Menjajal SyntaxHighlighter Evolved


Saya sudah mencoba WP Syntax Highlighter dan SyntaxHighlighter for TinyMCE. Keduanya bagus dan sangat berguna. Namun keduanya belum dapat memenuhi satu keinginan akhir saya, yaitu kemampuan untuk dicetak langsung ke pencetak dan dibagikan ke situs lain melalui HTML. Setelah melakukan pencarian sedikit, saya menemukan sebuah plugin bernama SyntaxHighlighter Evolved (eeh, sebetulnya sudah saya temukan bahkan sebelum menginstal WP SyntaxHighlighter :) ) di situs WordPress.org. Tentu saja saya hanya melihat skrinsotnya dan benarlah. Inilah plugin yang pernah saya kagumi kegunaannya di sebuah situs yang memberikan kode sumber. Kesan saya, “kok keren sekali, yaaaa?” ketika melihat situs itu. Saya lupa situsnya. Yang saya ingat hanya nama SyntaxHighlighter. Kini saya akan mencobanya dengan kode sumber berikut:

#include <iostream>;
using namespace std;
int main()
{
cout << "Bismillah.";
return 0;
}

Saya gunakan format pre untuk memicu munculnya kode sumber. Semoga berhasil.

Ternyata berhasil sungguhan! Sesuai dengan yang saya harapkan. Ada panel kecil di atas kode sumber berisi tombol cetak, salin ke papan klip, embed, dan bantuan. Memang sih, saya harus menyetel versi highlighternya ke 2.0, untuk memperoleh tampilan yang beda dari sebelumnya. Dan saya harus menuliskan format tag

isi kode sumber

untuk tiap kode sumber. Namun saya rasa itu bukan masalah. Senangnya saya. Saya akan gunakan plugin ini teruus mulai sekarang, untuk menuliskan kode sumber C buat Anda. Semoga nanti seluruh kode sumbernya jelas dan Anda bisa belajar dengan baik.

Dilarang menggunakan emotikon

