Mengatur Permanen Kecerahan (Brightness) Layar Ubuntu


Intinya adalah menyunting berkas /etc/rc.local. Ubah nilai setelah echo dari nilai 0 sampai 10.

Perintah Terminal: sudo gedit /etc/rc.local 

Ini contoh berkas saya yang saya setel ke 0, artinya brightness paling redup. Biar hemat listrik.

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.
echo 0 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness
exit 0

Skrinsot:

Atur Brightness Ubuntu Permanen

Kalau bingung, hapus isi berkas Anda lalu kopi-paste ini ke situ. Lalu simpan. Semoga ini bermanfaat. Terima kasih ya, Kang riedroid.

Rujukan:

1) http://askubuntu.com/questions/3841/desktop-doesnt-remember-brightness-settings-after-a-reboot

2) http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/123364#Post123364 (posting ini aslinya trid dari FUI)

Semoga ini bermanfaat ;)

20 thoughts on “Mengatur Permanen Kecerahan (Brightness) Layar Ubuntu

      1. noveri22

        saya udah coba dan hasilnya memuaskan layar ga bikin silau mata :D
        oh iya mas ijin copas ya buat diposting diblog saya.

      2. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

        Silakan, tetapi lebih beretika jika mas mengeditnya (tidak murni mengambil). Alhamdulillah.

  1. Ping balik: Mengatur Brightness Pada Layar Ubuntu « Noveri Blog

  2. Ping balik: Pertanyaan Umum bagi yang BARU SAJA menginstall Ubuntu | faisal191

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Saya sangat menghargai pemula. Silakanlah sms saya di nomor 0896 7923 7257 atau singgahlah di IRC channel #ubuntu-indonesia untuk berbincang. Saya siap ditanya soal Linux kapan saja insya Allah. Jangan menyerah.

      Balas
  3. adyfila

    ok, kmrn awalnya saya nyoba pake ubuntu 14.04, tp setiap abis instal afditional driver vga nvidia selalu muncul internal error, berkali x inul begitu trus, akhirnya saua coba mint, gak ada masalah sehabis instal driver nvidia. makanya saya putuskan pake mint..

    Balas
  4. adyfila

    saya sebenernya naksir ubuntu 14.04 yg dah LTS, tp sayang pc ku kurang mendukung hehe… makasih banyak tas responya…

    Balas
  5. rezahe


    sip berhasil, terima kasih infonya (y) – Acer V5 471G
    echo 222 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness

    sebelumnya 528 nilainya terlalu terang.
    (acpi_video0 diubah nilainya tidak ada efek).

    Balas
  6. Ping balik: KNotes Ingat Aku Per 17 Maret 2015 | RESTAVA

Dilarang menggunakan emotikon

