Mengasosiasikan Tombol PrintScreen untuk Memanggil Shutter di Blankon 7


Saya sempat berhasil melakukannya, lalu gagal terus selama kurang lebih seminggu, lalu berhasil lagi. Gagalnya karena saya lupa cara melakukan asosiasi. Saya bepikir terlalu mbulet di sekitar Compiz, Gconf, dan TOmbol Pintas. Ini ada hubungannya dengan destop Unity yang dikenakan Blankon 7. Dan masalah tidak bisa asosiasi ini juga ada di Natty Narwhal dan Oneiric Ocelot. Saya pun sudah tanya ke kanal #blankon dn jawab bapak-bapak di sana sama: belum tahu. Ealah, ternyata sebetulnya gampang sekali. Saya baru ingat. Nah, sebelum lupa, saya tulis dulu di sini. Yap, ini juga berlaku untuk Ubuntu dan keluarganya.

Caranya yaitu masuk ke Pengaturan Preferensi (terserah letaknya di mana), Tombol Pintas, buat sebuah kunci baru (inilah intinya). Tulis perintah ‘shutter’ dan asoasiasikan dengan tombol PrintScreen. Ingat, jangan utak-atik yang sudah ada di atas karena tidak berfungsi.

Yap, silakan coba menekan tombol PrintScreen. Apakah Shutter keluar? Ya. Selamat!

4 thoughts on “Mengasosiasikan Tombol PrintScreen untuk Memanggil Shutter di Blankon 7

Dilarang menggunakan emotikon

