Pemrograman C di Linux [Persiapan]


Pemrograman itu dapat dianalogikan melahirkan anak. Harus ada persiapan yang memadai. Kalau tidak, bisa jadi si anak tidak jadi lahir atau pemrograman batal. Saya sendiri mengalami ini ketika kelas 3 SMP atau SMA, mulai coba kompilasi program dari kode sumber, gagal. Begitupun ketika mempelajari C++ dari buku gratis karya Pak Juan (http://cplusplus.com), saya terapkan, gagal juga. Selama ±1 tahun saya gagal melakukannya. Namu setelah saya pahami, ternyata kegagalan bersumber dari ketidaktahuan saya mengenai kata persiapan. Saya sama sekali tidak menyiapkan apa-apa. Pantas saja gagal :) Makanya, cukup saya saja yang begitu. Anda tidak perlu mengalami kesalahan seperti saya untuk sekadar mempersiapkan saja. Baik, inilah yang harus Anda siapkan ketika belajar pemrograman C di Linux.

1. Sebuah komputer dengan Linux terinstal (saya sarankan Anda pakai Ubuntu biar sama dengan artikel ini).
2. Paket build-essential terinstal di Ubuntu (inilah sebabnya saya gagal selama setahun itu). Ini harus ada.
3. Sebuah IDE, boleh pakai Geany, Code::Blocks, CodeLite, Netbeans, atau apa saja. Saya sarankan pakailah Geany yang sangat kecil (< 1MB), ringan, namun sangat lengkap).

Ingatlah, sebetulnya Anda cuma harus menginstal build-essential saja. Paket ini berisi header dan librari yang dibutuhkan oleh kompiler ketika menggarap kode yang Anda buat. Sebagai informasi kecil, berkas stdio.h temasuk di dalamnya. Jika Anda melakukan pemrograman dengan menyertakan fungsi printf(), maka Anda membutuhkan header stdio.h untuk dapat mengompilasinya. Jika stdio.h tidak ada, maka kompilasi tidak jalan dan Anda gagal. Inilah yang saya alami dan sebatas inilah pemahaman saya. Jadi, jangan ulangi kesalahan saya. Instal build-essential dulu sebelum melakukan pemrograman :D. Silakan baca cara instal build-essential di Tutorial Instalasi build-essential di Ubuntu 10.10.

Geany sebetulnya hanya persyaratan minor. Anda tetap dapat melakukan pemrograman tanpa Geany. Namun bagaimanapun, Geany adalah IDE dan tanpa IDE Anda harus melakukan segalanya dari terminal. Ini agak merepotkan untuk awam yang baru belajar pemrograman dan punya kebiasaan GUI ala Windows. Maka, installah Geany untuk mempermudah Anda melakukan pemrograman. Percayalah, kerja Anda akan jadi lebih mudah dengan IDE. Dalam hal ini, Geany. Anda pun boleh baca cara Tutorial Instalasi Geany di Ubuntu 10.10.

Setelah ini, insya Allah saya lanjutkan dengan pemrograman pertama. Saya harap saya bisa menuliskan bismillah di layar. Yap, rencananya itulah program pertama kita :) Selamat belajar!

7 thoughts on “Pemrograman C di Linux [Persiapan]

    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Waduh, saya baru coba VIM, Mas. Emacs kata orang nagihin :) Saya sebetulnya lebih suka nano daripada VIM. Hehehehe. Tapi saya pengen coba Emacs dulu. Legendaris, soalnya.

      Balas
  1. Bluemufa

    Assalamu’alaikum Mas Ade, mohon kira nya mas ade berkenan membagikan lagi link nya yang baru.
    Soalnya link yang sekarang sudah tidak bisa di buka lagi, atau memang jaringan saya nya yg tidak mengizinkan untuk membuka halaman web tersebut
    1. Tutorial Instalasi build-essential di Ubuntu 10.10 (http://teknoplasma.com/tutorial-instalasi-program-di-maverick-build-essential)
    2. Tutorial Instalasi Geany di Ubuntu 10.10 (http://teknoplasma.com/tutorial-instalasi-program-di-ubuntu-maverick-geany)
    Terimakasih sebelumnya mas ade.

    Balas

Dilarang menggunakan emotikon

