Pemrograman C Bagian 1.2: Variabel Integer


Variabel dalam pemrograman sama persis pengertiannya dengan variabel dalam matematika. Anda dapat mencobanya sendiri dengan program ini.

//PROGRAM 1.2
void main()
{
int tambah, kurang;
tambah = 100 + 200;
kurang = 200 – 100;
printf(“Tambah: %d, tambah);
printf(“n”);
printf(“Kurang: %d”, kurang);
}

Penjelasan

Analisis untuk program ini sederhana saja. Mari kita pelajari baris per baris yang penting saja.

int tambah, kurang;

Baris ini adalah deklarasi. Deklarasi apa? Deklarasi variabel tambah dan kurang sebagai integer. Oke, tulisannya memang int tetapi itu cara bahasa C mendeklarasikan tipe data integer. Jadinya deklarasi integer itu dituliskan int nama_variabel;. Contoh saya di atas menggunakan int tambah, kurang;. Apa artinya? Ada dua variabel yang digunakan dalam program, yaitu tambah dan kurang. Keduanya memiliki tipe data integer. Maksudnya integer apa? Artinya, variabel akan dapat menyimpan angka/bilangan. Hanya saja, bilangan yang bisa masuk hanya yang integer alias desimal bulat. Contoh bilangan yang integer adalah 10, 200, 350, 544, -4, dll.

tambah = 100 + 200;

kurang = 200 – 100;

Baris ini adalah operasi. Cara membacanya adalah dari kanan ke kiri. Contoh: 100 ditambah 200 lalu hasilnya dimasukkan ke variabel tambah. Contoh: 200 dikurang 100 lalu hasilnya disimpan di variabel kurang.

printf(“Tambah: %d”, tambah);

printf(“Kurang: %d”, kurang);

Baris ini adalah pencetakan ke layar. Di sinilah peran variabel sebagai tempat penyimpanan. Cara bacanya begini: cetak tulisan Tambah: ke layar beserta isi dari variabel tambah. Cara baca berikutnya: cetak tulisan Kurang: ke layar diikuti isi dari variabel kurang. Nanti, hasilnya begini:

Tambah: 300

Kurang: 100

Kok bisa? Jelas karena 100 + 200 = 300 dan 200 – 100 = 100. Dan kedua variabel tadi menyimpan ini. Ada aturan penulisan yang mesti diperhatikan untuk mengeluarkan isi variabel dalam printf(). Begini:

printf(“KALIMAT %d”, namavariabel);

Pertama, tuliskan dulu printf();. Lalu isikan dengan “”. masukkan kalimat yang mau dicetak dalam “”. letakkan %d di tempat yang dikehendaki beradanya isi variabel. Lalu tambahkan koma, dan sertakan nama variabel. %d itulah yang akan digantikan dengan isi dari variabel. %d disebut penentu format dalam bahasa C. Ia dikhususkan untuk mengurusi nilai bertipe integer alias angka. Ia sebenarnya berarti %desimal. %d akan mengeluarkan isi variabel yang bersesuaian tempat dengannya. Contohnya:

printf(“KALIMAT %d KALIMAT %d KALIMAT %d”, variabel1, variabel2, variabel3);

Maka %d yang pertama mengeluarkan variabel1, %d kedua mengeluarkan variabel 2, dan %d ketiga mengeluarkan variabel 3. Begitulah, ia mengeluarkan isi sesuai posisinya. Demikianlah sistematika penulisannya. Sistematika penulisan ini berlaku untuk semua jenis variabel (tidak hanya integer) dalam C. Anda insya Allah akan mengenalnya nanti.

Gambar

Kesimpulan

  1. Variabel adalah tempat penyimpanan.
  2. Integer adalah tipe data untuk menampung angka bulat.
  3. Penulisan deklarasi jika mau menjadikan variabel sebagai integer adalah int nama_variabel;.
  4. Pola penulisan untuk mencetak isi variabel adalah printf(“KALIMAT %d”, variabel);
  5. %d adalah “penentu format” (perwakilan) untuk variabel bertipe integer.

Jika ada kesalahan, itu berasal dari saya. Maka saya mohon koreksi dari Anda jika ada yang salah di sini. Segala puji hanya milik Allah. 

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s