Mengapa Saya Nyaman Pakai Linux


Ups, pertama harus bikin kerangka karangan dulu, ya?
  • Pembukaan
  • Alasan 1: Legal
  • Alasan 2: Gratis
  • Alasan 3: Linux tidak jelek
  • Alasan 4: Tampilan Indah
  • Alasan 5: Tantangan
  • Alasan 6: Kebebasan
  • Penutup

Mengapa Saya Nyaman Pakai Linux

Saya harap artikel ini membantu Anda yang masih ragu memakai Linux sebagai ganti sistem operasi yang syubhat.

Legal

Yah, kalau pakai yang bajakan untuk bekerja, apa dokumen cetakannya halal? Saya tidak mau itu terjadi. Dan sungguh saya nyaman dengan Linux karena tidak perlu memikirkan legalitas lagi. Hindari harta yang syubhat apalagi yang haram.

Gratis

Alasan kedua: gratis. Ini sangat penting buat saya karena saya bukan orang kaya. Sekiranya penting untuk teman-teman lain yang juga tidak punya.

Linux Tidak Sejelek Orang Kata

Setidaknya cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan komputasi saya. Coba katakan kepada saya, satu sistem operasi yang gratis, open source, dan memenuhi semua kebutuhan komputasi selain Linux. Kalau ada, saya ingin mengunduhnya sekarang juga.

Tampilan Indah

Setidaknya cukup indah untuk saya. Ada GUI-nya saja sudah cukup untuk saya, bahkan walau dengan layar hitam saja. Namun adanya KDE di Linux memengaruhi saya untuk betah dengan tampilannya yang indah. Anda bisa mencari tulisan di Google yang berjudul [PDF] Tampilan KDE yang Indah. Itu mewakili apa yang saya katakan ini.

Tantangan

Kalau memang orang itu meminati bidang computer science, dia akan senang yang namanya tantangan teknologi. Banyak sekali tantangan di Linux yang menanti untuk dikerjakan. Dan saya termasuk sebagian orang yang senang tantangan yang memengaruhi saya untuk eksplorasi sistem operasi. Tidak semua orang begini tetapi bagi saya, senang sekali ngoprek Linux. Ya, walau tidak banyak.

Kebebasan

Bebas untuk memberikan sistem operasi yang diperoleh kepada saudara atau teman. Inilah hal mendasar di Linux. Serta, kita berhak untuk memodifikasi si Linux kalau kita mampu. Ingat, kalau kita mampu. Kalau tidak mampu, cukup biarkan dimodifikasi oleh orang yang mampu.

Penutup

Alhamdulillah, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat. Saya bukan orang yang mengingkari kemanfaatan Windows/Mac OS X, saya juga senang menggunakan software legal. Baik itu berbayar maupun freeware. Saya malah punya blog khusus isinya freeware Windows. Jadi, gunakanlah software pada tempatnya dengan rasa khawatir menggunakan harta yang syubhat apalagi yang haram. Barakallahu fiikum.

9 thoughts on “Mengapa Saya Nyaman Pakai Linux

  1. sulaya

    Ha… ha… sampai berapa lama Anda akan pakai linux?
    Bajakan, haram? ^_^ Hari gini bray..,, OS nya legal tapi musiknya masih MP3. kenapa nggak CD audio saja yang benar2 legal

    Balas
  2. muhammad taufik

    Gw rasa 1 hal kenapa orang khususnya indo sangat membanggakan linux yaitu karena “GRATIS”, gw gak yakin bakalan banyak pemuja linux klo linux itu berbayar… LOL

    Balas
    1. Ade Malsasa Akbar Penulis Tulisan

      Lalu apa yang kamu inginkan? Apakah kamu menganggap saya membanggakan Linux? Kalau iya, maka kamu salah besar.

      Kami di Indonesia hanyalah sebatas berusaha mencari harta yang halal. Kami hindari yang syubhat dan yang haram. Oleh karena itulah kami menggunakan Linux dan menganjurkan orang lain menggunakannya.

      Lalu kamu sendiri bagaimana? Sudah memulai belajar agama?

      Balas

Dilarang menggunakan emotikon

