Pemrograman C di Linux [Pembukaan]


Segala puji bagi Allah. Saya senang sekali mendapat pelajaran pemrograman. Apalagi bahasa yang diajarkan adalah C. Dipinjami buku diktat pemrogramannya, pula. Itu pun ada dua buah, yaitu teori dan praktik. Buku yang paling sering saya buka tentu saja yang praktik karena itulah acuan saya untuk mengerjakan tugas pemrograman C. Saya pun mengerjakan tugas itu dan melakukan beberapa pemrograman sendiri. Bekalnya ya laptop Andre :) Nah, saya pikir sayang sekali kalau tugas-tugas pemrograman C itu saya biarkan saja di lemari. Alangkah bermanfaat kiranya jika saya bagi dengan Anda. Apalagi jika modus pikir diubah ke Linux, bukan ke Windows dengan Microsoft Visual C++ 6 seperti yang diajarkan.

Yap, saya sudah merencanakannya kemarin (6 Oktober 2011) ketika sekitar Isya’ bahwa saya akan mengisi blog ini dengan pelajaran pemrograman C. Saya akan berikan sebisa saya seluruh pelajaran pemrograman C yang saya terima. Saya akan memulai judul artikel baru yaitu Pemrograman C di Linux dengan subbagian judul menurut tiap mata pelajaran. Misalnya saja, Pemrograman C di Linux – Menuliskan Salam. Nantinya artikel-artikel pemrograman ini berisi kode sumber (saya lisensikan GPL v2) C beserta analisis saya sesuai dengan pelajaran yang saya jalani. Ketidaksesuaian pelajaran C di blog ini dengan pelajaran C yang saya terima adalah saya menolak menggunakan Windows dan IDE Microsoft Visual C++ 6 yang terlampau mahal itu. Saya memilih menggunakan Ubuntu dan Geany. Ubuntu adalah sistem operasi yang sangat ringan – sayangnya, andal – sedangkan Geany adalah IDE yang sangat kecil namun sayang seribu sayang, amat canggih. Kompiler saya adalah gcc yang legendaris, bukan Microsoft Visual C++. Sebagai cadangan, karena laptop Andre punya Blankon 7 juga, maka mungkin nanti saya akan menggunakan Blankon juga. Jadi mengapa saya harus jadi seorang pembajak? Ah, tidak usah. Saya pilih jalan yang baik saja.

Struktur posting saya nanti adalah judul, basa-basi (perkenalan program apa yang mau dibuat), kode sumber, skrinsot Geany yang lagi beraksi :-D, skrinsot program, analisis, dan kesimpulan. Ini demi mencapai pemahaman yang baik buat saya sendiri dan kalau bisa, Anda. Oya, saya memanfaatkan Syntax Highlighter milik WordPress untuk menghasilkan tampilan kode sumber yang bagus – maksudnya, beda dari tulisan lain – dan dapat dipelajari dengan mudah oleh Anda. Anda nanti bisa menyalinnya dengan satu klik (halal), mencetaknya ke kertas (halal juga), atau membaginya dengan teman Anda (masih halal). Saya pun akan menyertakan kode sumber dalam bentuk .c yang saya kompres jadi .tar.gz (biar saya dan Anda terbiasa dengan sumber terbuka) yang bisa Anda unduh langsung (tetap halal). Dan saya akan sediakan posting saya dalam ODT dan PDF biar bisa Anda bawa pulang lalu pelajari di rumah (ya halal). Saya tidak berkeinginan memperumit C. Jadi, tenang saja :).

Oh ya, ini penting. Saya bukanlah seorang ahli pemrograman. Bukan juga ahli algoritma. Bukan pula ahli aljabar. Saya hanya sanggup melakukan hal-hal kecil yang tidak rumit. Maka saya akan membuat posting-posting yang kecil dan saya isi dengan bahasa ala saya. Jadi, satu bab di buku diktat yang berisi sekitar 10 program C akan saya jadikan sekitar 10 posting juga (jika Allah mengizinkan). Saya tidak akan membahas sebuah program yang saya sendiri 0 tentangnya. Saya tidak akan terlampau serius ketika membahas sebuah program C malahan akan saya bikin guyonan biar Anda tidak tegang. Nantinya saya akan sedikit-sedikit memberi analogi a.k.a. Perumpamaan dalam analisis program. Juga akan ada banyak emotikon lucu :) dalam tulisan biar segar membacanya. Hehehe.

Tujuan saya menerbitkan tugas-tugas pemrograman C saya di blog ini hanyalah berbagi ilmu yang bermanfaat. Semoga ini menjadi amal saya yang diridai oleh Allah Subhanahuwata’ala. Semoga pula Allah memberikan rizkiNya – rizki yang halal lagi barakah – kepada saya dengan usaha ini.

2 thoughts on “Pemrograman C di Linux [Pembukaan]

Dilarang menggunakan emotikon

