Kali Pertama Membuat Laman dari Nol dengan HTML


Suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Sangat menarik, buat saya. Betapa sejak tahun 2007 saya mengenal internet, dan baru 2011 ini saya membuat web sendiri. Saya melakukan pengodean web dengan HTML seluruhnya tanpa tambahan CSS, JavaScript, PHP, apalagi Java. Saya sematkan objek lain selain HTML yaitu gambar.

Ya, saya buat web 7 halaman saja dengan tata letak mirip Twenty Eleven ini. Tentu dengan latar belakang hitam dan ada futernya :) Ah, ternyata sangat menyenangkan.

Sekarang saya mulai mengerti, orang-orang yang kerja di dunia desain web seringkali lupa waktu. Memang, mendesain web itu sangat menyenangkan. Yaah, amatir seperti saya ngomong seenaknya aja :) Yup, saya sudah senang sekali meski baru pakai HTML saja.

Oya, keseluruh halaman ini saya bikin dengan sengaja tanpa mencontek dari buku panduan HTML. Memang ada sebuah buku HTML karya Pak Rio Astamal, tetapi saya tidak menggunakannya. Saya ingin tahu sejauh mana kematiran saya mampu membangun sesuatu (dalam hal ini, web). Ternyata hasilnya cukup menyenangkan. Yaaah, dengan cara ngawur-ngawur sedikit ketika bikin tabel dan menentukan atribut ;)

Gambar tajuk di seluruh halaman saya bikin pakai Inkscape. Iya, Inkscape yang masih versi 0 itu. Saya merasa sangat gampang menggunakannya. Tambah lagi, Blankon 7 yang saya pakai memiliki ratusan ikon-ikon cantik yang tinggal salin-tempel. Saya jadi sangat terbantu dalam membuat gambar tajuk. Wiiih, inilah enaknya sumber terbuka :)

Tak lupa, berikut ini saya sertakan skrinsot dan web saya untuk Anda unduh. Silakan dipergunakan sebagai referensi atau diubah sekehendak hati. Asalkan jangan gunakan untuk hal buruk semisal mencontek ini 100% lalu dikumpulkan sebagai tugas. Saya beri web ini nama Laman Hitam Malsasa. Saya kompresi seluruhnya dalam berkas .zip. Semoga bermanfaat.

Unduh Laman Hitam Malsasa [500 KB]

Skrinsot halaman 1

Skrinsot halaman 2Skrinsot halaman 3Skrinsot halaman 4Skrinsot halaman 5Skrinsot halaman 6Skrinsot halaman 7

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s