[TUTORIAL] Ambil Skrinsot di Chromium Browser


Bismillah. Chromium Browser adalah sebuah perambah web yang dilisensikan dengan lisensi open source[1], dan dia adalah perambah web yang Google Chrome[2] dikembangkan darinya. Dan dapat dikatakan bahwa Chromium adalah versi open source dari Google Chrome. Keduanya tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Apa yang menyenangkan dari Chromium adalah ia bisa menggunakan ekstensi dari Google Chrome termasuk pengambil skrinsot. Karena susah kalau kita ingin mengambil skrinsot (foto) suatu situs web dengan aplikasi internal sistem operasi lalu harus ditempel (paste) dulu ke Paint, misal. Sekarang kita cukup menggunakan Chromium itu sendiri dengan memakai salah satu ekstensi Chrome yaitu Screen Capture.

Bagaimana cara mengambil skrinsot/foto dari sebuah situs di Chromium? Dan bagian apa dari situs yang dapat diambil? Sepotong, keseluruhan, atau hanya konten terlihat? Saya akan menunjukkannya. Pertama, kunjungilah Chrome Web Store – Screen Capture. Instal ekstensi itu dan restart Chromium. Anda akan melihat ikon di pojok kanan atas Chromium. Itulah ikon Screen Capture.

Ambil Visible Content

Apa itu visible content? Artinya adalah seluruh wilayah yang Anda dapat lihat dari peramban walaupun tidak seluruh halaman. Anda dapat mengambilnya dengan klik pada ikon dan pilih

Hasil Akhir

Ambil Wilayah Terpilih

Klik ikon dan pilih Capture Page Region. Anda dapat menggunakan pintasan Ctrl+Alt+R. Ini akan menampilkan kotak gelap yang dapat dibesar-kecilkan hingga ukuran seluruh halaman. Anda bisa pilih bagian header, sidebar, footer, atau kontennya.

Proses Memfoto Wilayah

Hasil Akhir

Ambil Keseluruhan Situs
Klik ikon dan pilih Capture Whole Page. Anda bisa menggunakan Ctrl+Alt+H. Tampilan peramban akan tergulung ke bawah dan Anda akan melihat panel menu baru di atas. Silakan disimpan gambar ini.

Ambil Keseluruhan Halaman

Karena ukurannya besar, saya beri tautan saja untuk hasil akhir dari keseluruhan halaman: http://i.imgur.com/eRALH.jpg. Anda dapat mengunduhnya.

Oke, sekarang Anda dapat memfoto situs di Chromium. Ekstensi ini dan tutorialnya dapat dilakukan juga di Google Chrome. Silakan koreksi saya jika salah. Saya harap ini akan bermanfaat buat Anda. Terima kasih.

______________

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Chromium_(web_browser)

[2] http://en.wikipedia.org/wiki/Google_Chrome

One thought on “[TUTORIAL] Ambil Skrinsot di Chromium Browser

  1. Ping balik: [TUTORIAL] Ambil Skrinsot di Chromium Browser | Balikpapan Linux

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s