Kesan-kesan Awal Saya Ketika Menjajal Linux Mint 10 Julia


Semoga jadi posting sederhana. Baik, ini adalah kumpulan kesan saya ketika mencoba Linux Mint 10 Julia di mesin saya. Mint diinstal setelah Ubuntu dan Blankon.

  1. Penampilan nomor satu. Bagus sekali, berbeda dengan GNOME pada umumnya. Pengembang Mint mengubah total menu GNOME dan saya menyukai bentuknya. Saya sangat senang dengan tampilan tekstur menu Mint yang metal itu. Itu satu. Efisien buat saya. Latar belakang destop (wallpaper) indah dan tidak ada gambar makhluk hidup. Sangat nyaman di mata apalagi menggunakan dominasi warna hijau. Itu dua. Sayang sekali, Compiz tidak dapat langsung berjalan bersama mesin saya dan Mint 10 ini. Masih butuh driver tambahan, sepertinya. Tambahan lagi, terjadi hang ketika saya memutar video, dengan format apa pun. Mesin langsung berhenti pada tampilan itu juga. Pointer tidak dapat bergerak dan semua masukan dari papan ketik tidak berfungsi. Terpaksa mesin harus saya matikan paksa beberapa kali. Ini mungkin diakibatkan driver yang terinstal salah atau kurang. Keseluruhan: saya bisa hidup tanpa memutar video dengan hanya mengerjakan hal-hal biasa. Saya senang sekali dengan tampilan Mint.
  2. Aplikasi yang tersedia sangat banyak dalam 1 CD instalasi. Sudah ada kodek, aplikasi office, CCSM, Panel Kontrol Mint, manajer paket (ada 2 macam: asli Mint dan Synaptic). Ada juga penampil spesifikasi sistem. Bahkan ada APTOnCD (aplikasi backup instaler deb-deb yang sudah pernah diunduh) dan Mintbackup pembuat cadangan (backup) folder home. Saya tak menyangka, Ndiswrapper pun disertakan. Aduh, asik bener. Saya betul-bertul tidak menyangka Mint seperti ini. Dulu saya kira biasa saja. Ternyata sangat enak kalau dalam 1 CD instalasi ada aplikasi yang lengkap buat kerja sehari-hari.

Begitulah kesan-kesan saya. Saya memang sejak lama ingin pakai Mint. Sekarang terlaksanakan. Alhamdulillah.

Dilarang menggunakan emotikon

