Internetan Halal di Ubuntu dengan Modem Smartfren Haier EC1261-2


Alhamdulillah, hari ini saya di Mojokerto mencoba modem ayah saya. Ini modem yang sudah dapat rekomendasi oleh Nexus dari Forum Ubuntu Indonesia yaitu bisa jalan tanpa konfigurasi di Linux. Inilah modem Haier EC1261-2 (lho, saya sampai hafal betul namanya). Dan benar, modem ini berjalan di Ubuntu dengan mulus tanpa konfigurasi.

Modem Smartfren Haier EC1261-2

Modem Smartfren Haier EC1261-2

Tancapkan modem, lalu buka terminal, ketik sudo eject /dev/sr1 (saya pakai Ubuntu 12.04). Lalu akses Network Manager di panel atas itu, Edit Connection. Pada tab Mobile, tambahkan koneksi baru (Add). Pasti di situ sudah terdeteksi nama Huawei Technology bla-bla-bla. Next, next, next dan isikan username: smart password: smart. Sudah, klik nama SMART pada Ntwork Manager. Insya Allah Anda sudah bisa ngenet.

Tanpa Windows, tanpa wvdial, tanpa usbserial, tanpa usb_modeswitch, tanpa instal apa-apa. Modem ini adalah pengganti Prolink P2000 yang mustahil dikenali oleh Linux kecuali harus punya Windows dalam 1 mesin untuk saya. Alhamdulillah, mimpi saya dikabulkan oleh Allah.

Iklan

6 thoughts on “Internetan Halal di Ubuntu dengan Modem Smartfren Haier EC1261-2

  1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

    Maksud pertanyaan akang, P2000? Terdeteksi tapi kode-kode vendor:productnya tidak bisa berganti. Jadi, mustahil digunakan di Linux.

    Balas
  2. arhsa

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. (terlalu panjang, jadi disingkat saja he…) [warahmatullahi wabarakatuh, Malsasa]

    Saya pernah ngoprek (tolong diperbaiki istilahnya nih Mas, agak segan juga menulis komentar disini he… maklum nilai Bahasa Indonesia tidak dapat 100) modem ini (punya teman) di Sabily Manarat (Lucid) dan Sabily Badr (Natty). Al-hamdulillah sukses walau cukup pusing untuk bisa sampai konek. wvdial, usb modeswitch, modprobe, dll. cukup menyita energi…

    Lebih pusing lagi saat ngoprek AC2726ui (beberapa bulan sebelum menangani Haier EC1261-2), karena baru pertama kali mempelajari cara koneksi USB modem di Linux. Di Sabily Uhud ternyata langsung koneks tanpa tambahan program apapun.

    Yang cukup mudah, saat koneksi modem milik saya sendiri CE682 (bukan AC682, yang ini banyak tutorialnya di internet) karena sudah ada pengalaman.

    ‘ala kulli hal, nice post. mengingatkan kenangan dulu yang tidak sempat terdokumentasi di blog saya.

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Maaf saudaraku, saya coret lalu ganti sebagian tulisan Anda. Alangkah beradabnya jika kita muliakan salam yang Rasulullah mengajarkannya. Cara coret+edit seperti ini saya tiru dari blog Ustadz Sofyan (http://nasihatonline.wordpress.com) yang beliau sering sekali mencoreti komentar lalu menggantinya dengan tulisan yang penuh. Kita patut menirunya.

      Adapun informasi Anda, ini sangat bagus. Saya sangat senang. Saya sendiri banyak dapat nilai jelek untuk Bahasa Indonesia. Jadi jangan sungkan-sungkan :)

      Saya sangat senang melihat semangat Anda. Informasi yang sangat berharga buat saya tentang modem yang bisa jalan di Linux dengan baik. Saya terima AC2726ui bisa jalan di Uhud tanpa konfigurasi. Bagus, sangat bagus. Saya memang dalam proyek mencari modem-modem yang bisa jalan untuk didaftar.

      ‘Ala kulli hal, barakallahu fiikum. Terima kasih banyak telah berkomentar di sini :)

      Balas

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s