot dari webnya:

FreeOffice Planmaker, pengganti Microsoft Excel

FreeOffice TextMaker, pengganti Microsoft Word

FreeOffice Presentations, pengganti Microsoft PowerPoint

Selain itu, berikut ini e-mail dari SoftMaker yang berisi tautan unduh untuk RPM, DEB, dan TAR beserta serial number-nya.

softmaker-freeoffice-email

Pada laman fiturnya, disebutkan bahwa FreeOffice ini bisa membuka format-format klasik Microsoft DOC, XLS, dan PPT. Termasuk juga yang berakhiran X semsial PPTX. Alhamdulillah, suatu keberuntungan buat kita. Lekas disikat sebagai ganti Microsoft Office yang belum asli. Semoga lancar barakah.

Saya belum selesai mengunduhnya (62 MB). Jadi belum saya coba. Barangkali Anda lebih dulu mencicipinya. Barangkali ia kelak akan bisa bersanding dengan OpenOffice, LibreOffice, Caligra Office, atau Kingsoft Office kita. Tafaddhal. Wa barakallahu fiikum.

8 thoughts on “FreeOffice – Pengganti Baru Microsoft Office di Linux (Kabar Gembira!)

  1. Ping balik: FreeOffice – Pengganti Baru Microsoft Office di Linux (Kabar Gembira!) | Balikpapan Linux

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Jangan lupa coba juga Kingsoft Office yang versi Linux (gratis dan works di Ubuntu). Saya menilainya lebih baik dari FreeOffice ini bahkan lebih bagus dari LibreOffice.

      Balas
  2. Fedra

    Saya masih belum menemukan yang bisa menggantikan equation Ms Office di linux. Maksud saya equation yang ditulis di Ms Office bisa di edit lagi menggunakan software office yang ada di linux. Saya mencari di forumnya (wps & freeoffice) dikatakan memang belum bisa. Apakah solusinya tetap menggunakan LibreOffice?

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Saya meminta maaf sebesar-besarnya atas kesalahan saya menulis artikel FreeOffice ini di masa lalu. Saya sekarang ini tidak lagi mendukung proprietary software (baik WPS maupun FreeOffice sama proprietary). Saya tidak menghapus posting ini karena ini saya jadikan catatan sejarah semata.

      Untuk masalah Kang Fedra, jawaban saya paling pertama, akang harus menyadari dulu ilusi yang ada yakni akang sedang berada di dalam “perang standar format dokumen” antara standar milik Microsoft dengan standar lain di luar Microsoft. Catatan pentingnya adalah pemakaian standar milik Microsoft, itu, menarik pengguna kepada pemakaian software milik Microsoft pula (Microsoft Office). Jadi selama akang masih berpegangan pada standar Microsoft, mencari program alternatif di OS apa pun tidak ada gunanya.

      Kedua, untuk masalah Equation Editor (software) dan teks persamaan hasil kerja Equation Editor (dokumen), ini tidak bisa akang selesaikan dengan memakai software alternatif, karena balik ke poin pertama, masalah akang ada pada standar. Selama standar itu dari Microsoft, maka, software akang juga harus Microsoft. Akang tidak bisa mencari program alternatif.

      Ketiga, untuk lepas secara total dari semua masalah ini, satu-satunya jalan yang saya lihat (karena saya sudah buktikan sejak 2006) hanya beralih total ke standar bebas terbuka (ODF) yang konsekuensinya beralih pula ke software bebas terbuka (LibreOffice). Gunakan LibreOffice di seluruh OS Anda, simpan dokumen ke format ODF, ajak orang lain memakai ODF dan menginstal LibreOffice.

      Keempat, akang bisa menggunakan LibreOffice Math untuk keperluan Equation Editor di dalam dokumen LibreOffice Writer. Kualitas teks matematisnya setara dengan sistem LaTeX, jadi akang tidak usah meragukan lagi kecocokannya. Saya sudah menuliskan artikel untuk LibreOffice Math ini istimewa di http://ubuntubuzz.com dan di http://linuxku.com. Semoga akang berhasil.

      Balas

Dilarang menggunakan emotikon

