Pelajaran Java Hari Ini 7 Agustus 2012


//PROGRAM SCANF DAN PRINTFNYA JAVA
//7 Agustus 2012
import java.io.*;
public class Metafora
{
public static void main(String[] args)
throws IOException
{
BufferedReader stdin=new
BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String nama;
System.out.println("Masukan data Anda:");
System.out.print("Nama = ");nama=stdin.readLine();
System.out.println("DEMIKIANLAH DATA ANDA");
System.out.println("Nama = "+nama);
}
}

 

Analisis

Pertama

import java.io.*; <<=== Perintah impor sesuatu. Mungkin sama dengan #include <stdio.h> pada Bahasa C.

Kedua

public class Metafora{} <<=== Deklarasi kelas/namaberkas. Namakelas harus sama dengan namaberkas.

Ketiga

public static void main(String[] args){} <<=== Deklarasi fungsi utama main() yang jadi dasar semua program. Harus ada String[] args di dalam kurungnya.

Keempat

throws IOException <<=== Suatu perintah baru. Diletakkan setelah () sebelum {}. Tanpa ini, perintah stdin.readLine tidak akan berjalan. Berarti throw IOException dibutuhkan oleh stdin.readLine.

Kelima

BufferedReader stdin=new

BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); <<=== Suatu deklarasi baru. Tanpanya stdin tidak berjalan. Berarti deklarasi aneh ini penting untuk stdin. Sedangkan stdin perlu untuk memasukkan data ke dalam variabel alias seperti scanf-nya Bahasa C. Sepertinya deklarasi ini adalah suatu fungsi (yang rumit) tetapi dapat dibaca jejaknya yakni bufferedreader menandakan fungsi ini pasti masalahnya dengan input. InputStreamReader itu apa juga tidak diketahui. System.in itu jelas-jelas istilah yang mengisyaratkan pemasukan meski secara global masihlah asing fungsi ini.

Keenam

String nama; <<=== Deklarasi variabel bertipe String. Variabel ini akan digunakan untuk menyimpan masukan ketika eksekusi dan darinyalah juga dikeluarkan data yang telah disimpan.

Ketujuh

System.out.println(“Masukan data Anda:”); <<=== Fungsi mencetak kalimat ke layar. Menggunakan println (belum diketahui apa istilah globalnya). Dan harus diawali System.out, berbeda dengan Bahasa C.

Kedelapan

System.out.print(“Nama = “);nama=stdin.readLine(); <<=== Fungsi mencetak kalimat ke layar. Diikuti dengan fungsi scanf-nya Java yakni stdin.readLine() yang sebetulnya lebih mirip getchar() di Bahasa C. Penggunaan fungsi cetak ke layar boleh dengan print maupun println.

Kesembilan

System.out.println(“DEMIKIANLAH DATA ANDA”); <<=== Fungsi mencetak kalimat ke layar.

Kesepuluh

System.out.println(“Nama = “+nama); <<=== Fungsi mencetak kalimat dan simpanan data dari variabel ke layar. Penggunaan pengeluaran simpanan berbeda dengan Bahasa C meski mirip. Di sini tidak digunakan %s dalam kalimat yang dicetak. Hanya saja digunakan + sebagai ganti & sebelum namavariabel. Dan tidak ada koma pemisah antara kalimat dengan namavariabel sebagaimana adanya di Bahasa C.

Gambar

Keluaran

8 thoughts on “Pelajaran Java Hari Ini 7 Agustus 2012

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Tentulah pantas, wahai Saudaraku!

      Apalah saya ini dibandingkan Anda? Justru dari satu saja keinginan besarmu itu Mas Awang, saya langsung merasa wajib menjadikan Anda saudara. Bukankah Anda telah mengunduh Murattal Syaikh As-Sudais? Cukup itu sebagai bukti Anda ini muslim dan Anda adalah saudaraku yang pantas aku muliakan.

      Seorang jago IT? Saya tidak sehebat itu. Anak gunung? Justru mestinya saya yang kagum kok bisa anak gunung punya dua ketertarikan besar:

      1. Agama (dari mengunduh murattal)
      2. Teknologi Informasi

      Dan sungguh tidak akan saya sia-siakan orang seperti Anda. Tidak peduli usia Anda masih SMP atau apa, saya bisa jadi berjiwa SD dibandingkan Anda. Beneran.

      Dan lihat, saksikan sendiri bukti kualitas diri Anda sendiri: Anda menulis komentar ini tanpa satu huruf pun Anda singkat (sebagaimana bahasa sms). Ini kelas yang patut saya puji sedangkan di luar sana, di milis-milis, di forum, di mana saja orang tidak mau menulis secara lengkap seperti Anda.

      Saudaraku, ketahuilah, semoga Allah merahmatimu. Janganlah engkau rendahkan dirimu di luar batas sunnah apalagi merendah diri kepada manusia. Merendah dirilah di hadapan Allah. Engkau dan aku adalah saudara. Semangat, Saudaraku!

      Ya? :D

      Balas
  1. andika cahya pratama

    ade, perbedaanya public sama private itu apa ya?? mohon penjelasannya. juga mohon kasih contoh implementasinya dalam koding java

    Balas

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s